Bekerja Sama dengan GoShop, Transaksi Pasar Tradisional Naik 33 Persen .jpg

Bisnis

Bekerja Sama dengan GoShop, Transaksi Pasar Tradisional Naik 33 Persen

Untuk memaksimalkan gerakan di rumah saja di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Kota Yogyakarta menekankan transaksi di pasar tradisional untuk dilakukan secara daring. Langkah ini pun bisa dibilang berhasil, karena dalam dua bulan terakhir nilai transaksi pasar tradisional dengan layanan GoShop mengalami kenaikan yang signifikan.

Selama 16 April hingga 2 Mei 2020 transaksi naik hingga 33 persen. Angka ini didapatkan dari keseluruhan transaksi dari enam pasar tradisional di Kota Yogyakarta. Untuk mendukung transaksi daring ini, Pemkot Jogja menjalin kerja sama dengan Gojek.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwardi mengucapkan, masyarakat mulai menggunakan layanan ini di masa Pandemi COVID-19 sekaligus upaya untuk membiasakan transaksi secara daring. Meskipun transaksinya belum rata, ada pedagang yang sudah tinggi transaksinya namun ada juga yang belum maksimal.

Mengutip dari jogjakota.go.id (17/6/2020) transaksi jual beli sudah jadi kesadaran pedagang pasar tradisional. Mereka sudah mulai tersadar jika transaksi bisa dilakukan secara daring tanpa harus bertatapan muka. Menurut Heroe, semua pedagang hanya perlu membiasakan diri untuk inovasi dan kemajuan teknologi dan digital.

Apalagi, dalam fitur ini disediakan pula proses tawar menawar sehingga pedagang atau pembeli masih bisa melakukannya walaupun dilakukan secara online. Heroe menyebutkan, ia tidak ingin menghilangkan ciri khas pasar tradisional, yaitu proses tawar menawar.

“Proses tawar menawar antara penjual dengan pembeli harus tetap ada, inilah inovasi yang terus kami kembangkan sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat,” sebut Heroe.

Ke depannya, proses pembayaran di GoShop juga akan ditambah dan diinovasikan kembali, agar pembeli bisa langsung melakukan pembayaran kepada penjual. Untuk saat ini, sistem pembayarannya masih seperti GoFood, sehingga yang melakukan transaksi adalah driver dan penjual. Namun nantinya akan diubah, jadi driver hanya mengantar barang atau belanjaan saja.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganan (Disperindag) Kota Yogyakarta Yunianto menjelaskan, melaui GoShop pihaknya bisa memantau pasar mana saja yang mengalami transaksi tinggi, hari dan jam berapa biasanya transaksi dilakukan. Sehingga bisa terorganisir dengan baik.

“Jadi, setiap pasar ini bisa menjangkau sejauh tiga kilometer, tentu setiap pasar memiliki karakter yang berbeda-beda. Dari transaksi yang dilakukan bisa dilihat wilayah mana saja dan jam berapa saja transaksi dilakukan,” ujar Yunianto.

Yunianto menambahkan, ada lima komoditas tertinggi dalam transaksi GoShop, yaitu bunga tabor, daun sirih dan ikan pindang. Ia menyebutkan, komoditas tersebut yang membuat pasar tradisional menarik karena tak ada di pasar modern.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.