Begini Usul Pembangunan Kebun Raya di Sekitar Danau Toba dari LIPI

Berita Kawasan

Begini Usul Pembangunan Kebun Raya di Sekitar Danau Toba dari LIPI

Pemerintah telah menetapkan lima Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) dengan status super prioritas. Kelima destinasi tersebut yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Lombok dan Manado-Belitung-Likupang. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengusulkan agar dibangun Kebun Raya di sekitar Danau Toba.

“Pembangunan Kebun Raya ini akan menjamin kondisi lingkungan dan ekonomi masyarakat di sekitar Danau Toba karena sepanjang sepengetahuan saya perekonomian Danau Toba berbasis pada pariwisata,” ungkap Kepala LIPI Laksana Tri Handoko di webinar Strategi Pengelolaan Technopark Samosir untuk Meningkatkan Ekonomi Lokal di Masa Pandemi pada Selasa, 28 Juli 2020.

toba-unesco-2.jpg

Handoko menambahkan, di tengah pandemi COVID-19, daerah memiliki peluang ekonomi yang besar mengingat memiliki keanekaragaman hayati lokal yang khas yang bisa dikembangkan sebagai obat herbal. “LIPI memiliki perangkat, fasilitas dan SDM yang mampu mendukung potensi lokal tersebut,” ujar Handoko seperti diberitakan lipi.go.id (1/8/2020).

Bupati Kabupaten Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, saat ini Kabupaten Samosir dan LIPI telah membangun kerjasama dalam pembangunan Kebun Raya Samosir dan Arboretum Aek Natonang yang kerja samanya ditandatangani pada tahun 2010. “Dalam kondisi pandemi ini, yang sangat terdampak yaitu sektor pariwisata berupa kunjungan wisatawan,“ ungkapnya.

[Baca Juga: Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark]

Sebagai informasi, hingga tahun 2019, terdapat 43 Kebun Raya di Indoensia, lima kebun raya dikelola oleh LIPI yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Eka Karya Bali dan Kebun Raya Cibinong. Sementara dua kebun raya dikelola oleh Perguruan Tinggi dan 36 kebun raya lainnya dikelola pemerintah daerah.

Sebelumnya diberitakan, Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO Global Geopark. Kaldera Toba ini ditetapkan sebagai Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis, 2 Juli 2020.

Kaldera Toba berhasil masuk daftar UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh UNESCO Global Geoparks Council pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geoparks ke-IV di Lombok, Indonesia, pada 31 Agustus-2 September 2019.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 2 months lalu
    anisa

    QQHarian Merupakan Situs Game online QQ Slot Terbaru 2020 Terbaik,Terpercaya & Terlengkap Di Indonesia Yang Di dukung berbagai PROVIDER TERNAMA DI DUNIA. Tersedia Berbagai PROMO TERBESAR, Salah Satunya Promo BONUS KEKALAHAN DI GANTI 100% FULL ( Bonus Welcome Cashback 100% ) TANPA SYARAT TO / TURNOVER. Info Lebih Lanjut bisa lsg Hub. CS kami dengan meng - <a href="https://qqharian.org/" title="QQ Slot Terbaru 2020" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>

  • Hanna56 2 years, 2 months lalu
    hanna56

    Jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 dan jangan lupa join now yach… bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan