Begini Langkah-langkah Penerimaan Vaksinasi COVID-19

Kesehatan

Begini Langkah-langkah Penerimaan Vaksinasi COVID-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah memulai program vaksinasi COVID-19 pada Kamis 14 Januari 2021. Vaksinasi tahap pertama akan berlangsung hingga April mendatang. Pada tahap pertama ada sekitar 26.000 calon penerima vaksin yang telah terdaftar di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK). Sasaran vaksin kali ini merupakan tenaga kesehatan dan tenaga penunjang di fasilitas kesehatan yang ada di wilayah Kota Bandung.

Begini Langkah-langkah Penerimaan Vaksinasi COVID-19

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui program vaksinasi COVID-19, berikut penjelasan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanegara:

  1. Penerima vaksin merupakan masyarakat yang telah terdaftar dan telah diberikan SMS oleh Kementerian Kesehatan. Masyarakat nanti pun tidak dapat mendaftar secara manual. Semuanya terhubung kepada sistem yang dimiliki Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
  2. Seperti nakes yang mendapatkan panggilan vaksin dari Kementerian Kesehatan melalui SMS pada tahap pertama, nantinya semua warga masyarakat juga akan mendapatkan SMS yang sama dari nomor 119.
  3. Setelah memperoleh SMS, calon penerima vaksin harus mendaftar ulang dengan cara mengklik tautan yang diberikan di dalam SMS tersebut. Hal itu agar dapat memastikan pemilihan waktu dan tempat fasilitas kesehatan yang terdekat dengan wilayah tempat tinggal.
  4. Penerima vaksin yang telah terdaftar wajib membawa KTP atau Kartu Identitas untuk datang ke fasilitas kesehatan dengan waktu yang telah ditentukan.

[Baca Juga: Ariel Noah Vaksinasi di Bandung, "Saya Maju Duluan!"]

Begini Langkah-lakah Penerimaan Vaksinasi COVID-19

Setelah itu di lokasi vaksinasi. Ada beberapa langkah yang akan Anda jalani. Penerima vaksin akan melalui beberapa tahap pengecekan serta "screening" pada saat proses vaksinasi. Ada beberapa meja yang menjadi screening awal bagi para penerima vaksin COVID-19, yaitu:

  • Di meja pertama setiap penerima vaksin akan dipastikan data dirinya sama seperti yang telah terdaftar melalui sistem Kemenkes dengan melampirkan bukti SMS dan data diri.
  • Meja kedua, setiap calon penerima vaksin akan melakukan konsultasi terkait dengan kondisi kesehatan, rekam jejak penyakit. Petugas akan bertanya seputar kondisi dari calon penerima vaksin. Jika layak maka akan dilanjutkan untuk proses penyuntikkan di meja ketiga dan jika tidak layak untuk melakukan vaksin maka prosesnya akan ditunda.
  • Meja ketiga adalah proses penyuntikkan vaksin. Sedangkan meja keempat untuk konsultasi Informasi dan edukasi (KIE). Setelah itu diobservasi selama 30 menit. Jika tidak terjadi hal-hal tertentu, maka orang yang divaksin akan menerima sertifikasi.

Keempat, tetap menjaga protokol kesehatan, dan kembali untuk melakukan vaksin kedua setelah 2 minggu atau 14 hari dari penyuntikkan vaksin pertama.

"Setiap orang yang telah menerima vaksin harus tetap memperhatikan dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Nanti setelah 2 minggu harus kembali untuk mendapatkan dosis kedua dari vaksin COVID-19 agar efek dari vaksin ini maksimal," tutup Ahyani.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ke-3 PSBB Bandung, Pengendara Sepeda Motor Dilarang Boncengan

Berita Kawasan

Polda Jawa Barat Gelar Operasi Jaran Lodaya, Cek Motor Anda yang Hilang!

05 March 2021, 20:03

Dalam rangka 100 hari kerja Bapak Kapolda gelar operasi jaran lodaya 2021

Dompet Duafa Lakukan Program Bedah 100 Rumah di Sumatera Utara

Properti dan Solusi

Dompet Duafa Lakukan Program Bedah 100 Rumah di Sumatera Utara

05 March 2021, 19:56

Dompet Duafa dan Camat Sunggal melakukan program bedah 100 rumah yang berada di desa Tegal Sari, Kecamatan Sunggal, Kab. Deli Serdang.

3.png

Berita Kawasan

Hati-hati, Jalan Penghubung Citayam Depok-Bojonggede Bogor Hancur

05 March 2021, 18:17

Kondisi jalan berlubang dan tergenang air di daerah Citayam Depok mengganggu pengguna jalan yang menuju Bojonggede, Bogor.

1.400 Personil Polres Metro Bekasi Kota Divaksinasi

Berita Kawasan

1.400 Personil Polres Metro Bekasi Kota Divaksinasi

05 March 2021, 18:01

Sebanyak 1400 personil Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota mulai menjalani vaksinasi covid-19 di Pusat Kesehatan Polres Jalan Pramuka, Kecamatan Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month, 2 weeks lalu
    anisa

    Selamat Kepada Member Kami QQHarian bermain Slot Game Online Indonesia Terpopuler. Telah Memenangkan dengan total PULUHAN JUTA RUPIAH Dan DI BAYAR LUNAS langsung dengan proses cepat ( maks. 3 menit ) & Aman. Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : ==> ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) ===> > https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) ====> > > http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )