Begini Skenario Pelaksanaan Listrik Gratis dari Pemerintah

Bisnis

Begini Skenario Pelaksanaan Listrik Gratis dari Pemerintah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuat kebijakan baru akibat wabah COVID-19 yang angkanya makin meningkat. Belum lama ini, Jokowi mengumumkan salah satu langkah untuk menangani dampak yang ditimbulkan dari virus SARS-COV-2 ini, yaitu dengan membebaskan kewajiban pembayaran tarif listrik selama tiga bulan.

Kebijakan ini tentu disambut baik oleh masyarakat, mengingat pemerintah memberikan imbauan untuk tetap berada di rumah hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Namun tak semua masyarakat bisa mendapatkan manfaat ini, hanya pelanggan dengan listrik di golongan 450 VA dan 900 VA yang bisa menerima manfaat.

Begini Skenario Pelaksanaan Listrik Gratis dari Pemerintah

Pembebasan tarif listrik ini akan berlaku mulai dari April, Mei, hingga Juni 2020. Sedangkan untuk pelanggan dengan listrik golongan 900 VA akan diberikan diskon tarif sebesar 50 persen dengan masa berlaku yang sama.

Merangkum dari akun resmi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) (2/4/2020) penerima manfaat bisa dinikmati oleh pengguna token (prabayar) dan regular (pascabayar). Kemudian, bagaimana cara penerimaan listrik gratis atau pun diskon berdasarkan kebijakan Jokowi ini?

[Baca Juga: Garda Depan Lawan COVID-19, Tim Medis Masih Butuh Banyak Bantuan]

1) Golongan 450 VA

Jika pengguna menggunakan token, setiap bulannya akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir. Mengutip dari kompas.com, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementrian ESDM Rida Mulyana menyebutkan, untuk pengguna reguler (pascabayar) berapa pun pemakaianya akan digratiskan atau tidak bayar sama sekali.

2) Golongan 900 VA

Pelanggan yang menggunakan token (prabayar) akan diberikan token gratis sebesar 50 persen dari pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir. Sedangkan pelanggan regular (pascabayar) akan ditagihkan 50 persen dari biaya pemakaian.

[Baca Juga: Pemerintah Tetapkan PSBB, Ini Bansos Bagi Warga Terdampak Covid-19]

3) Cara Mendapatkan Listrik Gratis atau Diskon

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau bisa juga akses melalui website pln.co.id, kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus COVID-19. Lalu, masukan ID pelanggan atau nomer meteran, nantinya token gratis akan muncul di layar dan bisa digunakan.

Keringanan ini diberikan untuk sekitar 24 juta pelanggan dengan daya 450 VA dan diskon 50 persen bagi 7 juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emmaandita 2 years, 8 months lalu
    EmmaAndita

    Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di situsjadul.com dengan TCoin ! Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎