PONDOK-INDAH_KAWASAN_BEGINI-SEJARAH-PENYELENGGARAAN-ASIAN-PARA-GAMES_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Berita Kawasan

Begini Sejarah Penyelenggaraan Asian Para Games

Euforia Asian Games 2018 di Jakarta, Indonesia hingga kini masih terasa. Kesuksesan perhelatan ini pun mendapatkan perhatian dan pujian dari dunia internasional. Melanjutkan tongkat estafet perhelatan Asian Games 2018, Indonesia kini menjadi tuan rumah pesta atlet difabel se-Asia, Asian Para Games 2018. Perhelatan ini digelar pada 6-13 Oktober 2018.

Asian Para Games 2018 di Jakarta diikuti sekira 2.800 atlet dari 42 negara Asia anggota Paralympic Comitte bertarung dalam 18 cabang olah raga yang dipertandingkan. Selain itu, ada juga 1.200 ofisial, dan 500 awak media baik dari dalam maupun luar negeri yang ambil bagian dalam perhelatan empat tahun sekali ini.

Pernahkah Anda tahu, sejarah terselenggaranya Asian Para Games? Dihimpun dari kompas.com dan sport.solopos.com, Sabtu (6/10/2018), awal penyelenggaraan Asian Para Games bermula dari Far East and South Pasific Games for the Disabled (FESPIC) Games yang digelar di Oita, Jepang 1975 silam. FESPIC Games merupakan multisporting event bagi atlet difabel yang digelar untuk meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas melalui olahraga. FESPIC sendiri tercatat sudah terselenggara sebanyak sembilan kali dan Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada 1986.

Namun pada 2006, FESPIC Games dan FESPIC Commite dihapuskan. Kemudian Asian Paralympic Committee mengambil alih tanggung jawab sebagai wadah organisasi menyelenggarakan Asian Para Games pada 2010 di Guangzhou, Tiongkok.

Dari situ, Asian Para Games mulai disepakati menjadi ajang mutltisport empat tahun sekali yang dikemas jadi satu paket dengan penyelanggaraan Asian Games di suatu Negara. Tahun 2014, Asian Para Games digelar di Incheon, Korea Selatan. Saat ini (2018), digelar di Jakarta, Indonesia yang tercatat menjadi perhelatan Asian Para Games ketiga kalinya.

Sementara pada Asian Games 2018 lalu terkenal dengan maskot Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka. Untuk Asian Para Games 2018, maskot yang diangkat adalah elang bondol yang diberi nama Momo. Maskot ini dipilih mempresentasikan serta mewakili motivasi dan mobiltas. Diharapkan Asian Para Games 2018 dapat mempromosikan keseteraan dalam kehidupan bersosial dan kesuksesan atlet diharapkan pula menjadi inspirasi bagi orang lain.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  6 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  5 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  5 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  5 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.