Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

Properti dan Solusi

Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

Saat ini, zero waste kembali banyak dibicarakan dan dilakukan. Limbah yang sulit diurai dan semakin menggunung ini memang sangat mengkhawatirkan, terlebih lagi bila tidak dicegah. Zero waste bisa dilakukan mulai dari diri sendiri dulu. Biasakan untuk tidak membeli dengan kantong plastik. Dan, lebih baik lagi ketika produk yang dikemas dengan plastik atau produk tersebut menggunakan bahan yang dapat mencemari lingkungan bisa dibuat sendiri.

Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

Seperti deterjen yang biasanya Anda gunakan untuk mencuci pakaian, ternyata memiliki bahan kandungan yang dapat mencemari lingkungan. Tapi tenang saja, Anda bisa membuat deterjen yang ramah lingkungan di rumah.

Deterjen ampuh mencuci pakaian Anda di rumah menjadi bersih dari noda sekaligus membuatnya wangi. Banyak sekali merek-merek deterjen di luar sana yang menawarkan produknya dengan kelebihan-kelebihannya yang ditawarkan. Namun sayangnya, deterjen mengandung bahan-bahan yang dapat mencemari lingkungan. Agar tidak mencemari lingkungan, tidak ada salahnya Anda membuat deterjen sendiri yang tentunya terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Ide kreatif ini diambil dari akun Instagram @weddewi

[Baca Juga: 6 Tips Menciptakan Zero Waste Wedding]

Caranya cukup sederhana, Anda cukup mencampurkan soda abu dan sabun alami kelapa, dengan ukuran satu banding satu (1:1) dan bisa ditambahkan EO pada proses akhir pencucian.

Soda abu atau washing soda atau sodium carbonate adalah zat padat ringan yang agak larut di dalam air bersifat alkaline atau basa. Karena sifat airnya yang basa, memperluas tegangan permukaan sehingga kotoran lebih mudah terlepas dari kain. Sodium carbonate banyak dipakai pada industri sabun deterjen, kaca, pulp & paper, serat plastik, dan banyak industri lainnya.

[Baca Juga: Inilah 3 Toko Zero Waste di Jakarta]

Soda abu termasuk bahan kimia yang tidak berbahaya, namun yang Anda harus berhati-hati dalam mencuci pakaian yang mudah luntur, karena bisa melunturkan warna secara perlahan. Dan, untuk bahan yang lembut seringkali merusak serat kain.

Bila selama ini Anda mudah iritasi saat mencuci dengan deterjen komersil, justru deterjen ini tidak membuat iritasi dan yang pastinya ramah untuk lingkungan sekitar.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi-Kapulaga-Sumut-Tetap-Melesat-6.jpg

Berita Kawasan

Ekspor Kapulaga Sumatera Utara Tetap Melesat di Masa Pandemi

14 July 2020, 20:00

Jumlah ekspor kapulaga tetap meningkat meskipun sedang masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tak terlepas dari kualitas yang dihasilkan.

Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

14 July 2020, 19:00

Film dokumenter ini bakal tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 di Kanada.

toba-unesco-2.jpg

Berita Kawasan

Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

14 July 2020, 18:00

Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO.

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

14 July 2020, 17:00

Melalui sosialisasi mengenai Perwal adaptasi kebiasaan baru, Pemkot Medan berharap Stikes Senior dapat menjadi influencer new normal.


Comments


Please Login to leave a comment.