Beasiswa StuNed Tawarkan Beasiswa Penuh untuk Warga Indonesia

Pendidikan

Beasiswa StuNed Tawarkan Beasiswa Penuh untuk Warga Indonesia

Belanda merupakan salah satu negara yang memberikan kesempatan warga negara Indonesia untuk mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di negeri kincir angin. Banyak program beasiswa yang ditawarkan Pemerintah Belanda untuk warga negara Indonesia, salah satunya adalah program beasiswa Studeren in Nederland (studi di Belanda) atau StuNed.

StuNed adalah program beasiswa berbasis keunggulan dari Pemerintah Belanda yang bertujuan mengembangkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia Indonesia sehingga memiliki daya saing di tingkat regional maupun global. Dalam program beasiswa ini, warga negara Indonesia bisa mendapatkan beasiswa penuh di antaranya mendapatkan uang kuliah, biaya hidup atau uang bulanan, biaya perjalanan internasional dan biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi.

[Baca Juga: Rencanakan Studi Luar Negeri Melalui Konsultan Pendidikan Ini]

Program StuNed dibuka untuk warga Indonesia yang telah memperoleh gelar Sarjana dari perguruan tinggi dimana pun di seluruh Indonesia baik universitas negeri atau swasta melalui program Master yang berlangsung selama 1-2 tahun. Sehingga, siapa pun bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program Master dan mendapatkan pendidikan S2 di perguruan tinggi Belanda sebagaimana dikatakan salah satu pihak Kedutaan Belanda yang ditemui tim PingPoint.co.id saat diundang dalam acara Media Gathering di Rumah Dinas Duta Besar Belanda (4/4/2019).

Beasiswa penuh ini merupakan bagian dari kerja sama blilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia yang tercantum dalam Multi Annual Policy Framework dengan bidang-bidang prioritas sebagai berikut.

[Baca Juga: Kursus Academic Writing di Kampus Salemba UI Sebelum Kuliah di Luar Negeri]

  • Perdagangan Internasional, Keuangan dan Ekonomi
  • Transportasi, (Agro) Logistik dan Infrastruktur
  • Keamanan dan Penegakan Hukum
  • Agro Pangan dan Hortikultura

Bagi Anda yang tertarik mengejar beasiswa di perguruan tinggi Belanda, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi dan akan diseleksi pihak Kedutaan Belanda di Indonesia. Persyaratan umum untuk daftar program beasiswa StuNed di antaranya adalah.

  • Warga negara Indonesia
  • Telah memperoleh unconditional admission letter dari salah satu institusi pendidikan tinggi Belanda
  • Pendidikan minimal S1/D4 dengan minimal IPK 3.00
  • Kemampuan bahasa inggris dengan nilai IELTS mininmal 6 atau TOEFL IBT 80
  • Sesuai dengan bidang prioritas kerjasama Belanda-Indonesia
  • Tidak ada batas umur

[Baca Juga: Erasmus Huis Kembali Dibuka dengan Semangat Baru]

Selain program beasiswa untuk pendidikan S2, StuNed juga memberikan kesempatan warga Indonesia mendapatkan Short Course yang berlangsung selama 2-12 minggu di Belanda. Sayangnya, tahun ini program beasiswa StuNed sudah ditutup. Anda bisa mengikuti program beasiswa StuNed di tahun depan yang biasanya dibuka tiap awal tahun pada Januari-Maret. Bila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai program StuNed, bisa mengunjungi website resmi stuned.info.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.