Dari Candaan Istri Wali Kota Jakbar, Warga Kampung Tanjung Duren Miliki Septic Tank

Berita Kawasan

Begini Asal Muasal Warga Kampung Tanjung Duren Miliki Septic Tank

Salah satu isu di Jakarta Barat yang sempat viral dan menjadi banyak pembahasan netizen serta warga Ibu Kota beberapa waktu yang lalu adalah mengenai septic tank. Pasalnya kala itu, para warga yang tinggal di Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, disebut masih belum memiliki akses septic tank sehingga memicu isu mereka cenderung buang hajat secara sembarangan ke sungai. Kabar yang viral ini ternyata awalnya menyeruak dari pernyataan yang disampaikan istri Wali Kota Jakarta Barat Inad Luciawaty.

Istri Wali Kota Jakarta Barat Prihatin dengan Pembuangan Popok Bekas

Viralnya kabar ini disinyalir dimulai ketika Inad yang juga merangkap jabatan sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Barat menghadiri verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM pada awal Oktober 2019 di kantor Kelurahan Tanjung Duren Utara. Sekadar informasi, STBM merupakan program yang mengacu kepada Kepmenkes untuk mengubah perilaku higienitas dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat demi menurunkan angkat kejadian penyakit menular berbasis lingkungan, seperti diare.

Kala itu Inad menyampaikan keprihatinannya sambil bergurau mengenai masih banyaknya warga di Kelurahan Tanjung Duren Utara yang buang hajat secara sembarangan akibat kurangnya keberadaan septic tank. Di mana keprihatinan ini ternyata bersumber dari data yang memang didapatkan dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat.

[Baca Juga: Istri Wali Kota Jakarta Barat Prihatin dengan Pembuangan Popok Bekas]

“Sebenarnya saya itu dengan kesehatan punya program, salah satu kegiatannya adalah pendataan septic tank. Kita punya tim namanya ‘Detektif Tinja’, kebetulan ketuanya saya, mangkanya saya berani ngomong seperti itu. Karena ketuanya saya, akhirnya saya turunlah, saya melihat ke bawah, ‘Mana sih yang kira-kira salurannya langsung dibuang ke kali?’,” ungkap Inad Luciawaty di sela-sela peluncuran program Senyumkan Lingkungan melalui Gerakan Mengolah Popok Bayi Bekas Pakai untuk Masa Depan Lingkungan di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan No.2, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (15/11/2019).

Setelah melihat langsung lapangan, istri Wali Kota Jakarta Barat itu yang juga memang dekat dengan masyarakat di kawasan Tanjung Duren mencoba mengajak perangkat pemerintahan setempat serta warganya untuk mengubah perilaku buruk tersebut. “Becandalah saya dengan mereka, ‘Ayo dong jangan malu-maluin Jakarta Barat,” ujarnya.

[Baca Juga: Jakarta Pusat Usahakan Pembuatan Septic Tank Komunal]

Tidak lama setelah kabar mengenai hal ini viral, wacana pembangunan septic tank di Kelurahan Tanjung Barat Utara, khususnya di RT 15 RW 07, menyeruak. Dari sinilah proyek pembangunan septic tank komunal pun direncanakan di sana. Sayangnya, karena keterbatasan lebar area di sana, rencana itu dibatalkan tapi akhirnya digantikan dengan dibangunnya septic tank kecil yang setahun sekali harus disedot.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.