Belajar Masalah Berpikir Positif Semasa Pandemi

Kesehatan

Belajar Masalah Berpikir Positif Semasa Pandemi

Kekhawatiran bukan sebuah kondisi yang bisa dianggap remeh. Melihat kondisi pandemi yang masih berkelanjutan hingga saat ini tentu menjadi salah satu faktor kecemasan. Mobilitas warga yang dibatasi demi meminimalkan dampak penyebaran COVID-19 membuat tidak sedikit sektor ekonomi dan bisnis yang terpojok.

Masalah sehari-hari seperti ketakutan akan terpapar virus, keuangan tidak mencukupi, kerja menjadi tidak produktif, kehilangan pekerjaan hingga menunggu hal-hal yang tidak pasti tak jarang memperparah tingkat kecemasan seseorang.

[Baca Juga: Mengurangi Kecemasan dengan Kegiatan Mencuci Piring]

Kecemasan terhadap hal-hal buruk di masa sekarang dan yang akan datang sering menjadi cikal bakal timbulnya pikiran negatif. Sebagai seorang manusia, berpikir logis dan strategis di dalam kehidupan merupakan bagian dari proses bertahan hidup yang alami. Namun, ketika pola pikir negatif mempengaruhi semua aspek, kondisi tersebut menjadi hal yang destruktif.

Ketika mengalami kondisi stres, depresi dan galau, pikiran-pikiran negatif cenderung mengarah pada pola pikir destruktif yang merupakan keseluruhan dari sifat pesimistis. Biasanya pertolongan yang bisa orang lain berikan adalah ajakan untuk berpikir jernih seperti berpikir positif yang tidak selalu dapat menjadi solusi terbaik dalam mengobati penyakit mental.

Belajar Masalah Berpikir Positif Semasa Pandemi

Mengutip beberapa penggalan informasi dari buku The Secret yang rilis pada tahun 2006, sekedar berpikir positif dapat membawa seseorang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan atau dambakan. Meski demikian, melalui perkembangan ilmu psikologis modern, ternyata tidak demikian. Dalam artikel berjudul "The Problem With Positive Thinking" yang dimuat di psychologytoday.com (4/5/2020), tak jarang menyebutkan bahwa konsep positive thinking terkadang menipu pikiran sendiri.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari berpikir positif. Hal itu menjadi masalah ketika konsep ini menimbulkan anggapan seolah-olah kita sudah mencapai apa yang diinginkan atau berada di zona yang aman. Dengan kata lain, berusaha untuk berpikir terlalu positif dalam segala hal hanya akan menipu pikiran.

[Baca Juga: Kelola Cemas karena Virus Corona dengan Cara Ini]

Mengutip dari artikel "The 'Tyranny' of Positive Thinking Can Threaten Your Health and Happiness" yang dimuat di newsweek.com menyatakan, berpikir positif menyebabkan orang gagal merasa depresi, karena secara implisit menyalahkan diri sendiri karena kegagalan.

Konsep dari masalah dari berpikir positif menawarkan satu solusi terbaik untuk menghadapi Kesehatan mental di kondisi sulit seperti saat ini dengan mental contrasting. Sebuah konsep berpikir dimana Anda harus menggabungkan positive thinking (membayangkan skenario dari hasil yang diharapkan tercapai) sambil memikirkan hambatan yang dapat terjadi.

Dengan konsep mental contrasting mungkin sebagian besar dari kita dapat lebih berpikir segar dalam keadaan sulit seperti sekarang. Pola berpikir positif dapat diubah menjadi alat untuk membuat diri Anda lebih ulet untuk mencari solusi tanpa menyalahkan semua proses gagal yang terjadi suatu perjalanan hidup.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.