Bebas Rabies 45 Hewan Peliharaan di Tebet Telah Suntik Vaksin

Kesehatan

Bebas Rabies, 45 Hewan Peliharaan di Tebet Telah Suntik Vaksin

Rabies merupakan penyakit yang disebabkan infeksi tingkat akut pada saraf yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini sifatnya zoonotik atau bisa ditularkan dari hewan ke manusia lewat gigitan. Hewan yang biasanya terkena virus ini adalah anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar.

Di Indonenesia sendiri selama tahun 2011 sampai 2017, mengutip dari Kompas ditemukan lebih dari 500.000 kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) dan ada 836 korban yang positif rabies. Angka kematian karena rabies setidaknya ada 100 orang di Indonesia, maka dari itu Kemetrian Kesehatan menyatakan program Indonesia Bebas Rabies pada 2020.

[Baca Juga: Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019]

Salah satu upaya yang dilakukan Kemenkes untuk menjalankan program ini adalah dengan melakukan vaksin ke Hewan Penular Rabies (HPR). Baru-baru ini contohnya, Sebanyak 45 hewan di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, telah diberi vaksin rabies oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (10/5/2019), Ketua Satuan Pelaksana Suku Dinas KPKP Kecamatan Tebet Hairul Ihsan mengatakan, kegiatan vaksinasi ini dilakukan untuk mempertahankan Provinsi DKI Jakarta sebagai wilayah yang bebas dari rabies hal ini juga bersamaan dengan program Indonesia Bebas Rabies pada 2020. "Sebanyak 45 HRP berhasil kita lakukan vaksinasi rabies. Terdiri dari 20 ekor kucing dan 25 ekor anjing," ujar Hairul Ihsan.

[Baca Juga: Tips Menghilangkan Aroma Tak Sedap Akibat Hewan Peliharaan]

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan di lapangan SD Cibono RW 01 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, menurut Hairul, warga setempat sangat antusias dengan diadakannya vaksinasi rabies ini. "Warga sangat antusias mengantarkan hewan peliharaannya untuk divaksin.” Katanya.

Tingginya antusisme masyarakat ini dikarenakan kegiatan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Hairul berharap dengan dilaksakanan vaksinasi ini, Jakarta Selatan jadi kota yang semakin terbebas dari virus rabies yang biasanya disebabkan oleh hewan.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Timur Adakan Sosialisasi dan Vaksin Rabies Gratis]

"Pemberantasan penyakit rabies jadi prioritas di DKI Jakarta. Hal ini disebabkan sejak 2004, Jakarta telah ditetapkan sebagai daerah bebas rabies," ujar Hairul.

Selain mengikuti kegiatan pemerintah semacam ini, Anda yang memiliki hewan peliharaan juga bisa mengunjungi dokter, klinik, atau rumah sakit hewan terdekat untuk melakukan vaksin setiap tahunnya.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.