Kebun Jeruk-Kesehatan-Bebas Beraktivitas Berkat Klinik Spesialis Ortopedi di Kebun Jaruk-Rachli 2.jpg

Kesehatan

Bebas Beraktivitas Berkat Klinik Spesialis Ortopedi di Kebon Jeruk

Bergerak dengan bebas merupakan keinginan semua orang mulai dari usia muda sampai tua. Namun sayangnya, fakta menunjukan bahwa setelah melewati usia 45 tahun tulang beresiko mengalami gangguan yang akan membatasi aktivitas, di mana sebagian besar dari kondisi tersebut seharusnya dapat diatasi jika pasien mendapatkan penanganan yang tepat.

Kompleksnya sistem otot dan tulang ini membuat dr. Henry Suhendra, Sp.OT dan Siloam Hospitals Kebon Jeruk berinisiatif untuk mengembangkan suatu klinik komprehensif dengan fokus khusus yaitu Sports, Shoulder & Spine Clinic.

“Kami sungguh berharap dengan hadirnya klinik khusus yang didukung dokter-dokter spesialis dan subspesialis berpengalaman di bidangnya dapat membantu pasien kembali melakukan aktivitas yang biasa mereka jalani,” kata dr. Henry dalam keterangan rilis yang diterima PingPoint.co.id (22/1/2019).

[Baca Juga: Olahraga Beladiri Lebih Banyak Bakar Kalori di Kemang Fight Gym]

Klinik ini memiliki fokus pada otot dan tulang yang berhubungan dengan cidera olahraga, seperti pada kaki, pergelangan kaki, bahu, dan tulang belakang. Penanganan cidera pada area tersebut di antaranya cidera ligamen, cidera bantalan sendi lutut, dislokasi sendi, maupun patah tulang dapat dilakukan melalui pemberian obat, fisioterapi, radiofrekuensi (prosedur untuk mengurangi nyeri dengan gelombang radio) hingga tindakan operasi yang kompleks.

Klinik Spesialis Ortopedi

Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu kedokteran, prosedur minimal infasif atau dikenal dengan teknik bedah laparoskopik sudah diterapkan dalam menangani kasus-kasus tertentu. Beberapa di nataranya adalah Arthroscopy (prosedur untuk mendiagnosis dan menangani sejumlah gangguan sendi), PELD atau Percutaneous Endoscopic Lumbar Discectomy (prosedur pembebasan saraf terjepit di punggung), dan PECD atau Percutaneous Endoscopic Cervical Discectomy (prosedur pengobatan kasus herniasi bantalan sendi tulang belakang khususnya area servikal atau leher).

[Baca Juga: Joging Aman dan Sehat di Kota Wisata Cibubur]

Teknik bedah ini dilakukan oleh dokter spesialis berkompetensi dengan menggunakan peralatan laparoskopik canggih yang dimasukkan melalui tiga sampai empat sayatan kecil seukuran lubang kancing.

“Dengan menggunakan teknik minimal invasif, luka bekas operasi relatif kecil yaitu 0,5 cm dengan perdarahan yang minimal yaitu kurang dari 50 cc. Waktu yang diperlukan untuk prosedur bedah yang terhitung kompleks ini cukup singkat yaitu sekitar 45- 90 menit, serta pada kasus tertentu pasien dapat pulang ke rumah dalam waktu beberapa jam setelah operasi”, tambah dr. Erick Wonggokusuma, Sp.OT yang juga dari tim dokter dari Klinik Spesialis Ortopedi.

Sekadar informasi, ortopedi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari studi, diagnosis, dan pengobatan berbagai gangguan muskuloskeletal (otot dan tulang). Sistem ini meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan alat gerak manusia dari leher sampai ujung jari-jari kaki.

Read More

Artikel Lainnya

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.

Manfaat Lactic Acid untuk Perawatan Kulit Anda

Kecantikan dan Fashion

Lactic Acid dan Rutinitas Perawatan Kulit yang Anda Butuhkan

22 September 2020, 12:29

Bahan ini pertama kali diisolasi dari susu asam, dan Cleopatra diperkirakan memanfaatkan khasiatnya yang bermanfaat pada kulit dengan mandi susu.


Comments


Please Login to leave a comment.