Suasana Belajar di Taman Buperta Cibubur

Pendidikan

Belajar Lalu Lintas Sejak Dini di Taman Buperta Cibubur

Sebagai pemakai jalan kita harus mengenal rambu-rambu lalu lintas, banyaknya angka kecelakaan di Indonesia yang terjadi menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di negara ini. Hal ini juga merupakan tanda bahwa masih banyak orang yang tidak mematuhi rambu lalu lintas atau ugal-ugalan saaat berkendara. Sebagai bentuk rasa peduli untuk mengajarkan anak-anak sejak dini terhadap rambu lalu lintas, Polda Metro Jaya membangun sebuah taman lalu lintas di Cibubur bernama Taman buperta. Taman ini mempunya misi penting untuk mengajarkan anak-anak agar taat di jalan raya. Bagaimana sejak dini anak-anak tersebut diajarkan untuk menaati peraturan lalu lintas, agar ke depannya bisa tertib lalu lintas dan sudi berbagi dengan sesama.

Keseruan Polisi Mengajarkan Lalu Lintas Kepada Anak-anak SD.jpg

Lokasi dari taman lalu lintas ini berada di area Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur. Untuk harga tiket masuk Bumi Perkemahan sendiri sangat terjangkau, dilansir dari jakarta-tourism.id Anda hanya membayar Rp 6.000 per orang dan ada tambahan Rp8.000 untuk pengguna mobil, dan Rp5.000 untuk motor. Sedangkan untuk masuk ke taman lalu lintas hanya cukup membayar Rp1.000 per orang sebagai penunjang biaya kebersihan.

Luas lebih dari 5 hektare, di dalam taman lalu lintas ini dibangun lintasan menyerupai jalan raya, lengkap dengan rambu lalu lintas serta lintasan kereta api mini yang mengelilingi taman. Tersedia pula area bermain sederhana yang dikeliling oleh pepohonan rimbun, tidak lupa ada fasilitas kantin yang menyediakan berbagai macam makanan serta minuman yang bisa kita beli sambil duduk di kursi yang tersedia di setiap sudut taman.

Tidak hanya belajar lalu lintas, anak-anak juga akan menikmati berbagai macam permainan. Taman yang diresmikan pada 24 April 2007 ini mempunyai banyak macam pilihan permainan, mulai dari fun car, keliling bersepeda, istana balon, bulu tangkis, bahkan bisa pula naik kereta api mini. Untuk menikmati berbagai macam permainan tersebut dipatok sebesar Rp3.000 hingga Rp10.000 per orang.

Anak-anak yang bermain di taman lalu lintas ini bisa menyewa sebuah mobil mungil yang disewa seharga Rp5.000 untuk tiap 10 menit pertama menyetir sendiri. Mengelilingi area taman, saat menyusuri jalan mereka belajar untuk menaati rambu lalu lintas, seperti lampu merah untuk berhenti, atau rambu dilarang parkir. Bagi anak-anak yang belum cukup tinggi bisa didampingi oleh kedua orang tuanya ketika sedang menyetir.

Suasana Jalur Buatan Taman Lalu Lintas di Taman Buperta Cibubur.jpg

Taman Lalu Lintas ini juga dilengkapi berbagai macam kota-kota mini seperti Gedung MPR, Monas, masjid, bala kesehatan bahkan hingga stasiun. Banyaknya berbagai macam hiburan sudah pasti akan membuat anak-anak senang, jadi tidak perlu lagi bingung mau kemana saat weekend atau libur nasional. Taman Buperta ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata bersama keluarga. Selain untuk bermain, anak–anak juga akan mendapatkan tambahan wawasan mengenai lalu lintas.

Read More

Artikel Lainnya

7 Hal yang Dilarang untuk Dilakukan Saat PSBB Berlangsung

Berita Kawasan

7 Hal yang Dilarang untuk Dilakukan Saat PSBB Berlangsung

09 April 2020, 10:00

Untuk menghentikan penyebaran COVID-19, PSBB akan efektif mulai dari tanggal 10 mendatang hingga 14 hari setelahnya.

Kangen Ngopi Ini Rekomendasi Coffe Shop yang Sedia Kopi Literan

Kuliner

Kangen Ngopi? Ini Rekomendasi Coffe Shop yang Sedia Kopi Literan

09 April 2020, 09:00

Ketika nongkrong di kafe tidak lagi bisa menjadi pilihan Anda, kami punya rekomendasi coffee shop yang menjual kopi literan. Stok kopi Anda aman untuk menikmatinya di rumah.

Menelisik Perkembangan Anak Penyandang Autisme

Pendidikan

Menelisik Perkembangan Anak dengan Autisme

09 April 2020, 08:00

Dalam tumbuh kembang buah hatinya, Erita melihat bagaimana perubahan yang terjadi dari putranya dengan bertambahnya usia. Butuh kesabaran dan kasih sayang tanpa mengenal waktu.

Hari Kesadaran Autisme, Ini Pandangan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus

Kesehatan

Bersinergi Menggugah Kesadaran Terhadap Autisme

09 April 2020, 07:00

Di masa pandemi COVID-19, perlu ada pergeseran cara dalam untuk menggugah kepedulian masyarakat terhadap autisme.


Comments


Please Login to leave a comment.