BOGOR-KAWASAN-BELAJAR SENI BELA DIRI ASAL BRASIL BERSAMA CAPOEIRA ALEGRIA-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Belajar Seni Bela Diri Asal Brasil Bersama Capoeira Alegria

Kenalkah Anda dengan salah satu jenis olahraga asal Brasil, capoeira? Seni bela diri ini lebih memfokuskan gerakan tendangan dan biasanya diiringi musik yang disebut Jogo. Olahraga ini dikembangkan para budak Afrika di Brasil pada 1500-an. Di Indonesia sendiri memengaruhi masuknya capoeira adalah film In The Strong yang populer pada 1999. Sejak itu, seni bela diri yang satu ini menggaet banyak penggemar di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Bogor, Jawa Barat. Di kota hujan ini, capoeira masuk pada 2004.

Dikutip dari mediabogor.com (9/11/2018), saat itulah muncul komunitas yang menamakan dirinya, Capoeira Alegria atau Fraternidade Esportivo De Capoeira Alegria. Artinya, Persaudaraan Olahraga Capoeira Bersenang-senang.

[Baca Juga: Ini Komunitas Skateboard yang Sudah Ada Lebih Dari 20 Tahun]

Komunitas Seni Bela Diri Asal Brasil Capoeira Alegria

Anggota Capoeira Aleigra Bogor yang terdaftar jumlahnya mencapai 300 orang. Namun yang aktif pada setiap kegiatan ada sekitar 30-50 orang. Saat pertama kali dibentuk, komunitas ini memilih untuk melakukan aktivitas latihan di luar ruang. Salah satu tempat yang sering dikunjungi adalah Taman Kencana. Namun beberapa kali Capoeira Alegria melakukan latihan di dalam ruangan. Namun, demi menarik perhatian masyarakat, komunitas ini memutuskan untuk kembali melakukan latihan di luar ruangan.

Serupa dengan seni bela diri lainnya, capoeira juga memiliki tingkatan dalam menentukan keanggotaannya. Tingkat pemula yang baru pertama bergabung, akan diberikan sabuk cordao selama enam bulan. Jika berhasil naik tingkat, ia harus melaksanakan pelantikan yang bernama batizado. Dalam pelantikan ini dua anggota harus berhadapan dan memperagakan gerakan Capoeira. Jika dalam tingkat ini lulus, akan diberikan sabuk putih. Setelah itu, untuk setahun akan naik menjadi sabuk kuning, lalu dilanjutkan dengan sabuk biru muda.

[Baca Juga: Perkembangan Kebun Raya Bogor dari Zaman ke Zaman]

Komunitas Seni Bela Diri Asal Brasil Capoeira Alegria

Untuk melanjutkan ke sabuk biru tua, ada ujian penentu. Pelatih akan menilai dari gerakan dan loyalitasnya terhadap komunitas. Untuk menjadi pelatih, mereka harus bisa mencapai sabuk hijau muda lalu lanjut ke sabuk hijau tua, sabuk hijau ungu, lalu yang terakhir sabuk ungu.

Walau capoeira belum termasuk cabang olahraga olimpiade, tapi beberapa komunitas kerap kali melakukan turnamen. Baru-baru ini saja, Capoeira Alegria Bogor baru saja memenangkan kompetisi yang diselenggarakan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada Sabtu (27/10/18). Dikutip dari bogorngariung.com, Capoeira Alegria meraih Juara I Putra dan Putri di tingkat universitas serta Juara III tingkat SMA.

Selain meraih prestasi, komunitas ini jga kerap kali menjadi pemberi materi atau bintang tamu dalam acara-acara daerah. Untuk bergabung di komunitas ini, Anda bisa langsung saja datang ke Taman Ekspresi, Bogor, Jawa Barat setiap hari Minggu pagi.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.