TEBET-BISNIS-PARA PELAKU USAHA KREATIF BISA DAPAT DUKUNGAN BEKRAF LEWAT PROGRAM SATU PINTU-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Bisnis

Bekraf Dukung Pelaku Usaha Kreatif Lewat Program Satu Pintu

Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang bergabung dengan menteri untuk membidangi urusan pariwisata. Lembaga ini dibentuk oleh Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 6 Tahun 2015. Dilansir dari laman resmi Bekraf.go.id, lembaga yang dibawahi oleh Triawan Munaf ini memiliki tugas untuk merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi di bidang desain produk, fashion, arsitektur, aplikasi, dan game developer, dan lain sebagainya.

Untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia, Bekraf menyediakan program satu pintu untuk memudahkan para pelaku usaha kreatif untuk mendapatkan bantuan. Program Satu Pintu Bekraf ini tujuannya untuk mendukung pelaku ekonomi kreatif agar usahnya lebih maju. “Misal mereka butuh dukungan fasilitas berupa riset, workshop, pemasaran, dana atau bahkan hak cipta, kami (Bekraf) bisa membantunya lewat program ini,” ujar Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Ari Julianto Gema saat ditemui Pingpoint.co.id di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan (29/11/2018).

Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Ari Julianto Gema

Untuk mendapatkan dukungan dari Bekraf lewat program Satu Pintu ini, Anda selaku usaha kreatif harus menyediakan proposal dan tujuan yang jelas. Anda bisa mengunggahnya di laman Satu Pintu Bekraf dan mengajukan email konfirmasi pengiriman proposal. Setelah itu, Anda akan mendapatkan nomor resi pengajuan dalam kurun waktu kurang lebih 48 jam.

[Baca Juga: Kuliah Bisnis Industri Kreatif di Kalbis Institute]

Proposal yang telah diajukan oleh para pelaku usaha ini akan di seleksi oleh Komite Seleksi yang terdiri dari ratusan orang yang ahli di bidangnya bukan dari pihak Bekraf. “Jadi penilaian ini benar-benar objektif ya, karena yang nilai ahli, bukan kita. Mereka yang melihat apakah proposal ini penting untuk didukung? Dan lain sebagainya,” kata Ari.

Program Satu Pintu Bekraf

Proposal yang telah berhasil melawati proses seleksi nantinya akan diseleksi kembali oleh Deputi yang sesuai dengan bidang usaha mengenai anggaran lalu akan dipublikasikan hasilnya lewat email atau pengaju bisa memeriksa sendiri status proposal yang diajukan lewat resi. Biasanya status proposal akan diumumkan pada bulan ke-3 minggu pertama setelah proposal didaftarkan.

[Baca Juga: Pameran Denim Terbesar di Asia Tenggara Wall of Fades]

Untuk mengajukan proposal, Anda hanya perlu mengisi form online dan melampirkan proposal usaha Anda. Direkomendasikan juga untuk mengajukan empat bulan sebelum pelaksanaan. Program satu pintu ini bisa Anda temui di beberapa acara yang didukung oleh Bekraf seperti Wall of Fades atau lewat website Satu Pintu Bekraf.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.