Pemkot Bekasi Akan Terima Kapal Pembersih Sungai Berteknologi Canggih

Berita Kawasan

Bekasi Akan Terima Kapal Pembersih Sungai Berteknologi Canggih

Dalam mengatasi masalah sampah, Pemerintah Kota Bekasi berusaha menanganinya dengan serius. Hal tersebut membuat sebuah organisasi lingkungan bernama One Earth One Ocean dan GreenCycle sangat terkesan dengan keseriusan Pemkot Bekasi mengatasi sampah.

Keseriusan pihak Pemkot Bekasi ditunjukkan dengan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto yang ikut terjun langsung menemani, melakukan survei bersama organisasi One Earth One Ocean dan GreenCycle ke lokasi-lokasi yang banyak menimbun sampah di sepanjang Kali Bekasi. Bagi pihak organisasi tersebut, itu menjadi bukti keseriusan pemimpin Kota Bekasi melakukan pembenahan untuk wilayah dan masyarakatnya.

[Baca Juga: Kota Depok Siap Menyeleksi Usulan Pelestarian Sungai Ciliwung]

Survei One Earth One Ocean dan GreenCycle di Kali Bekasi bersama Wakil Wali Kota Bekasi merupakan proses penjajakan kerjasama yang sedang mereka lakukan untuk memberikan bantuan kapal pembersih sungai dari sampah. Untuk diketahui, One Earth One Ocean merupakan pihak yang mempunyai teknologi kapal pembersih sungai dari sampah, sementara GreenCycle dari Schwarz Group merupakan pihak yang mendanai One Earth One Ocean sebagaimana dilansir bekasikota.go.id (21/5/2019).

Selain itu, kerjasama ini juga melibatkan Waste4Change sebagai mitra lokal yang membantu Pemkot Bekasi akan teknis bantuan tersebut. Waste4change sendiri adalah sebuah kewirausahaan sosial yang memberikan solusi terhadap permasalahan sampah, dengan prinsip perubahan perilaku dan pengelolaan yang bertanggung jawab dengan misi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang bertanggung jawab atas sampahnya.

Dengan dukungan dari organisasi peduli lingkungan, Tri Adhianto menaruh harapan dari jalinan kerjasamanya dapat membantu Kota Bekasi untuk mengatasi masalah sampah yang ada di Kali Bekasi agar menjadi lebih efisien dengan menggunakan teknologi kapal pembersih sungai yang diberikan organisasi One Earth One Ocean dan Greencycle.

[Baca Juga: Warga Kembali Mancing Ikan di Sungai Ciliwung]

"Mudah-mudahan masalah sampah yang ada di Kali Bekasi nantinya bisa teratasi dengan menggunakan teknologi mutakhir (canggih) berupa kapal pembersih sungai dari sampah yang diberikan oleh organisasi One Earth One Ocean dan Greencycle ke Bekasi. Minimal teknologi tersebut bisa mengurangi volume sampah yang ada di Kali Bekasi ini, jadi ketika hujan lebat maupun air kiriman dari Bogor tiba di Kali Bekasi, bencana banjir dapat sedikit demi sedikit teratasi," harapnya.

Organisasi One Earth One Ocean telah menjadi mitra resmi kampanye Lingkungan #CleanSeas PBB. Di luncurkannya #CleanSeas pada Februari 2017 ini, juga melibatkan pemerintah, masyarakat umum, masyarakat sipil, dan sektor swasta dalam perjuangan terhadap sampah plastik.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.