Beberapa Pertanyaan Sulit Interview Kerja dan Cara Mengatasinya

Bisnis

Beberapa Pertanyaan Sulit Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

Mencari pekerjaan di Jakarta terbilang sulit-sulit mudah. Terkadang ada orang yang kesulitan mendapat pekerjaan, tapi ada juga orang yang dengan mudah mendapatkannya. Menariknya, mudah atau tidaknya mendapatkan pekerjaan di kota besar seperti Jakarta ternyata tidak selalu bergantung pada penilaian kemampuan saja, melainkan juga tes psikologi mendalam yang sering menjadi tembok penghalang terbesar dalam wawancara kerja.

Kali ini PingPoint ingin sedikit membahas tentang beberapa pertanyaan sulit saat wawancara kerja dan bagaimana cara mengatasinya. Melansir dari beberapa laman sumber seperti thebalancecareers.com (24/2/2020), berikut penjabarannya.

Mengapa Mendaftar Kerja di Perusahaan Kami?

Merupakan pertanyaan yang paling sering muncul pada awal wawancara kerja. Meski terdengar sederhana, tapi ternyata pertanyaan ini cukup menjebak. Pada momen ini biasanya perekrut akan melihat seberapa Anda ingin bergabung kedalam perusahaannya. Mencari tahu tentang perusahaan dan budaya kantornya menjadi salah satu hal yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi pertanyaan seperti ini.

[Baca Juga: Buka Lapangan Pekerjaan dari Sampah Kertas]

Anda bisa menelusuri info perusahaan lewat media sosial sebagai acuan untuk menjawab pertanyaan saat wawancara kerja. Anda bisa menambahkan nilai plus perusahaan tersebut. Misalnya, perusahaan tersebut terkenal degan transparansi mereka, Anda bisa membicarakan bahwa nilai yang mereka utamakan mereka cocok dengan idealisme Anda yang sangat mengedepankan transparansi.

Di sini Anda juga bisa membicarakan tentang keterampilan yang dikuasai, kelebihan, pencapaian hingga pengalaman bekerja yang sekiranya dapat meyakinkan perekrut akan diri Anda. Setidaknya Anda bisa sedikit mempromosikan bahwa Anda adalah orang yang cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Beberapa Pertanyaan Sulit Interview Kerja dan Cara Mengatasinya

Apa Kekurangan Anda?

Salah satu pertanyaan yang cukup membuat bingung banyak pelamar ketika sesi wawancara. Tentunya setiap orang memiliki kekurangan masing-masing, tapi bagaimana seharusnya kita menjabarkan menjadi hal yang cukup menyulitkan. Mengapa ada pertanyaan seperti ini? Perekrut akan memastikan apa saja kelemahan Anda dan apakah kelemahan tersebut merupakan bagian penting dari pekerjaan. Pertanyaan sulit ini juga mengukur seberapa baik Anda mengontrol emosi dalam keadaan tertekan.

Lalu bagaimana cara menjawabnya? Anda bisa pilih salah satu keterampilan yang tidak berpengaruh dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar. Contoh, misalnya Anda mendaftar sebagai desain grafis, Anda bisa jabarkan kemampuan lainnya seperti menggunakan aplikasi desain, tapi kurang percaya diri ketika harus mempresentasikannya.

[Baca Juga: Ketahui Perbedaan CV dan Resume Sebelum Melamar Pekerjaan]

Hal pelik lain dalam menjawab pertanyaan seperti ini adalah kelebihan Anda dapat menjadi kekurangan di mata perekrut. Misalnya, Anda adalah orang yang perfeksionis, dan sangat detail dengan kesalahan. Namun terlalu detail juga dapat menghambat kinerja Anda. Ada baiknya Anda juga memaparkan bahwa kelebihan tersebut juga dapat menjadi kelemahan, tapi Anda bisa mengatasinya.

Singkatnya, jawablah setiap pertanyaan dengan jelas dan jujur. Perhatikan setiap pertanyaan yang dilontarkan dan berikan balasan yang sesuai. Sebisa mungkin seimbangkan kekurangan Anda dengan kemampuan Anda.

Ingin Gaji Berapa?

Pada dasarnya pertanyaan ini sangat bergantung dengan posisi yang Anda lamar. Namun karena gaji di setiap perusahaan berbeda-beda, tergantung dari seberapa besar perusahaan, Anda bisa melakukan penelusuran acuan besaran gaji sebagai acuan untuk menjawab pertanyaan ini.

[Baca Juga: Pilihan Laptop Kantoran untuk Pekerja dengan Mobilitas Tinggi]

Dengan tiga panduan menjawab pertanyaan di atas, Anda akan lebih mudah menyiapkan diri dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saat wawancara kerja. Setelah menyimaknya, apakah Pointers sudah siap menerima panggilan wawancara?


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.