BOGOR_PENDIDIKAN_BELAJAR-SEJARAH-DI-MUSEUM-PERJOANGAN-BOGOR_INGGIL_1100-X-600-px.jpg

Pendidikan

Belajar Sejarah di Museum Perjoangan Bogor

Bagi Anda yang ingin belajar tentang sejarah perjuangan para pahlawan Indonesia. Bisa berkunjung ke Museum Perjoangan Bogor, berlokasi di di Jalan Merdeka No. 56, Bogor. Koleksi pada museum ini berisi benda-benda bersejarah dan cerita perjuangan para pahlawan, khususnya di Bogor.

Dibuka secara resmi pada 10 November 1957, bertepatan dengan Hari Pahlawan, oleh Ibu Kartinah Tubagus Muslihat. Pada awal mulanya, bangunan ini adalah sebuah gudang barang milik Wilhelm Sustaff Wisner sejak 7 Juli 1879. Sempat berpindah tangan selama beberapa kali, bahkan pernah digunakan sebagai kantor perusahaan dan gedung Persaudaraan Parindra (Partai Indonesia Raya) pada Juni 1938. Hingga pada 9 Maret 1942 bangunan ini pun dimanfaatkan Militer Jepang sebagai gudang penyimpanan.

Hingga kini, Museum Perjoangan Bogor masih menerima koleksi hibah dari para mantan pejuang. Tidak sembarang barang bisa dipamerkan di museum ini ada beberapa tahap yang harus dilewati pada tahap verifikasi dahulu tentang apa informasi sejarah dan fungsi dari barang tersebut.

Seluruh koleksi pada museum ini dipajang di lantai 1 dan lantai 2. Di ruang depan museum terdapat Lambang Angkatan 1945 dan patung Kepala Kapten Tubagus Muslihat, seorang pahlawan perjuangan yang tewas pada 25 Desember 1945 ketika melakukan penyerangan ke kantor polisi di Jalan Banten (sekarang Jalan Kapten Muslihat).

Koleksi museum disini terdiri atas berbagai macam senapan yang digunakan para pejuang saat merebut kemerdekaan, terdapat pula senapan hasil rampasan dari Jepang dan Inggris. Koleksi senapan mesin di museum ini cukup banyak, begitu pula dengan koleksi pistol dari berbagai ukuran yang dipajang. Museum ini juga memiliki koleksi pakaian pejuang dan menariknya ada sebagian pakaian pejuang yang memiliki noda darah asli. Mata uang pada zaman VOC pun juga tersedia di museum ini yang dilengkapi dengan diorama menggambarkan pertempuran di daerah Bogor. Di lantai satu sendiri Anda akan disambut oleh sejumlah koleksi Surat Kabar tua dari zaman sebelum kemerdekaan.

Di ruangan yang sama terdapat pula koleksi foto para pejuang dan pahlawan kemerdekaan serta tokoh nasional lainnya. Ada satu buah lemari di dekatnya terdapat koleksi pakaian seragam BKR (Badan Keamanan Rakyat), yang digunakan para pejuang dan juga Mesin Jahit Singer yang digunakan untuk menjahit pakaian seragam BKR pada tahun 1945.

Koleksi benda antik lainnya di museum ini adalah, beberapa lembar Oeang Indonesia yang pernah beredar pada zaman revolusi antara tahun 1945 hingga 1950. Dalam pecahan Rp 1 hingga Rp 25. Tidak ketinggalan ada pula berbagai macam uang logam dari Zaman kolonial Belanda yang disimpan di sebuah lemari pajang.

Museum Perjoangan Bogor ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan wisata edukasi bersama keluarga Anda. Tidak hanya wisata kuliner atau Kebun Raya Bogor saja. Sesekali ajak keluarga dan teman-teman untuk berkunjung ke museum ini untuk menambah wawasan kita tentang sejarah perjuangan para pahlawan dahulu.

Read More

Artikel Lainnya

Slank Akan Rayakan Ulang Tahun ke-36 di Padang Savana

Berita Kawasan

Slank Akan Rayakan Ulang Tahun ke-36 di Padang Savana

15 November 2019, 21:00

Padang Savana Puru Kambera yang nantinya akan digunakan sebagai venue akan disulap layaknya festival woodstock.

Ramai Restoran AYCE, Ini yang Buat Hanamasa Eksis Sejak 1987

Kuliner

Ramai Restoran AYCE, Ini yang Buat Hanamasa Eksis Sejak 1987

15 November 2019, 20:00

Hanamasa merupakan salah satu restoran All You Can Eat yang pertama hadir di Indonesia tapi masih bisa bertahan hingga sekarang.

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat

Berita Kawasan

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat

15 November 2019, 19:00

Wisata di kota metropolitan identik dengan pusat perbelanjaan, restoran mewah, hotel atau teater canggih. Namun, bagaimana dengan wisata edukasi bermuatan budaya?

Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

Pendidikan

Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

15 November 2019, 18:00

Tangisan bayi memiliki arti yang berbeda-beda sesuai bunyinya, agar dapat memahaminya dengan baik dengan aplikasi ini.


Comments


Please Login to leave a comment.