Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat

Berita Kawasan

Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat

Walaupun Presiden Joko Widodo dan Kementerian Kesehatan telah mengimbau agar masyarakat melakukan aktivitas di rumah selama dua minggu ke depan termasuk belajar, ibadah, dan bekerja. Masih banyak kantor yang belum memberlakukan sistem bekerja dari rumah, sehingga banyak karyawan yang harus berangkat kerja setiap harinya.

Menurut Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, 60 persen warga Bekasi beraktivitas di Jakarta. dengan mobilitas yang tinggi, tentunya dikhawatirkan orang-orang yang memiliki aktivitas di Jakarta berpotensi terinfeksi wabah COVID-19. Apalagi per tanggal 20 Maret 2020, jumlah pasien positif COVID-19 di DKI Jakarta sudah mencapai 369 kasus seperti dikutip dari corona.jakarta.go.id. Sementara di Bekasi ada enam kasus positif dengan dua kematian.

Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat

Maka dari itu, Pemerintah Kota Bekasi mengaku siap untuk mengantisipasi jika penyebaran virus Corona jenis baru yang dinamakan SARS-CoV-2 di Jakarta terus meningkat. Pemkot Bekasi berencana akan membatasi aktivitas warganya di Jakarta, bahkan Rahmat Effendi yang akrab dipanggil Pepen ini mengaku siap untuk melakukan lockdown agar COVID-19 tak makin berkembang di Kota Patriot.

“Kami akan membatasi warga Bekasi yang punya intensitas tinggi di Jakarta dan berisiko tinggi terpapar wabah COVID-19,” ujar Pepen seperti dikutip dari kompas.com. Sedangkan Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiyah menyebutkan, Pemkot Bekasi bisa saja mengambil opsi lockdown jika jumlah terus meningkat.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Frekuensi Pembersihan Bus Transjakarta Ditambah]

Walaupun begitu, opsi ini masih dikaji, karena tentunya akan ada dampak positif maupun negatif yang dihasilkan dari keputusan tersebut. Menurut Sajekti, lockdown merupakan salah satu opsi yang penting untuk dapat menekan angka penyebaran COVID-19 di Kota Bekasi. Namun jika opsi ini dipilih, Pemkot harus memastikan persediaan bahan pangan untuk warga masih cukup.

Pepen mengatakan, pandemi COVID-19 di Jakarta belum ada peningkatan yang signifikan. Sehingga belum diperlukan pembatasan aktivitas. “Saya melarang untuk melakukan aktivitas ke dan di Jakarta saat populerasinya meningkat, tapi dua hari ini saya lihat (jumlahnya) masih stuck,” sebut Pepen.

Sejauh ini Pemkot masih melakukan pemantauan penyebaran COVID-19, khususnya di daerah perbatasan Kota Bekasi. untuk mengantisipasi, Pemkot pun telah mengecek kesiapan RSUD Kota Bekasi sebagai rumah sakit rujukan pasien positif COVID-19 di Kota Bekasi.

[Baca Juga: Waspada COVID-19, Jakarta Barat Pertimbangkan Pengadaan Area Isolasi]

Pepen memastikan RSUD Chasbullah, RS Mitra Barat, RS Global siap menghadapi virus corona, karena telah menyiapkan ruang isolasi, hand sanitizer di tiap lorong ruangan, serta Alat Pelindung Diri (APD) bagi dokter dan paramedik yang nantinya memeriksa pasien COVID-19.

“Kami sudah lihat dari atas sampai bawah, semuanya sudah sangat bagus. Disetiap lorong itu saya lihat juga sudah ada hand sanitizer atau sabun pencuci tangan, untuk memastikan, orang-orang yang masuk ini bebas dari virus atau bakteri. Sarana prasarana lainnya juga sudah memenuhi,” jelas Rahmat berdasarkan rilis yang diterima PingPoint.co.id dari Humas Kota Bekasi (20/3/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 6 months lalu
    rine

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    Bola165 ,org game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...