DEPOK_PENDIDIKAN_BELAJAR DAN MELESTARIKAN SENI INDONESIA DI SANGGAR AYODYA PALA_KIKI_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

Belajar dan Melestarikan Seni Indonesia di Sanggar Ayodya Pala

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak anak muda di Indonesia yang makin melupakan bahkan meninggalkan kesenian asli Indonesia. Padahal, mempelajari budaya bukanlah hal yang norak atau kampungan. Indonesia memiliki banyak budaya yang menarik, jika dihitung dari Sabang sampai Merauke mungkin Anda akan kesulitan untuk menghitungnya satu persatu. Justru sangat membanggakan jika Anda bisa menguasai kebudayaan Indonesia, salah satunya tari tradisional misalnya. Salah satu tempat kursus tari tradisional yang legendaris di Indonesia adalah Ayodya Pala. Sebuah Art Center yang berada di Dmall Depok.

Tentang Ayodya Pala

Awalnya, Ayodya Pala didirikan oleh suami isteri, Baas Cihno Sueko dan Budi Agustina pada 24 April 1981. Namun sebenarnya Ayodya Pala mulai dirintis sejak 1978. Siswanya hanya 10-20 orang dan iuran perbulannya 250 perak pada waktu itu. Namun pada tahun 1980, mulai digarap serius dan dijadikan wawasan pada tahun 1981 sebagai lembaga kesenian berbentuk yayasan yang bergerak dibidang pelestarian, pelatihan/pendidikan dan pengembangan seni budaya tradisional Indonesia.

Hingga kini Ayodya Pala memiliki 31 cabang yang aktif dan jumlah siswanya mencapai 2.500 siswa yang terdiri dari anak usia 3 tahun hingga dewasa. Ayodya Pala juga menjalin mitra dengan beberapa sekolah dan universitas melalui program ekstrakurikuler. Kiprah sanggar yang satu ini tidak bisa diragukan, pasalnya berbagai macam acara kecil hingga acara nasional, on dan off air, bahkan acara internasional pernah dijalani oleh Ayodya Pala.

Sebut saja festival Krakatau, Pekan Raya Jakarta, Cap Go Meh Jakarta, Pentas di Istana Negara, Festival Seni Budaya di Yunani, Kanada, Dubai, dan acara televisi swasta seperti Miss Indonesia 2014, Miss World 2014, HUT TVRI, Panasonic Award 1998, Mama Mia, KDI, AFI, Indonesia Mencari Bakat, dan berbagai program variety show lainnya.

Program & Pendidikan di Ayodya Pala

Pendidikan dan pelatihan seni yang disediakan Ayodya Pala terbagi dalam empat jenis, yaitu seni terpadu, seni tari tradisional, seni musik, dan seni vokal. Materi pendidikan dan pelatihan seni di kelas terpadu disediakan untuk siswa yang berumur 3 – 6 tahun, pendidikan yang akan diberikan di kelas ini meliputi materi vokal, modelling, dan tari kreasi daerah Nusantara. Kemudian ada kelas Indria yang juga bisa diikuti oleh siswa yang berumur 3 – 6 tahun, kelas ini khusus untuk mempelajari tari kreasi daerah Nusantara.

Lalu ada kelas regular tari yang diperuntukan untuk siswa berumur 7 tahun hingga dewasa. Sesuai namanya, kelas ini mempelajari tari daerah Nusantara. Kelas terakhir adalah kelas musik yang bisa diikuti oleh siswa yang berumur 5 tahun hingga dewasa. Alat yang bisa dipelajari meliputi gitar, biola, piano, dan keyboard.

Di Ayodya Pala sendiri ada tiga program khusus untuk Anda yang berminat memperdalam ilmu kesenian. Program yang pertama adalah Program pengembangan skill, siswa yang mengikuti program ini wajib mengikuti ujian untuk materi tarian, pola lantai, tata rias, dan koreografi. Program kedua adalah program AP-ONE, sebuah program magang untuk calon pelatih tari yang sudah menempuh pendidikan minimal 14 semester. Siswa yang mengikuti program ini juga harus mendapat rekomendasi dari pelatih, pimpinan cabang, ketua litbang dan pimpinan pusat. Ia juga harus bersedia ditempatkan dicabang Ayodya Pala dimana saja. Selain itu, siswa wajib mengikuti berbagai kegiatan pelatihan di luar sanggar.

Program terakhir adalah program khusus misi kesenian yang merupakan program untuk peserta yang tergabung dalam kelas AP-ONE serta minimal usianya 15 tahun. Siswa yang mengikuti program ini bisa dikirim untuk tampil di acara tingkat nasional dan internasional.

Lokasi Ayodya Pala

Untuk Anda yang berminat untuk mendaftarkan diri di Ayodya Pala, silahkan datang ke Ruko DMall Depok Blok A No. 9 Kav. 88 Depok, Jl. Margonda Raya, Kemiri Muka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423. Ayodya Pala juga ada di Margo City dan beberapa area depok lainnya. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi (021) 7751 653 atau (021) 9992 8179.

Read More

Artikel Lainnya

Berhasil Kendalikan Covid-19, Kabupaten Bogor Ditetapkan Sebagai Zona Orange.jpg

Berita Kawasan

Berhasil Kendalikan COVID-19, Kabupaten Bogor Masuk Zona Oranye

04 March 2021, 19:03

Pemprov Jawa Barat menetapkan Kabupaten Bogor ke dalam 17 Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam Zona Resiko Sedang atau oranye.

Aksi Tanggap Bencana, Toyota Serahkan Donasi Rp1,25 Miliar Untuk PMI

Bisnis

Aksi Tanggap Bencana, Toyota Serahkan Donasi Rp1,25 Miliar Untuk PMI

04 March 2021, 18:51

Dana yang diberikan kepada PMI akan dikelola untuk kebutuhan masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

RS Lapangan Beroperasi Harapan Kota Bogor yang Kritis

Kesehatan

Bagor Baru Terima 69.570 Dosis Vaksin COVID-19

04 March 2021, 18:02

Kegiatan vaksinasi massal tahap kedua di Kota Bogor yang menyasar pelayanan publik sedang berlangsung. Dari target 86.143 orang, Pemkot baru menerima 69.570 dosis vaksin COVID-19.

Mutasi Virus SARS-CoV-2 yang Lebih Menular Ditemukan di Indonesia

Kesehatan

Singgung Mutasi Baru COVID-19, Ganjar Minta Warga Jateng Tetap Tenang

04 March 2021, 17:31

Meskipun sudah mendapatkan vaksin, warga diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan karena itu sangat penting untuk mengantisipasi virus ini.


Comments


Please Login to leave a comment.