Beringharjo-1

Berita Kawasan

Belanja di Pasar Tradisional Yogya, Dapat Cash Back Belanja Online

Guna meningkatkan omzet pedagang pasar tradisional, Pemerintah Kota ( Pemkot ) Yogyakarta melakukan kolaborasi dengan online shop. Setiap pengunjung pasar yang berbelanja dengan nominal tertentu akan mendapatkan cash back untuk belanja online di go shop. Kerjasama ini terbukti mampu meningkatkan omzet para pedagang pasar.

Kepala Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Gunawan Nugroho Utama menjelaskan belanja online di pasar tradisional di Kota Yogyakarta berawal pada masa pandemi lalu ketika masyarakat banyak yang takut keluar rumah, termasuk ke pasar. Kondisi ini membuat omzet pedagang menurun drastis. Maka coba dilakukan sistem belanja secara online.

Walikota Yogya Belanja di Beringharjo

“Waktu itu karena belum mengenal aplikasi, pedagang cuma menyebar nomor whatsapp kepada para pelanggan. Tapi kalau lewat whatsapp kan kurang praktis, karena aplikasi itu juga dipakai untuk keperluan lain. “ ujar Gunawan kepada wartawa di Pasar Beringharjo Jumat (28/5/2021).

Selanjutnya Gunawan menyampaikan, guna mencari solusi atas permasalahan para pedagang maka sejak Oktober 2020 menjalin kerjasama dengan marketplace go-shop dari Gojek Indonesia lewat program Promo . Meski secara perlahan, sekarang ini omzet pedagang terlihat meningkat.

[Baca Juga: Jelang Lebaran, Pengawasan Pasar Tradisional Yogya Ditingkatkan]

“Program promo cashback ini dari Pemkot Yogyakarta . Jadi, bagi warga yang berbelanja di pasar-pasar tradisional di Kota Yogyakarta melalui aplikasi go-shop, akan diberikan cashback untuk dapat berbelanja di go-shop. Oleh karena itu, kami selalu koordinasi ke Gojek, agar cashback tidak terlalu lama diterima pembeli. “ ujar Gunawan.

Selama kerjasama, lanjut Gunawan, Pemkot dan Gos-shop selalu melakukan evaluasi dalam hal penerimaan cashback buat pembeli. Awalnya cashback baru diterima tiga hari setelah belanja tetapi sekarang cash back dapat langsung diterima beberapa menit setelah belanja.

Berdasarkan catatan Dinas Perdagangan Pemkot Yogyakarta , Program promo cashback belanja produk pasar di Go-shop untuk periode 16 Oktober sampai 31 Desember 2020 transaksi belanja pasar mencapai sekitar Rp 174 juta dengan cashback tidak sampai Rp 20 juta. Disamping itu, tercatat ada kenaikan pesanan 28 persen dan kenaikan omzet sekitar 25 persen selama periode promo berjalan.

online shop

Oleh karena itu, Gunawan menilai bahwa kolaborasi ini dianggap cukup efektif sebagai cara untuk belanja secara praktis dimasa pandemi. Sebab, konsumen dapat belanja kebutuhan tanpa harus berkerumun.

Sehubungan dengan program ini, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Barat Bintoro menyampaikan, keberadaan program belanja online lewat go-shop cukup membantu para pedagang. Pasalnya selama pandemi Covid-19 penjualan pedagang khususnya pakaian memprihatinkan karena wisatawan menurun.

“Dengan kondisi itu kami tetap berupaya bertahan dan berusaha. Program ini membantu pedagang, sehingga tidak hanya mengandalkan penjualan langsung di pasar,” ujar Bintoro.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.