Bio Fuel.jpg

Properti dan Solusi

Beli Jelantah Siap Mengelola Minyak Jelantah

Minyak goreng merupakan komoditas penting dalam kegiatan konsumsi masyarakat sehari-hari. Terutama minyak goreng sawit dibandingkan jenis minyak goreng lainnya. Indonesia secara dominan memproduksi minyak goreng sawit.

Di samping itu data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan Indonesia mengalami peningkatan permintaan terhadap komoditas minyak goreng pada Agustus 2021.

Sementara Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (Gapki) mencatat konsumsi minyak sawit dalam negeri pada 2020 sebesar 17,35 juta ton atau tumbuh 3,6 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya tercatat 16,75 juta ton. Demikian dilansir dari pers rilis yang diterima PingPoint.

Tidak dapat dipungkiri ketika konsumsi minyak goreng sawit tinggi maka akan menghasilkan limbah minyak goreng bekas pakai atau minyak jelantah yang besar pula.

Minyak jelantah ini apabila tidak dikelola dengan baik dan dibuang sembarangan dapat memicu sejumlah dampak negatif bagi lingkungan. Seperti penyumbatan saluran air yang berpotensi menjadi tempat bertumbuhnya bakteri. Minyak jelantah ini akan mengalir ke sungai hingga berakhir di laut dan pada akhirnya menyebabkan pencemaran air.

Beli Jelantah.jpg

Jika minyak jelantah dibuang ke tanah maka minyak akan menggumpal dan menutup pori-pori tanah sehingga tanah akan mengeras dan tidak mampu melakukan penguraian secara optimal.

Karena itu edukasi terkait pengelolaan minyak jelantah yang baik dan benar penting untuk dilakukan sedini mungkin guna mengantisipasi dampak-dampak negatif tersebut.

Hal yang dapat dilakukan misalnya dengan mengolah minyak jelantah menjadi produk-produk sederhana yang bermanfaat. Seperti menyulap minyak jelantah menjadi sabun batangan atau membuatnya menjadi lilin aromaterapi.

Tetapi jika tidak punya waktu untuk mengolah dan mendaur ulang minyak jelantah maka ini dapat disalurkan ke pihak yang tepat untuk diolah kembali sehingga minyak jelantah tidak terbuang sembarangan dan mencemari lingkungan.

[Baca Juga: Pemkot Bandung Tampung Jelantah Rumah Tangga Jadi Uang]

Hal seperti ini menjadi perhatian kelompok-kelompok wirausaha sosial. Mereka berupaya menyelesaikan permasalahan sosial di masyarakat dan tak terkecuali pencemaran yang diakibatkan minyak jelantah. Salah satunya adalah Beli Jelantah.

Beli Jelantah berkolaborasi bareng Bank DBS Indonesia dalam pengelolaan minyak jelantah ini.

Beli Jelantah menghubungkan para pemilik minyak jelantah dengan perusahan biodiesel. Para pemilik minyak jelantah dapat mengumpulkan minimal 10 liter minyak dan menghubungi tim Beli Jelantah untuk datang dan membeli minyak tersebut dengan harga Rp 2.000 hingga Rp 4.000 per liternya.

Kemudian Beli Jelantah akan memberikan minyak yang telah dibeli kepada perusahaan biodiesel tersertifikasi untuk selanjutnya diolah.

Biodiesel merupakan bahan bakar yang diperuntukkan bagi kendaraan bermesin diesel. Terdiri atas campuran mono-alkyl ester dari rantai panjang asam lemak yang dapat diperoleh dari sumber terbaharui seperti minyak sawit.

Minyak jelantah dari sawit ini menjadi alternatif untuk menciptakan biodiesel berkelanjutan.

Minyak Jelantah

CEO Beli Jelantah Faris Razanah Zharfan mengatakan,“Pada 2020, kami menemukan fakta bahwa lebih dari 525 ribu liter potensi minyak jelantah terbuang setiap bulannya di Jakarta. Angka yang besar dan mengerikan, mengingat efek yang ditimbulkan dari pembuangan minyak jelantah terhadap lingkungan cukup serius.”

Dia menambahkan bahwa Beli Jelantah berhasil mengumpulkan lebih dari 180 ribu liter minyak jelantah yang berasal dari ratusan hotel, restoran, dan industri makanan, serta dari ribuan masyarakat di Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang.

Selanjutnya minyak jelantah yang terkumpul ini diberikan kepada perusahaan biodiesel mitra yang bersertifikasi International Sustainability and Carbon Certification (ISCC).

Oleh karena itu mengelola minyak jelantah merupakan cara yang bijaksana dalam menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan. Tidak hanya upaya satu pihak. Tetapi perlu kesadaran dan aksi nyata dari seluruh lapisan masyarakat agar inisiasi ini dapat berjalan dengan baik.

[Baca Juga: Tukar Jelantah Bisa Dapat Uang, Ini Solusi LICIN Indonesia]

Bank DBS Indonesia secara khusus mengapresiasi inisiatif dan komitmen semacam ini. Bank DBS Indonesia melalui DBS Foundation senantiasa mendukung tumbuh kembang wirausaha sosial di Indonesia. Salah satunya melalui kerja sama dengan Beli Jelantah guna mewujudkan lingkungan berkelanjutan.

Head of Group Strategic Marketing and Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika menyebutkan bahwa pihaknya memotivasi para karyawannya agar mendukung Energi Baru Terbarukan (EBT). Caranya dengan mengumpulkan minyak jelantah dari produksi rumah tangga masing-masing untuk selanjutnya ditindaklanjuti tim Beli Jelantah untuk diberikan kepada perusahaan biodiesel.

“Hal ini selaras dengan misi kami untuk recycle more, waste less dengan mengajak masyarakat untuk turut serta mengurangi sampah di Indonesia dimulai dari hal yang sederhana,” pungkas Mona Monika.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.