Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Kesehatan

Begini Cara Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Rasa nyeri pada saat haid merupakan kondisi yang sering dialami perempuan. Nyeri haid umumnya dirasakan sebagian perempuan pada awal masa menstruasi. Sering keluhan ini membuat perempuan tidak dapat melakukan aktivitas. Sebelum Anda terburu-buru meminum obat, ada baiknya Anda coba atasi masalah nyeri haid tanpa obat, dengan cara sebagai berikut:

Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat

  • Mengompres Perut

Saat haid terasa menyakitkan, cobalah mengompres perut dengan botol berisi air hangat. Suhu panasnya akan membantu melemaskan otot rahim yang tegang sehingga mengurangi rasa sakit. Tempelkan botol berisi air hangat yang dibalut waslap setiap kali perut terasa nyeri. Anda bisa mengulangnya sesering mungkin. Cara ini dapat menghilangkan nyeri haid tanpa menimbulkan efek samping apa pun. Selain itu, coba untuk mandi atau berendam air hangat. Mandi air hangat tak hanya membuat nyeri berkurang, tetapi juga merilekskan tubuh dan pikiran. Mandi air hangat juga membantu mengendurkan otot-otot di perut, punggung, dan kaki.

[Baca Juga: 7 Cara Siasati Ngidam Selama Menstruasi]

  • Olahraga Ringan

Olahraga ringan sebenarnya bisa jadi cara sehat untuk menghilangkan nyeri haid, seperti senam. Berolahraga membuat peredaran darah Anda lebih lancar. Selain itu, hormon endorfin yang dihasilkan sebagai pereda nyeri alami dapat membantu mengurangi efek hormon prostaglandin. Prostaglandin adalah hormon yang membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan kram. Olahraga membantu mengendurkan otot serta meningkatkan suplai darah ke panggul. Tidak hanya meredakan nyeri, olahraga juga membantu memperbaiki mood yang kurang baik saat haid. Olahraga secara teratur sudah atau sebelum haid sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

  • Perhatikan Makanan dan Minuman

Makanan berlemak, makanan bergula, makanan tinggi garam, serta minuman soda dan alkohol harus Anda hindari sebagai cara alami menghilangkan nyeri haid. Karena dapat menyebabkan penumpukan air dalam tubuh Anda dan membuat perut kembung. Ini dapat memperparah nyeri haid yang Anda alami. Selain itu, kafein yang terdapat pada kopi, teh, soda, dan cokelat juga perlu Anda hindari. Kafein dapat memperparah kram dan nyeri otot perut. Anda dapat menggantinya dengan minuman jahe atau lemon hangat. Jahe serta lemon dapat membantu mengurangi sakit perut dan memberi efek menenangkan. Makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah juga dianjurkan, ini membantu memberikan asupan vitamin dan mineral untuk tubuh.

  • Minum Air Putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan adalah salah satu penyebab kram otot termasuk di perut. Minum air putih adalah solusi yang sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mencukupi asupan cairan tubuh menjadi kunci penting untuk meredakan kram perut saat haid. Dengan minum banyak air putih, tubuh terhindar dari kram yang menyakitkan

[Baca Juga: Sebelum Memutuskan Pakai, Yuk Kenali Menstrual Cup Lebih Dalam!]

  • Akupunktur

Akupunktur dapat meringankan efek kram perut akibat haid. Untuk Anda yang belum tahu, akupunktur adalah pengobatan tradisional yang menggunakan jarum tipis. Jarum-jarum ini akan ditancapkan ke kulit di titik-titik tertentu tubuh untuk merangsang saraf di area tersebut. Jika ingin melakukan akupunktur, datangilah terapis profesional agar keamanannya terjamin.

  • Mengonsumsi Vitamin

Vitamin D dapat mengurangi nyeri haid. Selain itu, vitamin E, asam lemak omega 3, vitamin B1, B6, dan magnesium juga bisa mengurangi kram perut. Anda bisa mendapatkan makanan atau suplemen. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen, sebaiknya Anda konsultasikan dulu kepada dokter sekiranya jenis produk dan dosis yang tepat bagi Anda.

  • Berhenti Merokok

Selain buruk untuk kesehatan paru, rokok juga bisa memperparah nyeri haid. Pasalnya, rokok membatasi suplai oksigen ke panggul. Oleh sebab itu, berhenti merokok adalah cara terbaik untuk menghilangkan nyeri haid jika Anda selama ini perokok aktif. Perempuan yang merokok juga dapat berisiko infertilitas alias tidak subur.

[Baca Juga: Waspadalah! Kenali Tanda-tanda Anda Alami Stres]

  • Kurangi Stres

Saat haid, stres bisa membuat kram perut semakin parah. Oleh sebab itu, cara efektif untuk mengatasi nyeri haid tentu saja dengan melakukan hal-hal yang bisa mengurangi stres. Setiap orang pasti punya caranya sendiri untuk menghilangkan stres. Saat stres datang menyerang, Anda bisa mulai menarik napas dalam-dalam sambil diembuskan perlahan. Teknik pernapasan yang satu ini menjadi cara paling sederhana untuk mengusir stres dan meringankan beban di kepala.

Selain cara-cara di atas, Anda pun harus beristirahat dengan cukup, karena kurangnya istirahat dapat mengurangi stamina tubuh dan gampang memicu stres. Anda tidak perlu memforsir tenaga Anda untuk melakukan aktivitas berat. Jika Anda melakukan cara di atas secara rutin seharusnya dapat mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh haid. Tetapi jika nyeri yang berlebihan atau terjadi pendarahan saat haid, Anda harus segera cek ke dokter dan meminum obat.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.