Bekraf Fasilitasi Sertifikasi Profesi Animasi Hadapi MEA

Berita Kawasan

Bekraf Fasilitasi Sertifikasi Profesi Animasi Hadapi MEA

Melalui Deputi Fasilitasn HKI dan Regulasi, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan sertifikasi profesi animasi di berbagai daerah. Setelah digelar di Purwekorto dan Serpong, Bekraf memilih Bogor menjadi tuah rumah dalam program sertfikasi profesi animasi.

Program sertifikasi profesi animasi ini dilakukan dalam rangka guna meningkatkan daya saing memasuki Mayarakat Ekonomi Asean (MEA) dan mendukung terwujudnya ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian.

[Baca Juga: Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara Juarai Kompetisi Animasi di Jepang]

Kepala Sub Direktorat Standarisasi dan Sertifikasi Bekraf Budi Triwinanta mengatakan, program ini sudah menjadi kebutuhan bagi para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk memasuki persaingan di dunia kerja, khususnya MEA. “Terlebih lagi ini sesuai dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia,” katanya di Hotel Salak The Heritage, Bogor seperti dikutip dari Bekraf.go.id (21/6/2019).

Potensi Animasi di Daerah

Selain itu, program ini juga sebagai salah satu langkah Bekraf melihat potensi ekraf daerah. Pasalnya, tidak hanya animasi, sertifikasi serupa juga diadakan untuk batik, musik, dan subsektor ekraf lainnya. “Harapannya ini menjadi pemicu para pelaku ekraf untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan kreatifitas. Nantinya, sertifikat ini akan berlaku selama tiga tahun,” katanya.

Sertifikasi ini bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Animedia. Suatu lembaga yang memiliki wewenang untuk melakukan uji kompetensi di bidang animasi. Setiap uji kompetensi ada aturan dan standar. “Dalam hal ini, pihaknya berdasar pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI),” sambung perwakilan LSP Animedia Candra.

[Baca Juga: Bekraf Berharap Pemerintah Daerah Implementasikan Ridekraf]

Dari standar ini, para peserta mengikuti serangkaian uji kompetensi dengan empat pilihan skema uji sertifikasi yaitu 3D Illustration Artist, 3D Low Poly Artis, Pembuat Ide Bentuk (Generalist), dan Motion Graphic Artis.

Tahap selanjutnya adalah penilaian tim asesor dari LSP Animedia. Hasilnya, sertifikat ini juga diakui secara global. Sebelum melakukan uji kompetensi, para peserta dibekali materi Hak Kekayaan Intelektual dari sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya.

Mereka seperti Direktur Harmonisasi Regulasi dan Standarisasi Bekraf Sabartua Tampubolon dan Ketua LSP Animedia RUri Suko Basuki. Kegiatan sertifikasi ini juga dihadiri Sekertaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Reny Handayani Tresnariati.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Ai r.jpg

Bisnis

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Air

05 October 2022, 16:09

Maybank turut mendukung upaya pemerintah dalam menumbuhkan ekonomi syariah di Indonesia dan ini dilakukan melalui salah satu unit usahanya yang bernama UUS.

Besok! Infinix Indonesia Siap Rilis Produk Flagship Terbarunya.jpg

Hobi dan Hiburan

Besok! Infinix Indonesia Siap Rilis Produk Flagship Terbarunya

05 October 2022, 14:10

Pihak Infinix Indonesia akan merilis produk di segmen premiumnya pada 6 Oktober 2022 dengan konten kreator serta para multitasker yang jadi target pasarnya.

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis.jpg

Kesehatan

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis

05 October 2022, 10:41

Bagi Anda warga Kota bandung yang sudah berkeluarga dan mempertimbangkan untuk mengikuti program KB maka bisa memanfaatkan program gratis ini.

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.


Comments


Please Login to leave a comment.