Bekraf Warga Indonesia Jangan Hanya Jadi Konsumen Video Games

Bisnis

Bekraf: Warga Indonesia Jangan Hanya Jadi Konsumen Video Games

Di bawah Pemerintahan Presiden Joko Widodo, industri eSport serta video games dipandang lebih berkembang dan ini direalisasikan melalui dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Mengingat lembaga pemerintah ini kerap mengajak perusahaan pengembang video games lokal mengikuti berbagai event internasional demi mengenalkan produk-produk mereka. Oleh karena itulah, Bekraf menaruh harapannya agar industri video games dapat maju di Indonesia dan bukan hanya sekadar menjadi konsumennya saja.

“Karena kita sudah hyperconvergence, ya bisa dibilang aplikasi dan games bisa dikatakan menjadi platform eSport. Jadi memang pemerintah menganggap industri kreatif ini memiliki potensi yang sangat luas,” ungkap Kepala Sub Direktorat Perancangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Bekraf Menhariq Noor kepada PingPoint.co.id di sela-sela acara konferensi pers Official Partnership Supercell dengan LINE di The Pallas, SCBD, Jakarta Selatan (10/9/2019).

Bekraf Warga Indonesia Jangan Hanya Jadi Konsumen Video Games

Dukungan terhadap industri video games dari pemerintah menurut Menhariq bisa dilihat dari program di tahun ini, yakni Piala Presiden eSport 2019. “(Program) ini niatnya memang untuk menumbuhkembangkan industri games, terutama eSport di Indonesia,” ujarnya.

Selain melalui eSport dengan video games yang mayoritas berasal dari perusahaan pengembang atau developer internasional, Bekraf juga terus mendorong perusahaan-perusahaan lokal dapat melakukan hal yang serupa dengan produk mereka. “Terutama kita harapkan developer games lokal membuat games atau permainan eSport untuk bisa dikompetisikan di level nasional,” tutur Menhariq.

[Baca Juga: Rangkul Pemain Indonesia, Supercell Gelar Berbagai Event Bareng LINE]

Ia menyebut, Bekraf selama ini bermitra dengan Asosiasi Games Indonesia untuk mendukung pelaku usaha industri video games lokal bisa mengembangkan produknya. Hal ini termasuk mengajak perusahaan pengembang yang diajak ikut ajang pameran elektronik serta video games bertaraf internasional di luar negeri agar dapat mengenalkan perusahaan serta produk mereka ke audiens yang lebih luas.

“Sudah cukup banyak (perusahaan pengembang) yang dibawa, kayak kemarin di Tokyo Game Show saja kami membawa sekitar 10 developer game lokal yang telah memiliki produk yang siap bersaing di kancah internasional. Seperti Agate, Digital Happiness, dan lain-lain dengan niat kami membawa mereka ke luar negeri agar mereka bisa mendapat dukungan investor dari luar negeri serta mengekspansi games mereka di internasional,” imbuh Kepala Sub Direktorat Perancangan TIK Bekraf itu.

[Baca Juga: Ini Tips Jadi Atlet eSport Ala BOOM ID]

“Kita harapkan Indonesia tidak hanya menjadi market saja tapi juga inginnya developer-developer games lokal juga dapat mengambil porsi dalam industri kreatif. Karena di era ekonomi kreatif ini, setiap orang punya kompetensi yang sama untuk bisa menciptakan produk dan memasarkan produknya,” pungkas Menhariq.


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.