Begini Cara Ajarkan Anak untuk Mencintai Alam

Pendidikan

Begini Cara Ajarkan Anak untuk Mencintai Alam

Mengajarkan anak untuk mencintai alam sangat banyak manfaat positif yang akan didapatkannya. Melalui pendidikan orangtua untuk mengajarkan anak mencintai alam akan membentuk karakter anak yang dengan baik. Anak lebih mudah berempati dengan lingkungannya. Ini hal yang sangat bagus bagi kelangsungan hidupnya agar tumbuh menjadi seseorang yang peduli dengan lingkungan sekitar. Bagaimana caranya mengajarkan anak untuk mencintai alam? Berikut ulasannya.

Begini Cara Ajarkan Anak untuk Mencintai Ala

1. Wisata Edukasi Alam

Sekarang, tempat wisata yang menawarkan konsep edukasi alam pada anak semakin banyak. Anda dapat dengan mudah menemuinya. Gunakan akhir pekan Anda untuk mengajak anak Anda belajar di alam. Anak akan belajar cara menanam, memberikan makan pada hewan, dan lain-lain.

[Baca Juga: Keseruan Anak-anak Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung]

2. Membuang Sampah pada Tempatnya

Kebiasaan yang dilakukan anak saat di rumah akan berlanjut saat berada di luar rumah. Maka, pentingnya membuat anak membiasakan dirinya untuk membuang sampah pada tempatnya. Jelaskan pada anak dampak tidak membuang sampah pada tempatnya akan membuat sampah tersebut dapat mencemari lingkungan sekitar dan membuat lingkungannya menjadi bau.

3. Menanam Tanaman

Ajak anak untuk menanam tanaman bersama di pekarangan rumah Anda. Langkah ini sangat sederhana dan menyenangkan bagi anak karena dapat bermain sambil belajar mencintai alam. Kegiatan ini membantu sang anak melatih kemampuan motoriknya, seperti menggali tanah, memupuk sampai memanen hasil tanamannya.

[Baca Juga: 4 Sekolah Alam di Bogor Ini Bisa Jadi Pilihan Pendidikan Anak]

4. Berkemah di Hutan

Kegiatan paling seru lainnya untuk anak adalah melakukan kegiatan berkemah di hutan. Hutan merupakan paru-paru dunia, di tempat inilah anak akan mudah mencintai suasana hutan dengan udara yang sejuk terbebas dari polusi udara. Saat berkemah di dalam hutan anak akan merasa tertantang dan dapat hidup mandiri, karena jauh dari kehidupan sehari-harinya yang sangat mudah terfasilitasi.

5. Hiking

Tidak perlu hiking ke gunung yang sangat susah untuk dilalui anak. Mulailah hiking ke bukit atau air terjun yang melewati berbagai tanjakan. Saat melalui berbagai tanjakan, tentu akan melewati suasana alam yang begitu tenang dan damai. Pastikan kondisi anak saat akan hiking sedang sehat dan fisik yang kuat.

Tidak acuh dengan menerapkan pendidikan anak untuk mencintai alam hanya membuat anak jadi tidak peduli juga dengan lingkungan sekitar. Semoga lima cara ini berhasil diterapkan orangtua.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.