Puri-Kembangan-Pendidikan-Belasan-Sekolah-di-Jakarta-Barat-akan-Raih-3.jpg

Pendidikan

Belasan Sekolah di Jakarta Barat Siap Raih Penghargaan Adiwiyata

Penghargaan Adiwiyata merupakan salah satu penghargaan bergengsi yang diberikan ke sekolah-sekolah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Karena itu tidak heran banyak sekolah yang berlomba-lomba berusaha untuk meraih penghargaan tersebut. Kabar baik muncul di sejumlah sekolah di Jakarta Barat yang disinyalir akan memperoleh penghargaan tersebut.

Penghargaan Adiyiwata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang diberikan kepada sekolah yang dianggap mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran dalam upaya melestarikan lingkungan hidup. Selain itu penghargaan ini juga diberikan guna menjadikan sekolah yang ramah lingkungan dan menjadi tempat belajar yang terasa aman serta nyaman untuk para siswanya.

Penghargaan Adiwiyata Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Di tahun ini, Jakarta Barat menjadi wilayah di Indonesia yang sekolahnya paling banyak masuk dalam kategori penerima penghargaan Adiyiwata. Terhitung ada 17 sekolah yang akan meraih penghargaan tersebut. Beberapa sekolah di antaranya berada di kategori Adiyiwata Mandiri dan Adiyiwata Nasional. Menariknya, Adiyiwata Mandiri hanya diberikan kepada sekolah yang setidaknya pernah meraih penghargaan Adiyiwata sebanyak tiga kali.

[Baca Juga: Mengenal Asal-usul Nama Kembangan Jakarta Barat]

Sebagaimana dilansir dari barat.jakarta.go.id (14/11/2018), SDN Jelambar 08, MAN 16 Kalideres, SDN Sukabumi Selatan 07, SDN Tomang 11, SMKN 60 dan SMPN 248 Cengkareng merupakan sekolah-sekolah yang masuk ke dalam kategori penghargaan Adiyiwatan nasional. Sedangkan SMAN 78 Kemanggisan dan SMAN 23 Tomang merupakan dua sekolah negeri di Jakarta Barat yang masuk nominasi Adiwiyata Mandiri.

SMAN 23 Tomang Jakarta Barat

“SMAN 78 Kemanggisan dan SMAN 23 Tomang tanpa proses verifikasi lapangan. SDN Jelambar 08, juga sama. Sedangkan lima sekolah lainnya melalui proses verifikasi lapangan. Kelima sekolah itu adalah MAN 16, SDN Sukabumi Selatan 07, SDN Tomang 11, SMKN 60 dan SMPN 248. Verifikasi lapangan dibutuhankan guna menyamakan data administrasi dengan kondisi di lapangan,” ucap Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edi Mulyanto.

[Baca Juga: Melirik SMA dengan Perpustakaan Terbaik di DKI Jakarta]

Terdapat sejumlah penilaian yang harus dimiliki oleh sekolah jika ingin meraih penghargaan ini. Ada kebijakan sekolah yang dipandang harus memiliki visi-misi dan tujuan sekolah dalam ranah pelestarian lingkungan. Selain itu pembelajaran dan saranan prasaranan media mengenai lingkungan di sekolah juga akan dinilai tim verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19_2

Kuliner

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19

06 July 2020, 18:00

Siapa yang menyangka jika laju bisnis cemilan dapat berkembang pesat di masa pandemi COVID-19.

parekraf_2.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Motivasi Pelaku Parekraf Untuk Maksimalkan Kebijakan Insentif

06 July 2020, 16:00

Menparekraf mengimbau industri agar lebih aktif dan mengoptimalkan kebijakan stimulus dan relaksasi yang diberikan.

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat_3

Properti dan Solusi

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat

06 July 2020, 14:00

Bagi yang belum pernah membayangkan seperti apa cara menghias dinding tanpa menggunakan cat, maka simaklah beberapa trik ini.

Begini-Cara-Warga-Rawa-Badak-Selatan-Kampanye-Pencegahan-Covid-19-Melalui-Seni-Mural-2.jpg

Berita Kawasan

Uniknya Kampanye Pencegahan COVID-19 Melalui Seni Mural di Rawa Badak Selatan

06 July 2020, 12:00

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian program Kampung Safety yang diinisiasi Pertamina sejak awal tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.