Begini Keriaan Semasa di Balaikota DKI Jakarta

Berita Kawasan

Begini Keriaan Semasa di Balaikota DKI Jakarta

Para pengunjung Semasa berbelanja apa saja dengan rasa aman dan nyaman di Gedung Blok G lantai dasar Balai Kota Provinsi DKI Jakarta. Sebab, dalam acara Cultural Creative Market and Tour in Historical Places of Jakarta (Semasa) yang berlangsung pada 28-29 September, dari pukul 10.00 hingga 18.00 tersebut Anda bisa merasakan suasana berbeda di Kompleks Balai Kota DKI Jakarta. Pengunjung aman dalam melakukan aktivitas belanja serta nyaman dalam aktivitas liburan, bersantai dan bersantap aneka kuliner. Seperti dikutip dari beritajakarta.id (29/9/2019), Kirana (25), warga Lebak Bulus, Jakarta Selatan mengaku, sangat nyaman dengan event yang digelar di dalam ruangan.

[Baca Juga: Kantor Gubernur DKI Jakarta Kini Punya Balkot Farm]

Konsep acara ini memang seperti nongkrong di mal besar dengan menghadirkan berbagai macam produk berkelas dan makanan serta minuman kelas kafe. "Ini namanya Balai Kota rasa mal. Aura kesibukan aktivitas pemerintahannya tak terasa sama sekali, rasanya seperti hangout di mal," ujarnya.

Hal yang sama dirasakan Azhar (25), yang juga warga Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Ia mengaku memborong produk makanan, minuman dan aksesori. Dirinya tau event seperti ini dari media sosial Instagram, tenant para peserta, dan dari event organizer (EO). Dalam kesempatan itu ia juga mengapresiasi upaya Pemprov DKI Jakarta yang memberikan kesempatan dan peluang usaha produk dalam negeri seperti kerajinan tangan, makanan, minuman, fesyen dan kosmetik untuk lebih berkembang. "Harganya sangat wajar. Keunikannya yang jarang dijual di pasaran dan produknya sangat Indonesia banget," katanya.

[Baca Juga: Mengintip Kemeriahan Jakarnaval 2019 di Sekitar Balai Kota]

Sementara itu, salah satu peserta stan produk PKT binaan Dinas KPKP DKI Jakarta dengan nama produk Jos Tradisional yang menjual makanan ringan dan minuman produksi rumahan, Kusuma Arif, menuturkan, pihaknya merasa terbantu dengan adanya event berkelas seperti ini. Selain mengangkat citra produk rumahan khususnya menengah ke bawah, kegiatan ini juga memberikan ruang usaha. "Sudah diajari, dibina, disediakan pula ruang usaha dan pemasarannya. Semoga pembinaan seperti ini terus digalakkan dan ditingkatkan untuk memberi kesempatan untuk berusaha lebih maju," tandasnya.

Begini Keriaan Semasa di Balaikota DKI Jakarta

Ragam Kuliner Betawi

Di acara tersebut, pengunjung bisa memuaskan lidah dengan menikmati beragam olahan makanan dan minuman khas Betawi seperti tape uli, es selendang mayang, sagon, geplak, bir pletok hingga kue kembang goyang. "Makanan dan minuman di sini dijual mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu," ujar Samsudin (40) pedagang kuliner khas Betawi. Ia menjelaskan, para pedagang yang berjualan di acara ini merupakan pedagang binaan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. "Kita tentunya senang sekali bisa dilibatkan di acara ini," katanya.

Samsudin berharap, kegiatan yang melibatkan para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) seperti ini bisa sering digelar. Sehingga kuliner khas Betawi dapat terus dipromosikan dan lebih dikenal masyarakat luas. "Saya ingin kegiatan ini lebih sering dilaksanakan. Selain untuk mengenalkan kuliner khas Betawi, juga membantu perekonomian kita," tandasnya.

Begini Keriaan Semasa di Balaikota DKI Jakarta

Kelompok Musik Ukulele

Pengunjung acara Semasa dihibur penampilan kelompok musik pecinta ukulele, Uku Iki yang membawakan delapan lagu dengan genre musik pop, daerah hingga mancanegara. Founder Uku Iki, Gratia Suwu mengatakan, kelompok musik yang terdiri dari 600 anggota ini telah beberapa kali tampil di acara Semasa. Namun, di acara kali ini, pihaknya hanya membawa serta 30 anggota untuk menghibur pengunjung. "Ada 30 anggota yang datang. Ada yang bawa biola, celo, bass dan pastinya ukulele. Kita main sekitar satu jam," dia menjelaskan.

Sementara itu, Fransiska, salah satu pengunjung acara Semasa, mengaku sangat terhibur dengan penampilan live music yang disuguhkan Uku Iki di acara ini. "Senang banget ya ada live music. Apalagi akustikan seperti ini, keren banget," tandasnya.

Begini Keriaan Semasa di Balaikota DKI Jakarta

Stan Balkot Farm

Stan Balkot Farm milik Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta juga memeriahkan acara Semasa. Bersama dengan puluhan stan lainnya, Stan Balkot Farm hadir mengenalkan sistem pertanian perkotaan. Kepala Seksi Pasca Panen dan Olahan Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Eti Rohaeti mengatakan, Stan Balkot Farm sebelumnya juga dipamerkan di acara Semasa yang digelar di Taman Lapangan Banteng beberapa waktu lalu.

Ia berharap, dengan dibukanya Stan Balkot Farm di acara Semasa, pengunjung tertarik dengan urban faming dan tergerak untuk menerapkannya di rumah atau di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. "Kita coba mensosialisasikan urban faming bisa dilakukan di mana saja. Selain itu hasilnya juga bisa kita manfaatkan," katanya.

[Baca Juga: Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI Gelar Produk IKM]

Sementara itu, Riri, Penjaga Stan Balkot Farm menambahkan, di stan ini, pihaknya juga memamerkan berbagai produk olahan hasil dari kegiatan urban farming. Di antaranya seperti minuman kunyit asem, gula asem, beras kencur dan smoothie pakcoy. "Semua ini hasil olahan urban farming dari empat RPTRA. Masing-masing RPTRA Rustanti, RPTRA Karang Anyar, RPTRA Melati 04 dan RPTRA Ruben Benhil 02," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.