Bebas Rabies 45 Hewan Peliharaan di Tebet Telah Suntik Vaksin

Kesehatan

Bebas Rabies, 45 Hewan Peliharaan di Tebet Telah Suntik Vaksin

Rabies merupakan penyakit yang disebabkan infeksi tingkat akut pada saraf yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini sifatnya zoonotik atau bisa ditularkan dari hewan ke manusia lewat gigitan. Hewan yang biasanya terkena virus ini adalah anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar.

Di Indonenesia sendiri selama tahun 2011 sampai 2017, mengutip dari Kompas ditemukan lebih dari 500.000 kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) dan ada 836 korban yang positif rabies. Angka kematian karena rabies setidaknya ada 100 orang di Indonesia, maka dari itu Kemetrian Kesehatan menyatakan program Indonesia Bebas Rabies pada 2020.

[Baca Juga: Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019]

Salah satu upaya yang dilakukan Kemenkes untuk menjalankan program ini adalah dengan melakukan vaksin ke Hewan Penular Rabies (HPR). Baru-baru ini contohnya, Sebanyak 45 hewan di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, telah diberi vaksin rabies oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (10/5/2019), Ketua Satuan Pelaksana Suku Dinas KPKP Kecamatan Tebet Hairul Ihsan mengatakan, kegiatan vaksinasi ini dilakukan untuk mempertahankan Provinsi DKI Jakarta sebagai wilayah yang bebas dari rabies hal ini juga bersamaan dengan program Indonesia Bebas Rabies pada 2020. "Sebanyak 45 HRP berhasil kita lakukan vaksinasi rabies. Terdiri dari 20 ekor kucing dan 25 ekor anjing," ujar Hairul Ihsan.

[Baca Juga: Tips Menghilangkan Aroma Tak Sedap Akibat Hewan Peliharaan]

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan di lapangan SD Cibono RW 01 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, menurut Hairul, warga setempat sangat antusias dengan diadakannya vaksinasi rabies ini. "Warga sangat antusias mengantarkan hewan peliharaannya untuk divaksin.” Katanya.

Tingginya antusisme masyarakat ini dikarenakan kegiatan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Hairul berharap dengan dilaksakanan vaksinasi ini, Jakarta Selatan jadi kota yang semakin terbebas dari virus rabies yang biasanya disebabkan oleh hewan.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Timur Adakan Sosialisasi dan Vaksin Rabies Gratis]

"Pemberantasan penyakit rabies jadi prioritas di DKI Jakarta. Hal ini disebabkan sejak 2004, Jakarta telah ditetapkan sebagai daerah bebas rabies," ujar Hairul.

Selain mengikuti kegiatan pemerintah semacam ini, Anda yang memiliki hewan peliharaan juga bisa mengunjungi dokter, klinik, atau rumah sakit hewan terdekat untuk melakukan vaksin setiap tahunnya.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.