Begini Tata Cara Dapatkan Surat Izin Bepergian Saat PSBB Kota Bekasi

Berita Kawasan

Begini Tata Cara Dapatkan Surat Izin Bepergian Saat PSBB Kota Bekasi

Jabodetabek masih menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga sekarang sebagai upaya menurunkan tingkat penularan COVID-19. Ketika PSBB masih berlangsung, masyarakat diimbau untuk tidak bepergian keluar kota jika tidak ada kebutuhan yang sangat penting. Namun untuk sebagian orang yang harus keluar kota karena ada keperluan mendesak mungkin akan kesulitan karena tak akan diizinkan bepergian kecuali memiliki izin resmi dari pemerintah terkait.

Maka dari itu, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Perhubungan mengeluarkan aturan tata cara pemberian izin bepergian bagi warga masyarakat dalam kondisi darurat saat terjadinya pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Bekasi Perpanjang PSBB Hingga 14 Hari ke Depan]

Dilansir dari kotabekasi.go.id (18/5/2020) warga atau pemohon dapat mengajukan surat pengantar kepada kelurahan setempat guna keperluan izin bepergian dikarenakan alasan darurat, seperti adanya musibah seperti keluarga meninggal atau sakit keras tetapi bukan karena terinfeksi virus COVID-19 dan hal lainnya yang bersifat darurat.

Begini Tata Cara Dapatkan Surat Izin Bepergian Saat PSBB Kota Bekasi

Untuk mendapatkan izin tersebut Anda bisa melakukan hal berikut ini:

  1. Pengurus RT/RW memberikan surat pengantar kepada warga yang membutuhkan surat keterangan dari Kelurahan guna keperluan izin bepergian karena alasan yang bersifat darurat
  2. Lurah akan menandatangani surat pengantar dengan catatan apabila persyaratan lengkap dan keperluan dianggap darurat namun apabila persyaratan tidak lengkap maka akan dikembalikan dan tidak ditandatangani
  3. Petugas Dinas Kesehatan akan melakukan pengujian rapid test untuk memastikan kondisi pemohon dan selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan akan memberikan surat keterangan terkait dengan hasil rapid test tersebut
  4. Kepala Dinas Perhubungan mewakili Tim Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19 Kota Bekasi akan menandatangani surat izin bepergian yang diajukan pemohon jika persyaratan lengkap seperti surat pengantar RT/RW, surat pengantar kelurahan, surat keterangan hasil rapid test negatif dari Dinas Kesehatan dan jika alasan bepergian bersifat darurat dengan disertai bukti maka akan diterima dan ditandatangani.

Itulah beberapa syarat yang harus Anda lakukan sebelum bepergian ke luar kota. Pemkot Bekasi berharap dengan adanya tata cara pemberian izin bepergian ini, warga dapat memahami dan menaati setiap peraturan yang dibuat.

Surat ini juga hanya diperuntukkan untuk kondisi darurat yang dilengkapi dengan bukti, bukan untuk mudik dan lain sebagainya. Dengan adanya surat ini tentu pemerintah lebih mudah melacak siapa saja yang keluar dan masuk. Dengan tata cara ini juga diharapkan, pemerintah mampu menekan angka pergerakan warga masyarakat dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar yang masih berlanjut hingga tanggal 26 Mei 2020 mendatang.

[Baca Juga: PSBB: Pemkab Bekasi Bagikan Masker dan Sweeping Pemancingan]


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 8 months lalu
    anisa

    Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slots online aja. Bisa cari atau search di google QQHARIAN. Yang dimana menyediakan Berbagai Hadiah yg Wow guys. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHARIAN serta ambil bonusnya sekarang juga.

  • Rine 2 years, 8 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>