Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

Kuliner

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

Shabu-shabu merupakan makanan Jepang jenis masakan yang dihidangkan dalam panci besar di dalamnya biasanya ada irisan tipis daging tipis yang dicelup ke dalam panci khusus berisi kaldu. Bukan hanya daging, dalam panci tersebut juga dilengkapi dengan sayur-sayuran, tahu, atau udon. Walau shabu shabu dikenal sebagai makanan khas Jepang, rupanya makanan ini awalnya muncul di Beijing, Tiongkok. Kemudian kuliner ini dibawa masuk ke Jepang oleh orang Jepang yang pernah tinggal di sana.

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

Mengutip dari Wikipedia, pada tahu 1952, restoran Suehiro di Osaka menghidangkan masakan ini dengan nama shabu shabu dan berhasil mendapatkan merk dagang pada tahun 1955. Jika di Indonesia, saat menikmati dan memasak shabu shabu tak ada aturan baku. Biasanya, kebanyakan orang hanya memasuk-masukan bahan ke dalam kaldu, tunggu sampai matang, dan siap dinikmati saat semua bahan sudah matang.

[Baca Juga: 5 Menu yang Wajib Anda Pesan di Shabu2House]

Namun, saat Pingpoint mendatangi cooking class sushi dan shabu shabu di Shabu2House, Plaza Indonesia, Level 1 (19/11/2019), di sana Chef Ambo yang merupakan juru masak asli Jepang menjelaskan teori menikmati dan memasak shabu shabu.

Langkah Memasak Shabu Shabu

  1. Jika Anda memilih daging ayam atau babi, masukan daging terlebih dahulu. Pasalnya kedua jenis daging ini baru bisa dinikmati ketika benar-benar matang. Jika masih setengah matang bakterinya masih tinggi dan akan berakibat pada kesehatan. namun jika Anda memilih daging sapi, jangan dimasukkan paling pertama.
  2. Setelah itu, Anda bisa memasukkan shitake, karena jamur ini memiliki kaldu. Jika dimasukkan paling pertama dan dimasak agak lama, kaldunya akan keluar. Setelah memasukkan jamur, Anda bisa memasukkan sayuran yang keras-keras terlebih dahulu seperti wortel, batang daun bawang, dan lainnya.
  3. Jika sudah setengah matang, Anda bisa masukkan irisan tipis daging. Namun cara memasaknya hanya perlu dicelup-celup selama 5-10 detik agar kaldu dari lemaknya turun. Menurut Chef Ambo, daging sapi tak masalah jika dinikmati setengah matang.

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

“Jangan terlalu lama masak daging sapi, karena teksturnya bisa jadi keras dan tidak enak jika dinikmati. Daging sapi tidak masalah jika dimakan dalam kondisi setengah matang karena sapi suhu tubuhnya 40 derajat, lebih panas dari manusia. Sedangkan ayam atau babi, suhu badannya serupa dengan manusia,” ujar Chef Ambo.

[Baca Juga: Belajar Sushi dan Shabu Shabu yang Benar di Shabu2House]

Biasanya, saat Anda menikmati shabu shabu, dihidangkan pula dua jenis saus, yaitu saus gonza dan goma. Saus gonza dibuat dari perasan jeruk jepang dan bumbu lainnya, bumbu ini lebih cocok digunakan untuk colekan sayur. Sedangkan saus goma dibuat dari wijen, cocok dinikmati untuk daging.

Walaupun begitu, Chef Ambo menyebutkan, ketika menikmati atau pun memasak shabu shabu sebenarnya tak mengikuti teori yang ada pun tak masalah yang penting Anda menikmatinya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.