Bekasi 4.jpg

Berita Kawasan

Bekasi, Kota Dengan Pelayanan Publik Terbaik

Pelayanan publik atau layanan masyarakat di Kota Bekasi semakin hari semakin tertib, teratur, simple, dan mudah. Hadirnya MPP (Mal Pelayanan Publik) Kota Bekasi membuat masyarakat tak lagi pusing jika harus berurusan dengan birokrasi yang berblit-belit. Masyarakat pun tidak was-was dengan harga mengejutkan, dan yang pasti terhindar dari calo dan pungli. Untuk mengakses secara online pun sangat mudah, warga hanya tinggal mengunjungi laman mpp.bekasikota.go.id, lalu pilih layanan yang diinginkan.

Bekasi 3.jpg

Berkat hal tersebut, persis satu hari sebelum hari ulang tahun Kota Bekasi ke 24, Selasa 9 Maret 2021 Rahmat Effendi menghadiri acara penganugerahaan penghargaan Kota dengan penyelenggaraan pelayanan publik terbaik 2020 di Ritz Carlton Jakarta. Rahmat Effendi didampingi oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi, Lintong Dianto Putro memboyong piagam penghargaan Pelayanan Publik Terbaik. Acara tersebut diselenggarakann oleh Kementrian Penyandagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

Bukan pertama kali Kota Bekasi dinobatkan sebagi Kota dengan pelayanan publik terbaik. Tahun sebelumnya penghargaan yang sama juga disabet oleh Kota yang saat ini dipimpin oleh Bang Pepen. Untuk kesekian kalinya, Menteri PAN RB Tjahyo Kumolo secara langsung menyerahkan penghargaan tersebut pada Rahmat Effendi.

Bekasi 2.jpg

Dalam akun Instagram pribadinya @bangpepen03, Rahmat Effendi menghaturkan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan pada Kota Bekasi. “Alhamdulillah Kota Bekasi kembali mendapat penghargaan tingkat nasional. Ini adalah bentuk apresiasi atas terus meningkatnya pelayanan publik bagi masyarakat Kota Bekasi. Persembahan penghargaan ini untuk kerjasama terbaik dari semua elemen baik instansi Pemerintah, Forkopimda, dan warga masyarakat. Terima kasih atas kerjasamanya.” ungkapnya (09/03/2021).

Menjadi Kota dengan Pelayanan Publik terbaik memang benar adanya, terlihat dari beberapa komentar warga yang memberikan testimoninya melalui ulasan Google. Sebagian besar berkomentar positif.

[Baca Juga: Perkembangan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Bagi Pelayanan Publik Kota Bogor]

“Fasilitas dan pelayanannya sangat bagus karena baru renovasi, sangat rapi, bersih dan nyaman. Pelayanannya ramah serta tidak banyak antrean. Berbagai jenis pelayanan tersedia disini. Seperti perpanjang SIM, bayar pajak kendaraan bermotor, dan lain-lain.” tulis Dina Diana salah satu pemberi ulasan (06/03/21).

“Pelayanannya sangat baik, jangan lupa untuk registrasi online untuk mendapatkan nomor antrean, kurang 30 menit untuk perpanjang SIM, walaupun mal Pemkot tapi untuk layanan SIM universal, saya tinggal di Kabupaten bisa perpanjang di sini. keren.” ungkap Ramadhani Setiawan (06/03/21) pada ulasan Google.

Bekasi 1.jpg

Dan menurut informasi pada laman bekasikota.go.id, berikut ini adalah 6 instrumen yang merupakan hasil penilaian secara independen dari Kemenpan RB RI:

  1. Aspek kebijakan pelayanan
  2. Profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM)
  3. Aspek sarana prasarana pelayanan publik
  4. Aspek sistem informasi pelayanan publik
  5. Aspek konsultasi dan pengaduan
  6. Inovasi pelayanan publik

Penghargaan yang diraih Kota Bekasi justru memberikan tantangan agar bagaimana tetap memberikan pelayanan terbaik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Berkenaan saat ini COVID-19 masih menjadi momok menakutkan bagi seluruh negeri.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.