Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

Properti dan Solusi

Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

Saat ini, zero waste kembali banyak dibicarakan dan dilakukan. Limbah yang sulit diurai dan semakin menggunung ini memang sangat mengkhawatirkan, terlebih lagi bila tidak dicegah. Zero waste bisa dilakukan mulai dari diri sendiri dulu. Biasakan untuk tidak membeli dengan kantong plastik. Dan, lebih baik lagi ketika produk yang dikemas dengan plastik atau produk tersebut menggunakan bahan yang dapat mencemari lingkungan bisa dibuat sendiri.

Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

Seperti deterjen yang biasanya Anda gunakan untuk mencuci pakaian, ternyata memiliki bahan kandungan yang dapat mencemari lingkungan. Tapi tenang saja, Anda bisa membuat deterjen yang ramah lingkungan di rumah.

Deterjen ampuh mencuci pakaian Anda di rumah menjadi bersih dari noda sekaligus membuatnya wangi. Banyak sekali merek-merek deterjen di luar sana yang menawarkan produknya dengan kelebihan-kelebihannya yang ditawarkan. Namun sayangnya, deterjen mengandung bahan-bahan yang dapat mencemari lingkungan. Agar tidak mencemari lingkungan, tidak ada salahnya Anda membuat deterjen sendiri yang tentunya terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Ide kreatif ini diambil dari akun Instagram @weddewi

[Baca Juga: 6 Tips Menciptakan Zero Waste Wedding]

Caranya cukup sederhana, Anda cukup mencampurkan soda abu dan sabun alami kelapa, dengan ukuran satu banding satu (1:1) dan bisa ditambahkan EO pada proses akhir pencucian.

Soda abu atau washing soda atau sodium carbonate adalah zat padat ringan yang agak larut di dalam air bersifat alkaline atau basa. Karena sifat airnya yang basa, memperluas tegangan permukaan sehingga kotoran lebih mudah terlepas dari kain. Sodium carbonate banyak dipakai pada industri sabun deterjen, kaca, pulp & paper, serat plastik, dan banyak industri lainnya.

[Baca Juga: Inilah 3 Toko Zero Waste di Jakarta]

Soda abu termasuk bahan kimia yang tidak berbahaya, namun yang Anda harus berhati-hati dalam mencuci pakaian yang mudah luntur, karena bisa melunturkan warna secara perlahan. Dan, untuk bahan yang lembut seringkali merusak serat kain.

Bila selama ini Anda mudah iritasi saat mencuci dengan deterjen komersil, justru deterjen ini tidak membuat iritasi dan yang pastinya ramah untuk lingkungan sekitar.

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  9 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  11 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  12 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.