Belajar Bermain Membingkai Imaji Lewat Kelas Jurnalistik Cilik

Pendidikan

Belajar Bermain Membingkai Imaji Lewat Kelas Jurnalistik Cilik

Kawasan pesisir Cilincing, Jakarta Utara, memiliki sebuah komunitas belajar yang bertajuk Kelas Jurnalistik Cilik (KJC) yang dibuat salah satu warganya Syamsudin Ilyas yang bekerja sebagai photojournalist. Kelas Jurnalistik Cilik adalah sebuah kelas yang mewadahi anak-anak pesisir Cilincing untuk belajar mengenai ilmu-ilmu dasar jurnalistik.

Selama empat bulan, anak-anak yang tergabung di KJC belajar seluk beluk dunia peliputan berita (foto jurnalis) dan di akhir kelas anak anak melakukan pameran foto hasil dari pengembangan di kelas sebagaimana disampaikan Ilyas dalam pesan singkat kepada PingPoint.co.id (24/4/2019).

Belajar Bermain Membingkai Imaji Lewat Kelas Jurnalistik Cilik

Sekilas tentang Kelas Jurnalistik Cilik

Ilyas juga menceritakan, KJC dibentuk pada tanggal 9 Juli 2018 atas dasar kepeduliannya untuk membantu mendidik dan mempersiapkan calon jurnalis unggul dan jujur di masa depan. Selain itu, KJC juga dibentuk dengan tujuan untuk membangkitkan semangat merekam bagi anak anak pesisir.

KJC memiliki konsep Belajar Bermain Membingkai Imaji sebagai metode pembelajarannya. Metode ini diharapkan agar anak anak pesisir dapat memanfaatkan perangkat media yang digunakan untuk mendokumentasikan perubahan kampung halamannya, juga dapat menggali identitasnya di tengah pesatnya arus teknologi.

[Baca Juga: Tajamkan Pengetahuan Jurnalistik di Tempo Institute]

Program KJC ini juga dilaksakan sebagai wujud komitmen founder bersama tim pengelola KJC untuk menularkan berbagai keterampilan khususnya di bidang Foto Jurnalistik yang ditujukan bagi anak didik Sekolah Dasar (SD) dari kelas 3 hingga kelas 6.

Program latihan dasar jurnalistik ini akan memberikan anak-anak tentang pemahaman teknik dasar foto jurnalistik dan berbagai etika profesi yang diemban para perekam berita. Dari proses pembelajaran di KJC ini, anak didik diharapkan mampu melakukan pengambilan gambar dari beragam sudut pandang untuk menghasilkan karya Jujur dan berkualitas.

[Baca Juga: Membeli Perlengkapan Fotografi Bergaransi di Kemang Jakarta]

Materi workshop disusun dengan 60 persen kegiatan praktek dan 40 persen teori yang terdiri dari diskusi, pengenalan dasar 5W 1H, praktek penulisan, praktek pemotretan, pengenalan peralataan alat perekam dan penyusunan portofolio.

Kelas pembelajaran jurnalistik bagi anak-anak pesisir ini berlangsung setiap minggunya selama 16 kali pertemuan (empat bulan). Setiap bulannya akan ada tamu dari berbagai profesi, seperti fotografer, penulis, bloger, dokumenter, dan vidiografer untuk menularkan ilmunya kepada peserta didik untuk kemudian sharing diluar kelas (hunting).

Belajar Bermain Membingkai Imaji Lewat Kelas Jurnalistik Cilik

Photo Exhibition KJC & Pendaftaran Kelas Angkatan Kedua

KJC angkatan pertama sudah berjalan dan berakhir pada 26 Oktober 2018 dengan jumlah 33 anak yang lulus dari kelas yang tidak dipungut biaya apapun selama proses belajarnya. Dan KJC akan membuka pendaftaran kembali untuk kedua kalinya pada 28 April 2019 yang sekaligus bersamaan dengan digelarnya Photo Exhibition yang digelar tim KJC bersama komunitas fotografi dari seluruh penjuru tanah air.

Foto-foto yang ditampilkan dalam Photo Exhibition adalah hasil karya gabungan para fotografer dari berbagai komunitas di seluruh Indonesia yang karyanya bercerita tentang pesisir dan anak-anak. Pameran foto yang bertepatan dengan dibukanya pendaftaran KJC sebenarnya juga ditujukan untuk mengenalkan kepada anak-anak bahwa setelah belajar empat bulan di setiap hari Minggu nantinya juga akan dipamerkan sebagaimana dikatakan Ilyas.

[Baca Juga: Mendulang Rupiah di Dunia Fotografi Cosplay]

Pameran foto akan berlangsung di Tanggul Utara, Jalan Manunggal VII, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Pendaftaran KJC bagi anak-anak pesisir pada 28 April nanti juga langsung dimulai Kelas Jurnalistik Cilik II. Jadi, bagi Anda yang tertarik melihat pameran foto sekaligus melihat ketertarikan dan proses belajar anak-anak pesisir utara dalam kelas jurnalistik ini, Anda bisa datang ke Tanggul Utara mulai pukul 08.00-17.00.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.