Begini Trik Supir Ojol Akali COVID-19 Ketika Terima Pesanan Kuliner

Kuliner

Begini Trik Sopir Ojol Akali COVID-19 Ketika Terima Pesanan Kuliner

Jumlah pasien positif COVID-19 di DKI Jakarta bertambah hingga menjadi 720 orang per Senin (30/3/2020) sore. Angka ini menunjukkan tambahan 19 kasus positif baru dibandingkan data per Minggu (29/3/2020) sore, yakni 701 pasien positif COVID-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menetapkan pandemi COVID-19 sebagai situasi tanggap darurat. Langkah ini membuat mayoritas perusahaan di Jakarta mulai menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH), sejak 16 Maret 2020. Belakangan pemerintah memutuskan memperpanjang, terhitung dari 23 Maret hingga 5 April 2020.

Ditengah kebijakan yang mengatur warga untuk berkegiatan di rumah, tidak semua bidang pekerjaan dapat mematuhi anjuran WFH. Seperti yang dialami para pengemudi ojek online alias ojol, yang senantiasa mengedepankan prinsip physical distancing saat sedang ngojek.

Begini Trik Sopir Ojol Akali COVID-19 Ketika Terima Pesanan Kuliner

Layanan antar makanan, jadi yang sering ditangani para pengemudi ojol di saat kebijakan WFH diberlakukan. Berbekal desinfektan, sarung tangan, masker dan tas pengantaran yang dijaga kebersihannya, mereka terus melaju mengantarkan pesanan demi pesanan.

Salah satu pengemudi ojol, Yasa Sepriana menuturkan dirinya tetap menjalani aktivitasnya seperti biasa. Dia mengaku tak takut turun ke jalan untuk terus bisa memberikan pelayanan antar makanan ke masyarakat, meskipun harus berhadapan dengan pandemi COVID-19.

[Baca Juga: 5 Langkah Grab Jamin Makanan Tidak Terkontaminasi Virus Corona]

Pria yang pada tahun 2017 memutuskan berhenti bekerja di salah satu perusahaan di Jakarta, lalu beralih ke ranah ojol ini memastikan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya untuk bisa terus beraktivitas. “Saya masih mengantarkan makanan setiap hari karena saya tahu banyak masyarakat yang membutuhkan makanan untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Selain itu, saya juga masih memiliki tanggung jawab untuk menghidupi anak dan istri saya di rumah,” ujar Yasa.

Dalam menjalankan tugas mulianya, Yasa selalu mengikuti arahan seperti mencuci tangannya setelah mengantarkan pesanan, memakai masker, dan membawa hand sanitizer ke manapun ia pergi terutama saat ia akan memberikan pesanan ke pelanggan. “Bagi saya mengantarkan makanan dengan aman dan bersih adalah prioritas utama, dan cara untuk melawan pandemi ini harus dimulai dari diri saya sendiri.” tambahnya.

Hal senada juga diutarakan supir ojol lainnya, Andri Setyo Cahyono. Di tengah terpaan penyebaran virus SARS-CoV-2 ini dan tanggung jawab melayani masyarakat, pria berusia 33 tahun ini sadar bahwa ia harus mengubah pola kerjanya. Setiap pagi Andri mempersiapkan dirinya untuk bekerja dengan membawa hand sanitizer dan memakai masker. Di siang hari, ia akan kembali ke rumah untuk mengganti baju dan mandi sebelum melanjutkan kembali pekerjaannya.

Begini Trik Supir Ojol Akali COVID-19 Ketika Terima Pesanan Kuliner

Hal ini Andri lakukan agar ia bisa memastikan kebersihan dan kesehatannya selama ia mengantarkan makanan kepada para pelanggan. “Meskipun banyak tantangan dan risiko yang dihadapi pada masa sulit ini, saya tetap senang melakukan pengantaran makanan ke pelanggan supaya mereka bisa tetap di rumah dan aman,” jelas Andri.

Supir ojol yang sebelumnya bekerja di sebuah rumah sakit ini juga menceritakan bahwa dirinya pernah mendapatkan makanan gratis dari pelanggan bahkan sampai diberikan tip yang cukup besar dari pelanggan. Melihat hal tersebut Andri percaya bahwa selalu ada makna di balik sebuah peristiwa. “Saya percaya, selama niat saya untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya dan semangat saya untuk menafkahi keluarga tetap tinggi, saya yakin dapat melewati pandemi ini. Saya juga senang bisa membantu restoran dan warung terus berjualan,” tutupnya.

[Baca Juga: GoFood dan Mamimumemo 2 Untungkan Konsumen Serta Mitra Kerja]

Demikian juga yang dialami oleh Miko Hidayat. Dalam bertugas, Miko memiliki prinsip bahwa pekerjaan pesan-antar makanan adalah tugas yang penting karena itu Miko selalu disiplin dalam menjaga kebersihannya terutama di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Contohnya, ia selalu memastikan untuk mengenakan pakaian dan kaus kaki bersih, menggunakan sarung tangan dan masker serta membawa hand sanitizer ke manapun ia pergi. Mantan petugas keamanan ini juga memiliki inisiatif untuk selalu membersihkan bungkus makanan sebelum ia berikan kepada pelanggan dengan menyemprotkan desinfektan. Baginya memastikan kebersihan makanan yang ia antar dan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama dan ia percaya bahwa pelanggan adalah pembawa rezeki baginya dan keluarga. Oleh karena itu, Miko mendedikasikan dirinya untuk selalu menyelesaikan pesanan walaupun dalam kondisi pandemi seperti saat ini.

Urai Kemacetan di Ramayana Depok, Shelter Khusus Ojol Didirikan

Menurutnya para supir ojol dalam bertugas diminta untuk tetap selalu mengimbau para pelanggan mereka untuk tetap menjaga jarak fisik, membatasi kontak antara pelanggan dan mitra pengantaran guna membantu mencegah penyebaran virus COVID-19 lebih lanjut.

Grab perusahaan aplikasi transportasi yang dikenal sebagai yang pertama bergelar decacorn, mengaku sangat mengapresiasi segala langkah antisipasi yang diambil mitra pengemudinya dalam menjalankan rutinitas.

Pihak perusahaan juga telah mempersiapkan bantuan keuangan dan medis untuk para mitra pengemudi Grab. Bantuan ini diberikan jika diantara mereka diharuskan melakukan karantina yang dimandatkan oleh otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19.

[Baca Juga: Gojek Berikan Bantuan Dana untuk Mitra Hadapai Pandemi Covid-19]

“Kami sangat berterima kasih kepada para mitra pengemudi yang terus memberikan pelayanan prima demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia pada masa yang penuh tantangan ini. Masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir untuk memesan makanan, karena kami telah memastikan keamanan dan kebersihan hidangan melalui berbagai inisiatif terkait standar keamanan terpadu untuk layanan pesan-antar makanan yang bekerja sama dengan para mitra merchant. Mari bahu-membahu untuk melawan pandemi COVID-19 ini. Selalu jaga kesehatan dan keamanan bersama!” tutur Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, dalam pernyataan resminya yang diterima PingPoint (30/3/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.