Kebun Jeruk-Kesehatan-Bebas Beraktivitas Berkat Klinik Spesialis Ortopedi di Kebun Jaruk-Rachli 2.jpg

Kesehatan

Bebas Beraktivitas Berkat Klinik Spesialis Ortopedi di Kebon Jeruk

Bergerak dengan bebas merupakan keinginan semua orang mulai dari usia muda sampai tua. Namun sayangnya, fakta menunjukan bahwa setelah melewati usia 45 tahun tulang beresiko mengalami gangguan yang akan membatasi aktivitas, di mana sebagian besar dari kondisi tersebut seharusnya dapat diatasi jika pasien mendapatkan penanganan yang tepat.

Kompleksnya sistem otot dan tulang ini membuat dr. Henry Suhendra, Sp.OT dan Siloam Hospitals Kebon Jeruk berinisiatif untuk mengembangkan suatu klinik komprehensif dengan fokus khusus yaitu Sports, Shoulder & Spine Clinic.

“Kami sungguh berharap dengan hadirnya klinik khusus yang didukung dokter-dokter spesialis dan subspesialis berpengalaman di bidangnya dapat membantu pasien kembali melakukan aktivitas yang biasa mereka jalani,” kata dr. Henry dalam keterangan rilis yang diterima PingPoint.co.id (22/1/2019).

[Baca Juga: Olahraga Beladiri Lebih Banyak Bakar Kalori di Kemang Fight Gym]

Klinik ini memiliki fokus pada otot dan tulang yang berhubungan dengan cidera olahraga, seperti pada kaki, pergelangan kaki, bahu, dan tulang belakang. Penanganan cidera pada area tersebut di antaranya cidera ligamen, cidera bantalan sendi lutut, dislokasi sendi, maupun patah tulang dapat dilakukan melalui pemberian obat, fisioterapi, radiofrekuensi (prosedur untuk mengurangi nyeri dengan gelombang radio) hingga tindakan operasi yang kompleks.

Klinik Spesialis Ortopedi

Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu kedokteran, prosedur minimal infasif atau dikenal dengan teknik bedah laparoskopik sudah diterapkan dalam menangani kasus-kasus tertentu. Beberapa di nataranya adalah Arthroscopy (prosedur untuk mendiagnosis dan menangani sejumlah gangguan sendi), PELD atau Percutaneous Endoscopic Lumbar Discectomy (prosedur pembebasan saraf terjepit di punggung), dan PECD atau Percutaneous Endoscopic Cervical Discectomy (prosedur pengobatan kasus herniasi bantalan sendi tulang belakang khususnya area servikal atau leher).

[Baca Juga: Joging Aman dan Sehat di Kota Wisata Cibubur]

Teknik bedah ini dilakukan oleh dokter spesialis berkompetensi dengan menggunakan peralatan laparoskopik canggih yang dimasukkan melalui tiga sampai empat sayatan kecil seukuran lubang kancing.

“Dengan menggunakan teknik minimal invasif, luka bekas operasi relatif kecil yaitu 0,5 cm dengan perdarahan yang minimal yaitu kurang dari 50 cc. Waktu yang diperlukan untuk prosedur bedah yang terhitung kompleks ini cukup singkat yaitu sekitar 45- 90 menit, serta pada kasus tertentu pasien dapat pulang ke rumah dalam waktu beberapa jam setelah operasi”, tambah dr. Erick Wonggokusuma, Sp.OT yang juga dari tim dokter dari Klinik Spesialis Ortopedi.

Sekadar informasi, ortopedi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari studi, diagnosis, dan pengobatan berbagai gangguan muskuloskeletal (otot dan tulang). Sistem ini meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan alat gerak manusia dari leher sampai ujung jari-jari kaki.


Read More

Artikel Lainnya

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.


Comments


Please Login to leave a comment.