Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

Pendidikan

Begini Pengajaran Prokes untuk Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Pada Peringatan Hari Pendidikan Tahun 2021, pihak pemerintah telah memberikan signal akan ada pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada tahun ajaran baru nanti. Meski masih ada kekhawatiran beberapa pihak tentang kedisplinan pihak sekolah dan anak- anak didik dalam menerapkan protokol kesehatan.

Pihak yang meragukan ini beranggapan kegiatan PTM dapat menjadi klaster baru dalam penyebaran virus COVID-19. Untuk itu, tim redaksi Pingpoint.co.id mengikuti “Buka Bersama Virtual Bareng Yayasan Wahana Inklusif Indonesia” secara virtual pada Selasa (4/5/2021).

Hari Pendidikan Tahun 2021 dan Pengajaran Prokes Pada Anak- Anak Berkebutuhan Khusus

Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Wahan Inklusif Indonesia (YWII). YWII adalah sebuah organisasi/ lembaga yang dimaksudkan untuk mendukung terpenuhinya hak- hak penyandang disabilitas di segala bidang di dalam kehidupan masyarakat yang inklusif melalui penyediaan layanan langsung kepada anak berkebutuhan khusus, penyandang disabilitas, dan masyarakat.

Layanan utama YWII meliputi layanan konseling profesional, layanan asesmen dan evaluasi Psikologi bagi anak berkebutuhan khusus, pengembangan Program Pembelajaran Individual, layanan pendukung pendidikan anak berkebutuhan khusus, serta berbagai jenis pelatihan bagi pendidik, sekolah, orang tua, dan masyarakat.

Hari Pendidikan Tahun 2021 dan Pengajaran Prokes Pada Anak- Anak Berkebutuhan Khusus

Seperti yang disampaikan oleh Tolhas Damanik, Direktur Eksekutif YWII pada acara ini jika kami telah menyelanggarakan PTM beberapa bulan lalu. Meski sebelumnya, kami telah mengajarkan anak- anak yang memiliki kebutuhan khusus ini untuk menerapkan dan menjalani protokol kesehatan di rumah dengan didampingi orang tua masing- masing.

[Baca Juga: Rumpin Efata, Wadah Seni Anak Berkebutuhan Khusus di Semarang]

Dalam memperingati hari pendidikan tahun ini, YWII yang memiliki prinsip pendidikan inklusif sebagai bentuk penghargaan pada tingkat keragaman siswa, menyampaikan pesan untuk semua pihak jika pengajaran protokol kesehatan merupakan keniscayaan bagi anak- anak, bahkan untuk anak berkebutuhan khusus sebagai bagian dari pembelajaran dan pendidikan untuk beradaptasi pada masa pandemi.

Jika dalam pendidikan inklusif, pembelajaran protokol kesehatan tercermin dalam kurikulum area binadiri, yang mencakup segala kegiatan yang berhubungan dengan kemampuan hidup sehari- hari si anak, ternyata cukup dimengerti dan bisa dilaksanakan oleh anak anak berkebutuhan khusus ketika mereka PTM di lembaga kami. Mereka cukup paham dalam menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Hari Pendidikan Tahun 2021 dan Pengajaran Prokes Pada Anak- Anak Berkebutuhan Khusus

Ketika kami tanyakan bagaimana cara mengajarkan anak- anak berkebutuhan khusus di lembaga YWII dapat memahami dan menjalankan prokes dengan baik? Apalagi anak- anak ini memiliki kebutuhan khusus yang beragam, yang tentu saja memiliki pendekatan dan metode pembelajaran yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan mereka? Tolhas, biasa disapa, menerangkan kepada kami ketika kita menyampaikan rencana akan ada PTM, maka kita juga memastikan peran dan tanggung jawab masing- masing pihak untuk mengajarkan prokes kepada anak- anak. Kami memberikan materi pembelajaran adaptif lalu orang tua mendampingi anak- anak dengan mengulangi materi, menerapkan prokes di rumah, sekaligus orang tua memberikan contoh dan teladan bagi putra- putri mereka.

Jadi pengertian ini menunjukkan bahwa kegiatan- kegiatan kurikulum tidak terbatas dalam ruang kelas saja, melainkan mencakup juga kegiatan- kegiatan di luar kelas. Semua kegiatan yang memberi pengalaman belajar atau pendidikan bagi siswa pada hakekatnya adalah kurikulum.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.