Belajar Budaya Sunda di Kampung Budaya Sindangbarang

Pendidikan

Belajar Budaya Sunda di Kampung Budaya Sindangbarang

Bogor merupakan Kota Hujan yang memiliki berbagai macam lokasi wisata yang indah. Kota yang tak jauh dari inu kota ini memang dikenal sebagai salah satu objek wisata yang layak dikunjungi saat tak memiliki waktu libur yang panjang. Jika Anda biasanya berkunjung ke Puncak atau Taman Safari untuk berlibur dan memberikan edukasi pada buah hati, coba kunjungi salah satu Kampung Budaya Sidangbarang yang ada di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor.

Di kampung tersebut Anda dan keluarga bisa mengenal budaya Sunda di Bogor lebih dekat. Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua yang ada di Kabupaten Bogor. Menurut sejarah, pada abad ke-12, Sindangbarang merupakan sebuah Kerajaan Sunda yang jadi asal muasal kebudayaan Sunda.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Adakan Festival Warisan Budaya Tak Benda 2019]

Kampung Budaya Sindangbarang menyuguhkan pemandangan unik khas Sunda tempo dulu. Terdapat beberapa bangunan sunda tempo dulu. Sebagaimana dilansir dari bogorkab.go.id (4/9/2019) bangunan tersebut bernama Saung Talu yang menjadi tempat pementasan seni. Total bangunan serupa di Kampung Budaya Sindangbarang ada 22 buah yang sudah direkontruksi dan direvitalisasi. Bukan hanya bangunan khas Sunda saja, di kampung budaya ini juga terdapat beberapa program untuk memberikan edukasi mengenai budaya dan bahasa. Program yang dimaksud antara lain,

  • Sawengi Di Kampung Budaya

Dalam program ini para pengunjung bisa menginap di kampung budaya yang ada di paket wisata. Kegiatan ini membuat para wisatawan terasa suasana budaya Sunda, mulai dari percakapan, tata cara makan, dan lainnya.

  • Sono Ka Lembur

Dengan mengikuti program ini, Anda bisa mengenal sejarah dan budaya Sunda seperti, bangunan adat, pembuatan alat permainan tradisional, belajar alat musik tradisional, menyaksikan pentas tari, permainan tradisional, menanam padi, hingga menumbuk padi.

  • Belajar Seni Rupa dan Budaya

Dalam program ini para wisatawan bisa mengikuti kegiatan pengenalan sejarah, bangunan adat, membuat wayang dari tangkai padi, membuat keris dan terompet dari daun kelapa, permainan lembur, belajar membatik. Membuat layang-layang serta sandal khas kampung budaya.

  • Diajar Nyunda

Program ini cocok untuk Anda yang bukan orang Sunda. Pada program ini, Anda bisa merasakan pengalaman menjadi orang Sunda selama sehari. Program ini berisi pengenalan sejarah, bangunan adat, penyambutan tamu dengan alat musik angklung gubrak, demo ngabalay, nutu dan tutunggulan, pembainan lembur, menjadi barisan pembawa padi, belajar angklung dan tari jaipong dan lainnya.

[Baca Juga: Disparbud Kota Bogor Adakan Lomba Permainan Tradisional]

Pembentukan Kampung Budaya Sindangbarang dilakukan sebagai bentuk kearifan lokal oleh kepala adar dan masyarakat sunda Bogor. Kurangnya publikasi, transportasi, dan petunjuk jalan menuju Kampung Budaya Sindangbarang membuat lokasi wisata ini jarang diketahui.

Read More

Artikel Lainnya

Ada Bioskop Gratis Untuk Rakyat di Jakarta Timur

Berita Kawasan

Bioskop Rakyat di Jakarta Timur Ini Gratis untuk Hiburan Warga

25 February 2020, 21:00

Bioskop rakyat ini berkomitmen memutarkan film-film Indonesia berkualitas untuk memberikan hiburan gratis untuk warga sekitar.

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Berita Kawasan

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

25 February 2020, 20:00

Masyarakat diimbau selalu tetap waspada dan hati-hati akan dampak dari cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Banjir di Bekasi,  Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

Berita Kawasan

Banjir di Bekasi, Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

25 February 2020, 19:30

Sejak pukul 7.30 WIB Selasa pagi, pepadaman listrik terjadi di beberapa tempat di Perumnas III Bekasi Timur.

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

Kesehatan

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

25 February 2020, 19:00

Mandi pada dasarnya menyehatkan. Namun ketika mandi dalam keadaan berkeringat ternyata malah menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.