Begini Cara Ajukan Keringanan Cicilan untuk Terdampak COVID-19

Bisnis

Begini Cara Ajukan Keringanan Cicilan untuk Terdampak COVID-19

Akibat wabah COVID-19 banyak orang terdampak secara ekonomi, hal ini dikarenakan berkurangnya aktivitas di luar rumah. Masyarakat yang mengandalkan pendapatan harian pun merasa kesulitan untuk membayar kredit kendaraan maupun perbankan. Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sudah memberikan kelonggaran kepada debitur perbankan.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi berjanji akan meringankan pembayaran bunga atau angsuran akan diberikan kelonggaran selama satu tahun ke depan. Namun keringanan ini, tak bisa dinikmati semua orang dengan bebas. Melansir dari katadata.co.id (30/3/2020) OJK merilis tata cara pengajuan keringan kredit bank dan pinjaman leasing yang terdampak Virus Corona atau SARS-COV-2.

Begini Cara Ajukan Keringanan Cicilan untuk Terdampak COVID-19

Menurut Jubir OJK Sekar Putih Djarot, masyarakat tak perlu datang ke bank atau perusahaan leasing, masyarakat bisa mengajukannya secara online. Masyarakat diminta untuk tetap mengikuti imbauan physical distancing, sehingga hanya perlu menunggu dan ikuti pengumuman yang akan diberikan masing-masing perusahaan pemberi pinjaman melalui laman atau call centre resmi.

[Baca Juga: Gojek Hadirkan Healthcare dan Beri Gaji Mitra Selama Pandemi COVID-19]

Berikut tata cara untuk mendapat keringanan cicilan di OJK sebagaimana tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional berdasarkan kutipan dari tirto.id:

  1. OJK mengimbau pada debitur agar tidak perlu datang ke bank atau perusahaan pembiayaan (leasing). Tunggu dan ikuti pengumuman yang disampaikan bank/leasing melalui website resmi dan atau call center resmi.
  2. Prioritas Debitur yang mendapat keringanan adalah memenuhi persyaratan minimal sebagai berikut:
    1. Debitur terkena dampak COVID-19 dengan nilai kredit/leasing di bawah Rp10 miliar untuk antara lain pekerja informal, berpenghasilan harian, usaha mikro dan usaha kecil (kredit UMKM dan KUR);
    2. Keringanan kredit dapat diberikan dalam periode waktu maksimum 1 tahun dalam bentuk penyesuaian pembayaran cicilan pokok/bunga, perpanjangan waktu atau hal lain yang ditetapkan oleh bank/leasing;
    3. Mengajukan kepada bank/leasing dengan menyampaikan permohonan melalui saluran komunikasi bank/leasing;
    4. Jika dilakukan secara kolektif misalkan melalui perusahaan, maka direksi wajib memvalidasi data yang diberikan kepada bank/leasing.
  3. Bagi debitur yang tidak termasuk dua kriteria di atas, bank/leasing memiliki kebijakan keringanan kredit/leasing sehingga Debitur dapat berkontak langsung melalui sarana komunikasi yang selama ini digunakan dan tetap tidak perlu hadir/tatap muka.
  4. Debitur agar selalu mengikuti informasi resmi dari bank/leasing, tidak mudah percaya dengan informasi yang bersifat hoaks, termasuk melaporkan kepada bank/leasing jika ada pihak debt collector yang melakukan teror atau tidak sesuai ketentuan. Dapat juga dilaporkan ke OJK telepon 157, WA 081 157 157 157 atau email kosumen@ojk.go.id dengan menyebutkan nama, perusahaan bank/leasing, dan masalah yang dihadapi. Keringanan kredit/leasing ini dilakukan dengan penuh tanggungjawab oleh para pihak.

Demikian penjelasan dari OJK tentang cara mengajukan keringanan cicilan terhadap bank maupun leasing jika Anda terdampak pandemi COVID-19. Semoga dengan penjelasan di atas, dapat meringankan kehidupan keluarga yang terpengaruh penyebaran Virus Corona yang makin meningkat jumlahnya dari hari ke hari ini.

[Baca Juga: Tanpa Potong Gaji, Anies Liburkan PNS dengan Gejala Mirip COVID-19]


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.