Begini Langkah Pemkab Kepulauan Seribu Tangani COVID-19 dan DBD

Berita Kawasan

Begini Langkah Pemkab Kepulauan Seribu Tangani COVID-19 dan DBD

Meski masih dalam satu Provinsi DKI Jakarta, namun angka kasus positif COVID-19 di Kepulauan Seribu belum sebanding dengan lima Kota Administrasi DKI Jakarta lainnya. Kendati begitu, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu tidak mau kebobolan.

Sebagai langkah antisipasi, pihak Pemkab telah mempersiapkan 39 titik lokasi di 12 pulau sebagai tempat karantina pasien dan mess tim medis, jika kondisi terburuk pandemi COVID-19 terjadi di Kepulauan Seribu

Hal ini diutarakan Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad, dalam rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kamis (16/4). "Untuk sementara kita siapkan 39 titik lokasi di 12 pulau sebagai tempat karantina pasien dan mess tim medis," ujarnya di situs beritajakarta.id, Kamis (16/4/2020).

Begini Langkah Pemkab Kepulauan Seribu Tangani COVID-19 dan DBD

Husein menjabarkan, lokasi karantina tersebut berupa, gedung SKKT, Gedung teknis Pulau Karya, sekolah, asrama pelajar dan guru, GOR, Pulau Tidung Kecil hingga homestay. Diungkapkan Husein, dalam waktu dekat lokasi tersebut akan dibenahi untuk pemenuhan sarana dan prasarana penunjang seperti kebutuhan air bersih, toilet dan tempat tidur yang sedang dikoordinasikan dengan anggota gugus tugas lainnya. "Pekan depan sudah bisa dimulai pembenahannya, mungkin dimulai dengan bersih-bersih di setiap titik-titik yang kita tentukan," tandasnya.

Tidak Cuma COVID-19, ancaman wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah persoalan lainnya yang harus diantisipasi Pemkab Kepulauan Seribu. Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kepulauan Seribu, mengimbau warga agar menjadi juru pemantau jentik (Jumantik) secara mandiri bagi keluarganya untuk mengantisipasi merebaknya wabah DBD.

[Baca Juga: Ikuti Pelaksanaan PSBB, Pemkab Kepulauan Seribu Salurkan Batuan]

Kepala Sudinkes Kepulauan Seribu, Herwin Meifendi mengatakan, selain Virus Corona yang sedang mewabah DBD juga menjadi ancaman di masa-masa berakhirnya musim hujan seperti saat ini. Karena itu, dia meminta warga tetap melakukan pembersihan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. "Kita anjurkan warga untuk tetap melakukan PSN dengan melakukan 3M di rumahnya," ujarnya.

Dia menambahkan, DBD dapat dicegah melalui kesadaran warga untuk tetap menerapkan hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan dan rajin menguras penampungan air. Menurutnya, jumantik mandiri dianjurkan terkait pemberlakuan PSBB untuk menerapkan physical distancing, sehingga kader Jumantik belum dapat memantau serta bersosialisasi langsung dengan warga dari rumah ke rumah. "Dengan begitu, penyebaran Virus Corona dapat dicegah dan DBD dapat diantisipasi dengan Jumantik mandiri," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 9 months lalu
    anisa

    ⁣lindungi diri dan keluarga tercinta dari #covid19 cukup #dirumahaja bantu utk memutus rantai wabah virus corona dgn main game online di QQHarian (cari atau seacrh di google yaa). selain utk mengusir kejenuhan karna ga bisa kemana-mana juga bisa jadi pemasukan/uang tambahan selama masa pandemi virus corona ini guys.

  • Suki 2 years, 9 months lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.