Begini Cara Panaskan Kembali Makanan Agar Tetap Enak Dimakan microwave

Kuliner

Begini Cara Panaskan Kembali Makanan Agar Tetap Enak Dimakan

Bukankah akan luar biasa jika makanan yang dipanaskan kembali terasa sama baiknya dengan yang baru dimasak? Tidak banyak yang tahu cara memanaskan beberapa jenis makanan dengan menggunakan alat yang tepat sehingga makanan kembali terasa enak seperti semula. Dilansir dari laman thekitchn.com (12/06/2020). Berikut tips yang akan membantu Anda mengetahui beberapa jenis makanan yang baik bila dipanaskan dengan mengunakan alat di atas kompor, oven, atau di dalam microwave.

Begini Cara Panaskan Kembali Makanan Agar Tetap Enak Dimakan oven

1) Menggunakan Oven

Oven akan membuat pemanasan yang merata dan menghasilkan makanan yang lembut. Jika Anda khawatir makanan menjadi kering, sebaiknya Anda tutup alumunium foil. Panaskan makanan Anda dengan oven pada suhu rendah (tidak lebih dari 350 ° F) dan periksa makanan Anda sesekali. Beberapa jenis makanan ini sangat baik bila dipanaskan dalam oven.

  • Roti kering
  • Makanan yang digoreng atau dilapisi tepung roti
  • Daging panggang
  • Makanan laut
  • Pizza
  • Sandwich

Sering Menggunakan Microwave Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

2) Menggunakan Microwave

Memanaskan dengan menggunakan alat microwave merupakan salah satu cara tercepat untuk memanaskan kembali makanan Anda. Namun, tekstur dari beberapa makanan bisa berubah. Berikut beberapa jenis makanan yang sangat baik dipanaskan kembali dengan menggunakan microwave.

  • Sup
  • Masakan Rebusan
  • Masakan Tumisan
  • Nasi
  • Pasta

Saat memanaskan makanan dalam microwave, ratakan makanan terlebih dulu lalu Anda bisa menutupinya dengan serbet untuk membantu membuat uap saat makanan sedang dipanaskan sehingga tidak mengering dan aduk sesering mungkin agar pemanasan merata.

Penting untuk Anda perhatikan, sebaiknya jangan memanaskan lebih dari satu jenis makanan di piring yang sama, karena hasilnya pemanasannya tidak akan merata.

[Baca Juga: Sering Menggunakan Microwave? Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan]

Begini Cara Panaskan Kembali Makanan Agar Tetap Enak Dimakan pan wajan

3) Menggunakan Pan Atau Wajan

Memanaskan kembali dengan menggunakan kompor juga cara yang paling baik untuk mengembalikan tekstur aslinya, terutama yang banyak mengandung uap air seperti sup dan semur. Gunakan api rendah sampai sedang dan aduk terus untuk menghasilkan pemanasan yang merata.

Saat memanaskan di atas kompor, pilih peralatan masak yang tepat untuk makanan yang Anda panaskan kembali. Bila Anda memanaskan makanan dengan menggunakan panci atau wajan, berikut beberapa jenis makanan yang dapat Anda panaskan kembali.

  • Sup
  • Semur
  • Sambal
  • Pizza
  • Nasi
  • Pasta
  • Mi
  • Makanan tumisan
  • Kentang goreng
  • Daging

Begini Cara Panaskan Kembali Makanan Agar Tetap Enak Dimakan panci

4) Menggunakan Panci Isi Air Mendidih

Anda bisa meletakkan mangkuk di dalam panci berisi yang air mendidih. Cara ini juga dapat membantu mengatur suhu mangkuk karena tidak langsung dipanaskan. Cara ini sangat baik digunakan untuk memanaskan makanan dengan adonan yang halus, seperti saus dan mashed potatos. Bila makanan ini langsung bersentuhan dengan panas akan cepat hangus.

[Baca Juga: Inilah Cara Bersihkan Microwave dengan Mudah]

Begini Cara Panaskan Kembali Makanan Agar Tetap Enak Dimakan multi cooker

5) Menggunakan Alat Kukus

Makanan yang dikukus bergantung pada panas lembab untuk memasak dan dapat mengering setelah didinginkan juga dapat kehilangan banyak kelembapan jika tidak disimpan dalam wadah kedap udara. Menggunakan alat kukusan adalah cara terbaik untuk memanaskan kembali makanan yang dikukus, seperti ikan yang dikukus atau dim sum. Masukkan kembali ke dalam pengukus sehingga makanan tersebut terkena uap air lagi saat sedang dipanaskan.

Sederet cara tersebut di atas akan membantu Anda menghangatkan sekaligus memanaskan makanan di rumah. Bahkan makanan pun akan terasa sama nikmatnya bila dipanaskan dengan cara yang tepat.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.