Bekraf Gandeng Pemerintah Daerah dan Asosiasi Kembangkan Ekraf

Berita Kawasan

Bekraf Gandeng Pemerintah Daerah dan Asosiasi Kembangkan Ekraf

Dalam rangka mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif (Ekraf) nasional, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan 25 pemerintah daerah (pemda) dan tiga asosiasi di Gedung Kementerian BUMN Lantai 15, Jakarta Pusat.

Sebanyak 25 pemda itu terdiri atas empat provinsi, 11 kota, dan 10 kabupaten. Sedangkan tiga asosiasi yang akan bekerja sama dengan Bekraf adalah Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), dan Asosiasi Komik Indonesia (Aksi).

Kepala Bekraf Triawan Munaf menyampaikan, pemerintah memiliki peran sebagai regulator, fasilitator, dan akselerator dalam pengembangan ekraf. Pentingnya peran pemerintah membuat Bekraf menggandeng pemda sebagai kepanjangan tangan, mengingat Bekraf belum ada perwakilan daerah.

[Baca Juga: Bekraf Dukung Pelaku Usaha Kreatif Lewat Program Satu Pintu]

Dalam menjalankan tugas, Bekraf menerapkan kolaborasi pentahelix, yakni pemerintah, akademisi, asosiasi, komunitas, dan media. Oleh sebab itu, kerja sama antara 25 pemda dan tiga asosiasi ini memiliki peran penting dalam pengembangan ekraf.

“Diharapkan dengan kerja sama ini, ekosistem ekraf nasional makin kuat sehingga sumbangan terhadap PDB meningkat dan membuka peluang kerja yang lebih besar,” katanya mengutip laman Bekraf (24/5/2019).

Saat ini Bekraf sudah bekerja sama dengan 66 pemda dan 50 asosiasi atau komunitas. Biasanya penandatangan MoU dilakukan di masing-masing daerah. Namun mengingat banyaknya permohonan kerja sama dari pemda, format penandatangan MoU diubah dan dilakukan serentak di Jakarta.

“Banyaknya permohonan MoU menunjukan tingginya komitmen pemda mengembangkan ekraf. Oleh karena itu, Bekraf sangat menyambut positif dan berupaya mengakomodir kebutuhan daerah,” ujar Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah Bekraf Endah Wahyu Sulistianti.

[Baca Juga: Bekraf Gandeng Perbankan Syariah di Modest Fashion Founders Fund]

Setelah penandatangan MoU ini, Bekraf melalui enam kedeputian akan melaksanakan kegiatan untuk mendukung pengembangan ekraf di daerah. Selain itu, pemda dan asosiasi juga bisa mengajukan permohonan kerja sama yang disampaikan melalui Bekraf Satu Pintu.

Pada akhir 2018, telah ditetapkan Peraturan Presiden Nomor 142 Tahun 2018 tantang Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Tahun 2019-2025 (Rindekraf). Bekraf berharap dengan ditetapkannya peraturan itu pemda mengimplementasikan perpres tersebut dengan menyusun Road Map dan Rencana Aksi Daerah sesuai dengan potensi ekonomi kreatif dan kebutuhan daerah masing-masing.

Diharapkan pula pemda dan stakeholder yang lain dapat mendesain program ekonomi kreatif dengan melihat perspektif pasar global. Hal ini karena pengembangan ekonomi kreatif pada akhirnya berorintasi pada pasar internasional. Selain itu, pengembangan kapasitas pelaku ekraf dapat memanfaatkan mekanisme kerja sama internasional.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.