Meski Tidak Efektif Cegah Virus Corona, Apotek Terus Kehabisan Masker

Kesehatan

Begini Cara Membuang Masker Sekali Pakai yang Benar

Sejak awal April 2020 lalu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mendukung penggunaan masker bagi semua orang untuk mencegah penularan COVID-19. Masyarakat Indonesia pun kini sudah diimbau mengenakan masker ketika keluar rumah.

Terdapat beberapa jenis masker yang biasa dikenakan oleh masyarakat, yaitu masker kain dan masker bedah. Masker kain dapat dicuci dan digunakan secara berulang. Sementara, masker bedah hanya dapat digunakan satu kali dan harus dibuang.

Membuang masker bedah dengan tidak benar dapat menimbulkan penyebaran virus. Berikut tips membuang masker bedah sekali pakai, dikutip dari buku elektronik berjudul Serba Covid-19: Cegah Covid-19 Sehat untuk Semua yang diterbitkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

[Baca Juga: Hati-Hati! Anak Usia Di Bawah 2 Tahun Tidak Boleh Pakai Masker]

  1. Melepas Masker

BPOM memberikan tips melepaskan masker dengan benar, yaitu melalui bagian tali dari belakang telinga. Tidak disarankan menarik bagian luar masker.

2. Melipat Masker

Setelah dilepas, masker tidak dibuang ke tempat sampah begitu saja. Anda harus melipat masker sehingga droplet dan kuman ada di dalam bagian lipatan.

3. Mendisinfeksi Masker

Masker yang telah dilipat kemudian disemprot cairan disinfektan. Anda dapat mendisinfeksinya menggunakan campuran air dan cairan pemutih pakaian.

4. Rusak Masker

Masker yang sudah dilipat dan didisinfeksi dapat digunting sehingga menjadi dua bagian. Jangan lupa juga untuk menggunting bagian talinya.

5. Masukkan ke Wadah

Anda dapat menyiapkan wadah untuk membungkus masker. BPOM memberikan contoh wadah berupa kantung plastik.

6. Membuang ke Tempat Sampah Domestik

Setelah dibungkus dengan wadah, Anda dapat membuang masker bedah ke tempat sampah domestik.

7. Mencuci Tangan

Ingat, dalam tahapan tersebut Anda telah menyentuh masker yang sudah terkontaminasi dengan droplet dan kuman. Oleh karena itu, cuci segera tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir selama dua puluh detik.

[Baca Juga: DIY Masker: Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona]

Itulah tips membuang masker bedah yang dapat Anda terapkan. Namun, sebetulnya WHO sendiri menekankan bahwa penggunaan masker bedah diprioritaskan bagi para petugas kesehatan. BPOM lebih lanjut menuliskan dalam buku elektronik Serba Covid-19: Cegah Covid-19 Sehat untuk Semua bila masker bedah juga diutamakan untuk petugas medis dan masyarakat umum yang mengalami gejala flu, batuk, hidung berair, dan radang tenggorokan. Bila dalam keadaan sehat, Pointers disarankan untuk menggunakan masker kain, tetapi tetap memerhatikan protokol kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.