Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

Kesehatan

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH dan Hadapi Pandemi

Di tengah pandemi, menjaga kesehatan adalah yang utama. Bukan saja fisik, namun sisi kejiwaan juga harus terjaga kesehatannya. Kondisi ini membuat pemerintah menggalakkan masyarakat untuk beraktivitas—belajar dan bekerja—di rumah atau work from home (WFH). Langkah ini diambil dalam rangka upaya pemerintah memutus rantai penyebaran virus SARS-CoV-2.

Di sisi lain, terlalu lama bekerja dan beraktivitas di rumah saja juga berisiko memicu stres dan masalah kesehatan mental lainnya, mengingat sebelum pandemi terjadi, banyak pekerja yang terbiasa beraktivitas di kantor atau tempat kerja di luar kediaman mereka.

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

Asisten Profesor Psikologi dari Universitas New South Wales Australia Dr. Jill Newby berpendapat, gangguan kesehatan mental yang kerap menimpa pekerja yang menjalani WFH adalah perasaan kesepian, terputus dari hubungan dengan orang lain secara sosial maupun profesional, dan stres karena kekurangan liburan.

Selain itu, kesulitan mendapatkan motivasi bekerja, susah memprioritaskan beban kerja, tak yakin dengan kemajuan yang dicapai hingga insomnia juga menjadi masalah yang kerap dialami banyak pekerja saat menjalani masa WFH. Oleh karena itu, para pekerja yang menjalani WFH perlu berupaya mengantisipasi risiko masalah kesehatan mental.

Berikut tiga cara menjaga kesehatan mental saat jalani WFH di tengah pandemi, sebagaimana dilansir situs blackdoginstitute.org.au (4/5/2020).

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

1) Batasi Jam Kerja, Lakukan Aktivitas Lain

Atur rutinitas waktu sebagaimana saat masih bekerja di kantor. Lalu, alokasikan pula waktu untuk beristirahat dan olahraga. Dengan menetapkan batasan yang jelas antara jadwal bekerja dan aktivitas rumah tangga, maka urusan pekerjaan tidak akan menyita terlalu banyak waktu, termasuk momen istirahat atau berinteraksi dengan keluarga.

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

2) Berkomunikasi dengan Rekan dan Atasan

Ketika WFH, sebaiknya sediakan waktu khusus untuk rutin melakukan pertemuan virtual atau pembicaraan via telepon. Ketika bekerja dari rumah, Anda harus proaktif dalam berkomunikasi dan menjaga hubungan positif, baik dengan rekan kerja maupun atasan. Komunikasi rutin tersebut bisa dilakukan dengan memberitahukan apa saja pekerjaan yang sedang Anda lakukan kepada rekan kerja dan atasan. Selain itu, Anda juga sebaiknya menceritakan perasaan Anda saat menjalani WFH kepada orang lain, terutama atasan, agar bisa mendiskusikan solusi yang dapat diambil jika ada masalah.

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi Jogging

3) Berkeliling di Sekitar Rumah

Jika Anda sudah mulai stres karena merasa terlalu lama mengisolasi diri, sebaiknya coba berjalan-jalan di sekeliling rumah atau kompleks perumahan sekali dalam sehari. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan udara segar dan memperoleh lebih banyak paparan matahari. Namun, perlu diingat, sebaiknya Anda memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain untuk mencegah penularan virus SARS-CoV-2 atau COVID-19.

[Baca Juga: Waspada! Virus Corona Dapat Picu Gangguan Kesehatan Jiwa]

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Lahargo Kembaren dalam jumpa pers di akun YouTube milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Jumat (1/5/2020) lalu.

Menurutnya, pandemi COVID-19 yang tengah melanda di tanah air turut memberi dampak pada kejiwaan dan psikologis seseorang. “Merasa cemas, sedih, stres, bingung, dan takut adalah sesuatu yang normal juga wajar dialami di tengah krisis seperti ini,” tegasnya.

Semua gejala itu, sambung dia, bisa terjadi karena masyarakat terus mendengar dan menyaksikan peristiwa yang memicu stres. Dia pun menyarankan warga untuk tidak memendam sendiri apa bila mengalami tekanan, berikut beberapa tips Lahargo dalam menjaga kesehatan jiwa di masa pandemi:

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi Berita Media

4) Batasi dan Pilah Informasi

Kurangi kecemaasan akibat menonton, membaca atau mendengarkan informasi yang berlebihan. Mengambil jarak sejenak dari informasi yang berlebihan, juga bisa dikategorikan sebagai pilihan yang baik. Pilah dan pilih informasi yang akurat dari sumber terpercaya. Membaca berita dari sumber yang keliru bisa menambah rasa cemas.

[Baca Juga: Dinkes DKI Sediakan Layanan Kesehatan Jiwa Psikososial COVID-19]

Selain empat hal di atas, penting juga bagi Anda untuk dapat mengendalikan emosi. Gunakan keterampilan mengatasi emosi di waktu lampau untuk membantu mengatasi perasaan yang tidak nyaman saat ini. Dan, yang paling penting, cari pertolongan professional atau melakukan swaperiksa daring (dalam jaringan) melalui situs kesehatan jiwa terpercaya. Anda juga bisa menghubungi layanan kesehatan jiwa dari pemerintah melalui hotline 119 ekstensi 8.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.