Belajar Budaya Sunda di Kampung Budaya Sindangbarang

Pendidikan

Belajar Budaya Sunda di Kampung Budaya Sindangbarang

Bogor merupakan Kota Hujan yang memiliki berbagai macam lokasi wisata yang indah. Kota yang tak jauh dari inu kota ini memang dikenal sebagai salah satu objek wisata yang layak dikunjungi saat tak memiliki waktu libur yang panjang. Jika Anda biasanya berkunjung ke Puncak atau Taman Safari untuk berlibur dan memberikan edukasi pada buah hati, coba kunjungi salah satu Kampung Budaya Sidangbarang yang ada di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor.

Di kampung tersebut Anda dan keluarga bisa mengenal budaya Sunda di Bogor lebih dekat. Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua yang ada di Kabupaten Bogor. Menurut sejarah, pada abad ke-12, Sindangbarang merupakan sebuah Kerajaan Sunda yang jadi asal muasal kebudayaan Sunda.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Adakan Festival Warisan Budaya Tak Benda 2019]

Kampung Budaya Sindangbarang menyuguhkan pemandangan unik khas Sunda tempo dulu. Terdapat beberapa bangunan sunda tempo dulu. Sebagaimana dilansir dari bogorkab.go.id (4/9/2019) bangunan tersebut bernama Saung Talu yang menjadi tempat pementasan seni. Total bangunan serupa di Kampung Budaya Sindangbarang ada 22 buah yang sudah direkontruksi dan direvitalisasi. Bukan hanya bangunan khas Sunda saja, di kampung budaya ini juga terdapat beberapa program untuk memberikan edukasi mengenai budaya dan bahasa. Program yang dimaksud antara lain,

  • Sawengi Di Kampung Budaya

Dalam program ini para pengunjung bisa menginap di kampung budaya yang ada di paket wisata. Kegiatan ini membuat para wisatawan terasa suasana budaya Sunda, mulai dari percakapan, tata cara makan, dan lainnya.

  • Sono Ka Lembur

Dengan mengikuti program ini, Anda bisa mengenal sejarah dan budaya Sunda seperti, bangunan adat, pembuatan alat permainan tradisional, belajar alat musik tradisional, menyaksikan pentas tari, permainan tradisional, menanam padi, hingga menumbuk padi.

  • Belajar Seni Rupa dan Budaya

Dalam program ini para wisatawan bisa mengikuti kegiatan pengenalan sejarah, bangunan adat, membuat wayang dari tangkai padi, membuat keris dan terompet dari daun kelapa, permainan lembur, belajar membatik. Membuat layang-layang serta sandal khas kampung budaya.

  • Diajar Nyunda

Program ini cocok untuk Anda yang bukan orang Sunda. Pada program ini, Anda bisa merasakan pengalaman menjadi orang Sunda selama sehari. Program ini berisi pengenalan sejarah, bangunan adat, penyambutan tamu dengan alat musik angklung gubrak, demo ngabalay, nutu dan tutunggulan, pembainan lembur, menjadi barisan pembawa padi, belajar angklung dan tari jaipong dan lainnya.

[Baca Juga: Disparbud Kota Bogor Adakan Lomba Permainan Tradisional]

Pembentukan Kampung Budaya Sindangbarang dilakukan sebagai bentuk kearifan lokal oleh kepala adar dan masyarakat sunda Bogor. Kurangnya publikasi, transportasi, dan petunjuk jalan menuju Kampung Budaya Sindangbarang membuat lokasi wisata ini jarang diketahui.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.