Begini Cara Tangani Cegukan Menurut Ahli

Kesehatan

Begini Cara Tangani Cegukan Menurut Ahli

Cegukan merupakan sebuah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, sebab terjadinya pun secara pasti belum diketahui penyebabnya. Namun cegukan umumnya terjadi secara berulang-ulang setiap menit. Cegukan merupakan sebuah proses di mana udara tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru yang menyebabkan ruang antara pita suara menutup, sehingga menimbulkan suara.

Sebenarnya, apa itu cegukan dan bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi? “Penyebab cegukan sebenarnya salah satu misteri sebesar di dunia medis,” ujar Direktur One Medical Michael Richardson seperti dilansir dari huffpost.com (21/2/2020).

Begini Cara Tangani Cegukan Menurut Ahli

Banyak hipotesis yang menyebutkan, penyebab cegukan yang dialami setiap orang itu berbeda-beda, maka dari itu, fenomena cegukan terbilang sangat acak dan tak bisa terprediksi. Bisa jadi karena tenggorokan yang iritasi karena mengkonsumsi makanan pedas dan air berkarbonasi, alkohol, makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, bisa juga karena tubuh Anda sedang stress, atau bahkan karena kaget.

Biasanya cegukan akan sembuh dengan sendirinya, namun jika terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama tentu akan mengganggu aktivitas Anda. Bahkan beberapa orang akan merasa sakit ketika proses cegukan berlangsung.

[Baca Juga: Mengenal Kondisi Medis “Ketindihan” atau Erep-Erep]

Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan cegukan, seperti bernafas dalam kantung kertas, meminum air dingin, atau berkumur dengan air es. Akan tetapi belum tentu semuanya efektif, bukan?

“Tidak banyak penelitian yang kredibel mengenai cegukan, namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah yang bisa menghentikan cegukan seperti menahan nafas beberapa detik atau (merasa) takut,” ujar Michael.

Proses penyembuhannya memang tak begitu jelas mekanismenya, namun cara tersebut bisa me-reset ulang pola pernafasan Anda. Michael bahkan, mengatakan metode lain seperti akupuntur atau berhubungan badan juga bisa jadi efektif untuk menghentikan cegukan.

[Baca Juga: Berasa Gatal Berlebih, Bisa Jadi Itu Psiorasis]

Michael melanjutkan, jika Anda mengalami cegukan yang konsisten selama 48 jam atau merasa sakit saat proses cegukan berlangsung, ada baiknya segera berkunjung ke dokter untuk memeriksakan kondisi.

Penyebab cegukan yang tak wajar bisa jadi mengindikasikan sebuah penyakit yang cukup berbahaya, seperti refluks asam, distensi lambung, iritasi lambung, tukak lambung, kelainan elektrolit, atau juga efek samping pengobatan.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.