Begini Cara Cek Lolos atau Tidaknya Kepesertaan Kartu Prakerja

Bisnis

Begini Cara Cek Lolos atau Tidaknya Kepesertaan Kartu Prakerja

Di masa pandemi COVID-19, Pemerintah membuka pendaftaran Kartu Prakerja yang menyasar masyarakat yang dirumahkan oleh perusahaannya atau para pegawai yang di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Pendaftaran untuk gelombang pertama pun teah dibuka mulai tanggal 11 sampai dengan 16 April 2020. Sedangkan untuk gelombang ke dua baru akan dibuka pada 20 April 2020.

[Baca Juga: Ancaman PHK Intai Pekerja Ibu Kota di Kala Pandemi]

Setidaknya untuk gelombang pertama, sudah ada sekitar 5,96 juta orang yang telah melakukan registrasi Kartu Pekerja dengan 4,42 akun yang sudah melalui tahap verifikasi email. Dari data tersebut, 3,29 juta orang telah melalui tahap verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), sementara 2,78 juta berhasil lolos untuk melalui proses pengacakan sistem untuk bergabung sebagai peserta gelombang pertama program Kartu Prakerja 2020 sebanyak 200.000 orang.

Lalu bagaimana cara mengecek lolos atau tidaknya sebagai peserta Kartu Prakerja?

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kepesertaan kartu prakerja. Pertama bisa melihatnya melalui dashboard akun Kartu Prakerja secara online visa situs Prakerja.go.id dan kedua bisa dengan menunggu notifikasi SMS yang akan dikirimkan paling lambat pada tanggal 20 april 2020 pukul 10.00 WIB.

Begini Cara Cek Lolos atau Tidaknya Kepesertaan Kartu Prakerja

"(Pengumuman Kartu Prakerja) 17-20 April 2020. Ini berproses dan bertahap sampai dengan Senin. Paling utama itu (bisa dilihat) di dashboard akun situs Prakerja," kata Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky.

Nantinya bagi masyarakat yang lolos dalam seleksi Kartu Prakerja bisa langsung mengikuti pelatihan yang telah disediakan oleh oleh 198 lembaga melalui delapan paltform. Dengan mengikuti pelatihan, peserta nantinya akan mendapat sertifikasi elektronik.

[Baca Juga: Disnakertrans DKI Buat Surat Edaran Himbau Bekerja dari Rumah]

Para peserta Kartu Prakerja juga akan mendapatkan uang sebesar Rp3.550.000 yang terdiri dari biaya pelatihan dan insentif. Uang tersebut akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Bantuan akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama.

Sementara itu bagi para peserta yang tidak dinyatakan lolos pada gelombang pertama, tak perlu mendaftar ulang. Sebab menurut Panji, pihaknya akan mengirimkan link untuk memilih pelatihan di gelombang 2,3, dan seterusnya sehingga tidak perlu mengikuti proses sejak awal.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emmaandita 2 years, 9 months lalu
    EmmaAndita

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com