Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

Kesehatan

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH dan Hadapi Pandemi

Di tengah pandemi, menjaga kesehatan adalah yang utama. Bukan saja fisik, namun sisi kejiwaan juga harus terjaga kesehatannya. Kondisi ini membuat pemerintah menggalakkan masyarakat untuk beraktivitas—belajar dan bekerja—di rumah atau work from home (WFH). Langkah ini diambil dalam rangka upaya pemerintah memutus rantai penyebaran virus SARS-CoV-2.

Di sisi lain, terlalu lama bekerja dan beraktivitas di rumah saja juga berisiko memicu stres dan masalah kesehatan mental lainnya, mengingat sebelum pandemi terjadi, banyak pekerja yang terbiasa beraktivitas di kantor atau tempat kerja di luar kediaman mereka.

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

Asisten Profesor Psikologi dari Universitas New South Wales Australia Dr. Jill Newby berpendapat, gangguan kesehatan mental yang kerap menimpa pekerja yang menjalani WFH adalah perasaan kesepian, terputus dari hubungan dengan orang lain secara sosial maupun profesional, dan stres karena kekurangan liburan.

Selain itu, kesulitan mendapatkan motivasi bekerja, susah memprioritaskan beban kerja, tak yakin dengan kemajuan yang dicapai hingga insomnia juga menjadi masalah yang kerap dialami banyak pekerja saat menjalani masa WFH. Oleh karena itu, para pekerja yang menjalani WFH perlu berupaya mengantisipasi risiko masalah kesehatan mental.

Berikut tiga cara menjaga kesehatan mental saat jalani WFH di tengah pandemi, sebagaimana dilansir situs blackdoginstitute.org.au (4/5/2020).

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

1) Batasi Jam Kerja, Lakukan Aktivitas Lain

Atur rutinitas waktu sebagaimana saat masih bekerja di kantor. Lalu, alokasikan pula waktu untuk beristirahat dan olahraga. Dengan menetapkan batasan yang jelas antara jadwal bekerja dan aktivitas rumah tangga, maka urusan pekerjaan tidak akan menyita terlalu banyak waktu, termasuk momen istirahat atau berinteraksi dengan keluarga.

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi

2) Berkomunikasi dengan Rekan dan Atasan

Ketika WFH, sebaiknya sediakan waktu khusus untuk rutin melakukan pertemuan virtual atau pembicaraan via telepon. Ketika bekerja dari rumah, Anda harus proaktif dalam berkomunikasi dan menjaga hubungan positif, baik dengan rekan kerja maupun atasan. Komunikasi rutin tersebut bisa dilakukan dengan memberitahukan apa saja pekerjaan yang sedang Anda lakukan kepada rekan kerja dan atasan. Selain itu, Anda juga sebaiknya menceritakan perasaan Anda saat menjalani WFH kepada orang lain, terutama atasan, agar bisa mendiskusikan solusi yang dapat diambil jika ada masalah.

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi Jogging

3) Berkeliling di Sekitar Rumah

Jika Anda sudah mulai stres karena merasa terlalu lama mengisolasi diri, sebaiknya coba berjalan-jalan di sekeliling rumah atau kompleks perumahan sekali dalam sehari. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan udara segar dan memperoleh lebih banyak paparan matahari. Namun, perlu diingat, sebaiknya Anda memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain untuk mencegah penularan virus SARS-CoV-2 atau COVID-19.

[Baca Juga: Waspada! Virus Corona Dapat Picu Gangguan Kesehatan Jiwa]

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Lahargo Kembaren dalam jumpa pers di akun YouTube milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Jumat (1/5/2020) lalu.

Menurutnya, pandemi COVID-19 yang tengah melanda di tanah air turut memberi dampak pada kejiwaan dan psikologis seseorang. “Merasa cemas, sedih, stres, bingung, dan takut adalah sesuatu yang normal juga wajar dialami di tengah krisis seperti ini,” tegasnya.

Semua gejala itu, sambung dia, bisa terjadi karena masyarakat terus mendengar dan menyaksikan peristiwa yang memicu stres. Dia pun menyarankan warga untuk tidak memendam sendiri apa bila mengalami tekanan, berikut beberapa tips Lahargo dalam menjaga kesehatan jiwa di masa pandemi:

Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH & Hadapi Pandemi Berita Media

4) Batasi dan Pilah Informasi

Kurangi kecemaasan akibat menonton, membaca atau mendengarkan informasi yang berlebihan. Mengambil jarak sejenak dari informasi yang berlebihan, juga bisa dikategorikan sebagai pilihan yang baik. Pilah dan pilih informasi yang akurat dari sumber terpercaya. Membaca berita dari sumber yang keliru bisa menambah rasa cemas.

[Baca Juga: Dinkes DKI Sediakan Layanan Kesehatan Jiwa Psikososial COVID-19]

Selain empat hal di atas, penting juga bagi Anda untuk dapat mengendalikan emosi. Gunakan keterampilan mengatasi emosi di waktu lampau untuk membantu mengatasi perasaan yang tidak nyaman saat ini. Dan, yang paling penting, cari pertolongan professional atau melakukan swaperiksa daring (dalam jaringan) melalui situs kesehatan jiwa terpercaya. Anda juga bisa menghubungi layanan kesehatan jiwa dari pemerintah melalui hotline 119 ekstensi 8.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.