IMG_10122021_092127_(1100_x_600_piksel).jpg

Pendidikan

Belajar Kerajinan Tangan dan Berwiraswasta di LKP Ikebana Medan

Menciptakan lapangan kerja dan membantu Sumber Daya Manusia (SDM) yang kreatif menjadi salah visi Lembaga Kursus Pendidikan (LKP) Ikebana di Kota Medan. Hal itu diwujudkan melalui produksi kerajinan tangan.

Anggota LKP Ikebana merangkai bunga

LKP Ikebana didirikan oleh Lindawati pada tahun 2009 lalu. Linda sendiri sudah banyak memberikan pelatihan dan bimbingan ke peserta didik yang masih duduk di bangku sekolahan serta para ibu-ibu rumah tangga dan ibu-ibu Dharma Wanita.

"Dari pada berpangku tangan dan melamun dalam kegiatan sehari-hari bagaimana jika digantikan dengan membuat keterampilan tangan dan hasilnya bisa dijual untuk mendapatkan penghasilan," ujar Linda kepada PingPoint.co.id (10/12/2021).

Kerajinan bunga kering

Perempuan berusia 67 tahun ini mengatakan, komitmen LKP Ikebana didirikan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran dan anak-anak yang putus sekolah agar bisa terampil dengan tujuan bisa hidup lebih baik dan mandiri.

"Saat ini Ikebana sudah banyak melatih masyarakat yang putus sekolah untuk berkarya dan mandiri dengan merangkai bunga kering dan handicraft menjadi produk bernilai jual tinggi," katanya.

Dia menambahkan, beberapa pelatihan yang bisa didapatkan di LKP Ikebana antara lain kerajinan membuat bunga dari pipet jepang. Kerajinan membuat tas dari manik-manik.Merias dekorasi atau persiapan pengantin dari rangkaian bunga. Kerajinan bunga dari stocking. Membuat beberapa kerajinan handycraft kontemporer yang diminatin masyarakat saat ini (Daur ulang, flanel ,tali ,kresek ,dll). Membuat bros, kalung, gelang, dan juga arkilik lainnya.

Kerajinan tas

"Siapa pun yang mau belajar pasti bisa. Belajarnya gratis hanya bahanya saja yang dibeli, kan gampang hanya beberapa kali latihan sudah bisa berkarya dan mandiri," tandasnya.

Dia menambahkan, LKP Ikebana sendiri juga melakukan kerjasana dengan Dinas Perdagangan dan Industri (Disperindag) Sumut serta Dekranas untuk melaksanakan pameran, sekaligus memasarkan produk yang sudah dihasilkannya.

[Baca Juga: 462 Produk Kerajinan Tangan Asli Sumatera Utara Dipamerkan]

“Untuk promosi LKP Ikebana sudah banyak mengikuti berbagai pameran di Indonesia hingga ke luar negeri dan ternyata responya sangat bagus di sana, saat ini produk yang kita hasilkan lagi dipemerkan dan di pasarkan di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU). Ikebana punya stand disana. Mudah-mudahan lah bisa laku, cukup hanya produknya yang diantar sudah ada yang menjaganya," pungkasnya.

LKP Ikebana juga akan memberikan sertifikat kompeten yang akan digunakan sebagai bukti bahwa lulusan LKP berhak untuk Berwirausaha.

LKP Ikebana Medan

Nah tunggu apalagi…!!! Jika Pointers berminat. Pointers dapat datang ke kursus LKP Ikebana di Jalan Kiwi / Raya Sunggal Perumahan Taman Kasuari Indah Tahap II Blok C No. 48 Medan Dan juga dapat dihubungi melalui via telpon 081360610808 atau Whatsapp 081360610808.


Read More

LKP Ikebana Medan

Kursus pendidikan

None
None

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.