Bekali Muridnya Kewirausahaan, SDN Sukasari 5 Kota Tangerang Gelar Kegiatan In i.jpg

Pendidikan

Bekali Muridnya Kewirausahaan, SDN Sukasari 5 Kota Tangerang Gelar Kegiatan Ini

Bila berbicara mengenai Merdeka Belajar, program ini didorong Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk memberikan kebebasan berinovasi serta belajar dengan mandiri serta kreatif, sehingga tak hanya berpatok pada metode pembelajaran konvesional di sekolah. Salah satu sekolah yang menunjukkan realisasi dari program Merdeka Belajar adalah SDN Sukasari 5 Kota Tangerang melalui kegiatan yang digelar pada akhir pekan kemarin. Di mana kegiatan ini digelar dalam rangka memberikan bekal serta pengalaman bagi para pelajar sekolah dasar di dunia kewirausahaan.

Kegiatan bernama Market Day bertajuk Mengenai Makna, Karakter dan Peran Wirausaha dalam Kehidupan Manusia itu digelar pada 11 Juni 2022 yang bertempat di SDN yang beralamat di Jalan Mochammad Yamin Nomor 20, Babakan, Kecamatan Tangerang. Menurut pihak sekolah, ada dua kelas yang mengikuti acara ini yang menjadi bagian dari langkah dukungan terhadap Sekolah Penggerak Merdeka Belajar.

Bekali Muridnya Kewirausahaan, SDN Sukasari 5 Kota Tangerang Gelar Kegiatan Ini.jpg

“Acara Market Day ini dilaksanakan oleh murid-murid kelas satu dan empat, sebagai angkatan pertama yang melaksanakan Kurikulum Penggerak. Tapi, didukung juga oleh murid kelas dua dan tiga,” tutur Kepala Sekolah SDN Sukasari 5 Kota Tangerang Supardi, sebagaimana dikutip dari Tangerangkota.go.id (11/6/2022).

Selama digelarnya Market Day, para siswa dan siswi SDN Sukasari 5 Kota Tangerang terlihat menjajakan berbagai produk UMKM bagi para tamu yang datang serta murid lainnya. Bahkan tak hanya sekadar berjualan semata, menurut salah seorang wali murid, bekal kewirausahaan yang diterima para pelajar disebut dari mulai bagaimana proses produksi barang sampai berjualan. Bahkan cara menghitung omzet demi mendapatkan keuntungan juga turut diajarkan kepada para pelajar.

[Baca Juga: Berkat Pandemi, Pengusaha Jahe Merah Kemasan Tangerang Ini Raih Cuan]

Sekretaris Dinas pendidikan Kota Tangerang M. Arfan turut hadir dalam kegiatan kewirausahaan ini dan ia sangat antusias melihat siswa-siswi SDN Sukasari mendalami dunia entrepreneur. “Dinas Pendidikan sangat mendukung dengan adanya acara Market Day ini untuk SDN Sukasari 5. Saya juga berharap sekolah lain bisa melaksanakan acara seperti ini. Selanjutnya saya juga sudah membicarakannya kepada korwil untuk langsung merealisasikannya,” ujarnya.

Dari sisi orangtua serta wali sampai para pelajar juga menyambut kegiatan ini dengan positif. Seperti yang diungkapkan Alzham dan Radicta yang duduk di bangku kelas empay SDN Sukasari 5 yang merasa senang dengan penyelenggaraan Market Day dan bisa belajar bagaimana menjadi wirausaha.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.