Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Setiap tanggal 10 Desember, di banyak negara termasuk Indonesia rutin memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM). Peringatan ini diadakan dalam rangka mengupayakan dan mendorong kemajuan dan pemenuhan HAM untuk semua masyarakat. Di Indonesia, peringatan Hari HAM ke-71 ini dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan ini dihadiri Menteri Koordinator Polhukam Mahfud MD, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta para Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang terpilih mendapat penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM serta Kepala Unit Pelaksana Teknis yang menerima penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM di Kemenkumham.

Pada kegiatan tersebut, terkumpul 425 Kabupaten/Kota dari 514 Kabupaten/Kota yang telah berpartisipasi dan menyampaikan data capaian di bidang pemenuhan Hak Asasi Manusia. Kemudian, 272 Kabupaten/Kota berhasil dinilai memenuhi kategori Peduli HAM dan 96 Kabupaten/Kota dikategorikan Cukup Peduli HAM.

[Baca Juga: Bekaraf Gelar Sosialisai Pendirian Badan Hukum]

Penilaian yang cukup ketat dan sulit ini diakibatkan karena adanya perubahan kriteria dan indikator di dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM. Kemudian ada pula penggunaan aplikasi yang lebih terintegrasi dan penilaian eksternal Kementerian Hukum dan HAM.

Kota Bekasi berhasil meraih kembali penghargaan Kota Layak Hak Asasi Manusia layaknya pada tahun 2018 lalu. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengungkapkan, Kota Bekasi adalah Kota yang Heterogen dan multietnik, tidak ada perbedaan dari suku, ras, budaya dan agama, semua menyatu dalam rasa toleransi tinggi.

Melansir dari bekasikota.go.id (11/12/2019) tema Hari HAM tahun ini adalah Pelayanan Publik yang Berkeadilan. Pemerintah juga memberikan penghargaan kepada pelayanan publik berbasis HAM dari 612 Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kementerian Hukum dan HAM. Total 74 UPT yang mendapat penghargaan terdiri dari Imigrasi 18 UPT, Ditjen Pemasyarakatan 56 UPT.

[Baca Juga: Bogor Terima Penghargaan dari Kementrian Hukum dan HAM]

Penghargaan tersebut sesuai dengan penilaian dari Permenkumham Nomor 27 tahun 2018 dengan menilai Aksesibilitas dan ketersediaan fasilitas, Ketersediaan Petugas yang siaga Kepatuhan Pejabat, Pegawai, dan Pelaksana terhadap Standar Pelayanan, serta melakukan penilaian IKM, IPK serta E-Lapor.

Nantinya juga akan dilaksanakan penyusunan kebijakan pelayanan publik berbasis HAM di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM sebagai upaya peningkatan akuntabilitas kinerja dalam melayani hak dan kebutuhan masyarakat di bidang hukum dan HAM.

Selain membagikan penghargaan, ada pula kegiatan lainnya seperti seminar, pameran pariwisata, pameran pelayanan publik, fun walk dan pameran, serta lomba cerdas cermat.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 12 months lalu
    Natasya88

    Halo guys Bagi yang ingin bermain game serta dapat penghasilan tambahan dengan bermodal min deposit 20K. Modal Pertama kurang beruntung? kami ganti dgn BONUS WELCOME CASHBACK 100% tanpa syarat Turnover Dan dapatkan bnyak pilihan bonus dari kami, dalam satu account bisa bermain banyak game hanya di dupa88,net proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Pelayanan tercepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973465121 | Kode Referal : Kelly88