Begini Cara Identifikasi Penyakit Asma Pada Bayi

Kesehatan

Begini Cara Identifikasi Penyakit Asma Pada Bayi

Seorang calon ibu cenderung berhati-hati saat hamil. Karena, apa pun yang dilakukan bisa memiliki efek langsung pada bayi yang belum lahir. Seperti yang kita ketahui, seorang anak mulai dari bayi membawa materi genetik dari ayah dan ibunya. Tak hanya mewarisi penampilan dan kepribadian, tetapi juga riwayat penyakit keturunan atau bahkan alergi. Salah satu kondisi yang disebabkan karena alergi dari genetik adalah asma.

Asma adalah suatu kondisi yang mengalami peradangan pada saluran udara atau pernapasan karena alergi atau penyakit. Jika mendapati kondisi ini, saluran udara menjadi tertutup sehingga kesulitan bernapas. Meskipun biasanya asma diderita orang dewasa, namun dokter menemukan ada peningkatan kasus asma pada bayi. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki bayi, penting sekali mengetahui tanda awal asma pada bayi.

[Baca Juga: Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asma]

Hal ini berguna agar bisa mencegah serangan asma pada bayi Anda. Karena, bayi memiliki saluran udara yang lebih kecil daripada orang dewasa, sehingga jika bayi terserang asma akan lebih berisiko. Berikut tanda-tanda awal asma pada bayi yang berdasarkan lansiran boldsky.com (7/10/2018).

  • Kesulitan Bernafas

Sebisa mungkin, perhatikan bagaimana bayi Anda bernapas. Jika sang bayi berusaha lebih keras untuk bernapas, itu bisa menjadi indikasi asma. Periksalah proses pernapasan bayi Anda lewat perutnya.

  • Sering Batuk

Jika bayi Anda sering batuk, Anda perlu memeriksanya lebih lanjut. Karena biasanya, tanda umum yang menunjukkan timbulnya asma adalah sering batuk, karena hal itu menunjukkan bahwa ada sesuatu yang menghalangi sang bayi saluran pernapasannya, atau mungkin mengalami pembengkakan.

  • Sering Bernapas Mising (Mendesah)

Ini adalah jenis pernapasan yang bising. Jika Anda melihat bayi Anda terus-menerus bernapas bising atau berdesah, sebaiknya segera bawa bayi Anda untuk mendapatkan pengawasan medis.

[Baca Juga: 7 Hal yang Baiknya Anda Tahu Tentang Asma]

Jika Anda telah memperhatikan gejala asma pada bayi, sebenarnya memang tidak bisa disimpulkan bayi Anda menderita asma. Sehingga, penting untuk mendapatkan pengawasan medis sebelum berasumsi karena akan dilakukan tes pada bayi Anda untuk mendiagnosis asma dengan benar. Namun, ternyata mendiagnosis asma pada bayi dirasa cukup sulit. Karena, tes untuk memeriksa fungsi paru-paru biasanya dilakukan untuk mendiagnosis asma pada anak-anak, bukan untuk bayi.

Untuk menguji asma pada bayi, para dokter anak mengandalkan informasi Anda yang telah memperhatikan tanda-tanda awal asma pada bayi. Oleh karena itu, jika Anda sudah menyerahkan kepada pengawasan medis, jelaskan secara rinci yang telah Anda dapatkan saat memperhatikan kondisi sang bayi.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.