Beberapa Penyakit Ini Bisa Disembuhkan Dengan Yoga

Kesehatan

Beberapa Penyakit Ini Bisa Disembuhkan Dengan Yoga

Yoga merupakan aktivitas meditasi atau tapa yang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indra dan tubuh secara keseluruhan. Walaupun begitu, kini yoga dikenala sebagai salah satu alternatif olahraga yang dapat memperbaiki postur. Namun bukan hanya itu saja, yoga juga dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif, karena menitik beratkan pada latihan pernapasan dan olah tubuh yang sudah dipraktekan sejak dahulu.

Karena di manfaatkan sebagai pengobatan alternatif, yoga dipercaya dapat mengurangi gejala depresi, meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan dan fleksibilitas. Tetapi salah satu manfaat yoga yang menonjol adalah mampu mengobati beberapa penyakit.

Sebuah penelirian yang dilakukan terhadap yoga menyatakan, berbagai kondisi kesehatan seperti asma, hipertensi, diabetes, kecemasan dan depresi, nyeri sendi dan otot, sakit punggung, kanker, dan sebagainya dapat diobati dengan beberapa jenis yoga.

[Baca Juga: Terapi Penyembuhan Cedera di Tubuh Anda Melalui Yoga]

Namun, perlu diingat bahwa berlatih yoga saja tidak akan membantu dalam menyembuhkan penyakit, karena yoga bukan obat. Tetapi yoga harus menjadi bagian dari proses perawatan. Maka dari itu, dilansir dari boldsky.com (21/6/2019) berikut beberapa masalah kesehatan yang dapat dibantu dengan yoga.

1. Nyeri Punggung

Nyeri punggung biasanya disebabkan oleh banyak faktor seperti cedera, postur tubuh yang buruk, gerakan berulang, atau masalah umur. Salah satu jenis yoga yang mampu membantu kondisi ini adalah, Hatha. Jenis yoga ini dikenal mampu membantu penyakit punggung kronis. Bentuk yoga hatha biasanya dengan menggabungkan unsur-unsur posisi posisi tubuh, konsentrasi, pernapasan, dan meditasi.

2. Aterosklerosis Koroner

Pengidap arteri koroner harus melakukan latihan pernapasan dalam seperti jenis yoga Pranayama, karena dapat menurunkan kadar kolesterol serum (kolesterol total, kadar trigliserida, dan kolesterol LDL), meningkatkan kapasitas olahraga, dan mengurangi berat badan.

3. Asma

Yoga pranayama merupakan salah satu jenis yoga yang mengedepankan latihan pernapasan dalam sehingga dapat membantu mengatasi dan mencegah serangan asma. Selama melakukan yoga ini, udara yang dihirup mendorong alveoli paru-paru yang tertutup atau tidak berfungsi. Hal ini menyebabkan oksigen mampu mengisi pembuluh kapiler paru-paru lebih banyak dan mengatur laju pernapasan.

[Baca Juga: Inilah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness]

4. Kecemasan dan Depresi

Selain bisa menangani masalah kesehatan fisik, yoga juga dapat membantu menangani masalah psikis. Yoga mampu memerangi kecemasan, depresi, dan membantu menenangkan pikiran. Ketika Anda mengalami serangan kecemasan, tubuh dan pikiran akan masuk ke mode panik, sehingga membuat tubuh dipenuhi pikiran yang tak beraturan.

5. Nyeri Sendi dan Otot

Beberapa pose dalam yoga mampu mengobati nyeri tulang, sendi, dan oto dengan menyelaraskan punggung dan memperkuat otot punggung.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa dibantu pengobatannya dengan melakukan yoga. Jika Anda memiliki masalah di atas dan sedang dalam masa penyembuhan, bisa lakukan yoga agar proses penyembuhannya semakin cepat.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.