BELAJAR MEMBUAT KOREAN FLOWER BUTTERCREAM YANG CANTIK DISINI

Pendidikan

Belajar Membuat Korean Flower Buttercream yang Cantik Disini

Bagi Anda pecinta kue, kenal kah Anda dengan kue dengan ornamen Korean Flower Buttercream? Hiasan bunga pada kue ini menjadi tren beberapa tahun terakhir, bentuk bunga yang rumit dan warna yang lebih soft membuat kue ini tampilannya sangat cantik bahkan sayang untuk memakannya. Untuk Anda yang penasaran bagaimana cara membuatnya, ada tempat kursus yang bisa mengajari Anda teknik ini. Letaknya ada di Kepala Gading Jakarta.

Di Spatula Baking Courses, Anda bisa belajar membuat flower buttercream yang rumit ini. Pilihannya ada dua kelas, ada privat dan juga grup dengan kapasitas maksimal lima orang. Pemiliknya, Vera Audrey, akan menentukan jadwal sendiri, sedangkan jika kelas privat, Anda bisa menyesuaikan waktu Anda.

Biaya dan Materi Kursus

Dilansir dari Detikfood, ada dua jenjang kelas untuk kursus ini, yaitu basic dan advance. Jika Anda masuk ke kelas basic, tahun 2016 lalu, Anda memerlukan dana sebesar Rp2.500.000 dengan waktu satu hari. Berbeda dengan kelas advance yang berlangsung selama dua hari, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000.000. Alat yang dibutuhkan selama kelas berlangsung akan dipinjamkan. Selama kelas Anda akan diajarkan untuk membuat bunga mawar, baby breath, apple blossom, ranunculus, dan chrysantium.

Sang pemilik telah mengajarkan teknik pembuatan korean flower buttercream ini sejak 2014. Ia sendiri belajar dengan pengajar dari Malaysia. Lokasi kursus ini berada di Jl. Boulevard Bukit Gading Raya, RT.6/RW.14, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240. Untuk Informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi 0811 9052 225.

Sekilas mengenai Korean Flower Buttercream

Pada dasarnya Indonesia sudah memiliki flower buttercream yang biasa diaplikasikan dalam bentuk mawar, krisan tulip, daisy, anggrek dan lain-lain. Namun penggunaan warnanya masih mentah, atau itu-itu saja. Berbeda dengan Korea, yang pengolahan warnanya lebih apik dan cantik. Penataan bunga yang simple juga membuat kue lebih enak dilihat.

Namun, buttercream khas Korea memiliki kelemahan seperti mudah meleleh. Karena perbedaan cuaca, teknik dan bahan yang digunakan tentu berbeda. Dilansir dari detikfood, buttercream dari Korea ini harus terus disimpan di chiller agar tetap kokoh. Adonan buttercreamnya pun berbeda, kalau adonan yang biasa digunakan di Indonesia meliputi campuran margarin putih dan gula cair, sehingga teksturnya lebih kuat. Sedangkangkan buttercream Korea, menggunakan butter sehingga saat proses pembentukannya harus dibuat di atas alat yang mirip payung dan disimpan disuhu rendah.

Bentuk favorit korea buttercream adalah Mawar, ranunculus, dan pioni. Untuk membentuk bunga Pioni, Anda harus menggunakan nozzle dengan jenis khusus yang hanya bisa didapatkan di Korea agar lebih mudah membentuknya. Walaupun Anda juga bisa menggunakan noozle lokal, bentuknya akan berbeda, Anda harus menguasai teknik khusus agar bentuknya mirip. Untuk membuat buttercream ala Korea ini, biasanya kebanyakan orang menggunakan fresh cream, Swiss Meringue Buttercream, atau Italian Meringue Buttercream. Anda juga harus mengeksplor campuran warna agar khas Korea-nya menonjol.

Misalnya saja, Anda ingin menciptakan warna pink peach, Anda bisa mencampurkan merah, putih dan kuning. Anda juga akan diajari mengenai pencampuran warna di Spatula Baking Course, Kelapa Gading Jakarta. Mulai lah latihan pertama Anda dengan menciptakan flower blossom, karena bentuknya kecil dan tidak bertumpuk, Anda pun mudah mempelajarinya.

Tentunya, Anda akan lebih mahir jika diajarkan langsung oleh pelatih profesional dibanding coba-coba sendiri. Karena ada beberapa teknik khusus dan resep yang tentunya akan dibagikan saat di kelas. Saat ini, Spatula Baking Course yang terletak di Kelapa Gading Jakarta tidak hanya mengajari teknik Korean buttercream lho, Anda juga bisa belajar membuat kue-kue basah dan kering di Spatula Baking Course.

Read More

Artikel Lainnya

Grab Raih Investasi untuk Layanan Skuter Listrik

Bisnis

Grab Raih Investasi untuk Layanan Skuter Listrik

17 February 2020, 18:00

Grab rencanakan kerjasama dengan KYMCO untuk mengadopsi skuter listrik jenis Lunox sebagai pengganti GrabWheels yang lama

Bagaimana Jika Game Mobile Legend Diadaptasi ke Pertunjukan Teater

Berita Kawasan

Bagaimana Jika Game Mobile Legend Diadaptasi ke Pertunjukan Teater?

17 February 2020, 17:00

Teater yang bermarkas di Kalideres, Jakarta Barat ini menyiapkan pertunjukan terbarunya bertajuk “Pertarungan Takdir” yang naskahnya diadaptasi dari permainan Mobile Legend yang populer di Android.

Jelang HUT Tangerang, Pemkota Adakan Goes To Sehat

Berita Kawasan

Jelang HUT Tangerang, Pemkota Adakan Goes To Sehat

17 February 2020, 16:00

Goes To Sehat diramaikan dengan 500 peserta dari 52 komunitas yang dilakukan di Taman Prestasi Kota Tangerang.

Komunitas Menyayangi Indonesia, Gelar Kelas di Vihara Viriya Bala

Pendidikan

Vihara Viriya Bala, Jadi Potret Kawasan Toleransi di Kali Sari

17 February 2020, 15:00

Komunitas Menyayangi Indonesia jadikan Vihara Viriya Bala contoh kawasan toleransi di Jakarta


Comments


Please Login to leave a comment.