Belum Sepekan Dibuka Fasilitas Alun-Alun Kota Bogor Ditutup, Ada Ap a Ya.jpg

Berita Kawasan

Belum Sepekan Dibuka, Alun-Alun Kota Bogor Ditutup. Ada Apa Ya?

Pada 17 Desember 2021 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor secara resmi menghadirkan Alun-Alun Kota Bogor sebagai ruang terbuka yang terhubung dengan Stasiun Bogor dan Masjid Agung. Di mana dalam peresmian ini hadir Wali Kota Bogor Bima Arya dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menandatangani prasasti Alun-Alun Kota Bogor. Namun berselang beberapa hari setelah peresmian tersebut, Pemkot Bogor memutuskan untuk menutup sementara akses publik ke lokasi destinasi baru warga Kota Hujan ini.

“Esensi alun-alun Kota Bogor adalah ruang keluarga bagi warga Kota Bogor. Selain itu juga sebagai ruang demokrasi yang mengizinkan siapapun boleh berkumpul tanpa melihat latar belakang ataupun batasan, sehingga ini mengekspresikan ruang bersama. Di alun-alun siapa saja bisa dan boleh berbahagia, berbeda kalau ke mal kadang-kadang hanya bagi yang punya uang. Itu konsepnya,” tutur Ridwan Kamil di momen peresmian tersebut, sebagaimana dikutip dari Kotabogor.go.id (17/12/2021).

Belum Sepekan Dibuka Fasilitas Alun-Alun Kota Bogor Ditutup, Ada Apa Ya.jpg

Usai peresmian tersebut dan dibuka untuk publik pada 19 Desember 2021, Alun-Alun Kota Bogor disebut langsung diserbu oleh publik. Di mana mereka langsung mencoba berbagai fasilitas di sini serta berkumpul bersama anggota keluarganya. Namun antusiasme ini sayangnya tidak diiringi dengan rasa tanggung jawab menjaga sarana prasarana yang ada di sini.

Dari mulai penumpukan sampah yang dibuang tidak pada tempatnya hingga rumput serta tanaman hias di Alun-Alun Kota Bogor yang rusak akibat terinjak-injak. Dari sinilah petugas dari Dinas Perumahan dan Pemukiman atau Disperumkim Kota Bogor memutuskan untuk mulai menutup akses publik menggunakan garis polisi di area fasilitas Alun-Alun Kota Bogor untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan per 20 Desember 2021. Bahkan ini termasuk penyemprotan disinfektan demi cegah potensi paparan COVID-19.

[Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Resmikan Alun-Alun Kota Bogor]

“Alun-alun masih dibuka, akses keluar masuk dari alun-alun menuju pintu masuk stasiun juga dibuka, hanya saja untuk sarana dan prasarananya, seperti jogging track, gym, area bermain, podium dan lainnya belum bisa dimanfaatkan dulu sampai waktu yang belum ditentukan,” tutur Kepala Disperumkim Kota Bogor Rr. Juniarti Estiningsih (21/12/2021).

Pihak Disperumkim sebenarnya juga menyayangkan pada hari pertama pembukaan lokasi ikonik baru di Kota Hujan ini banyak orangtua yang cenderung tak mengindahkan aturan bahwa area gym outdoor di alun-alun bukan diperuntukkan bagi anak-anak. Padahal menurutnya, petugas park ranger sudah melakukan peneguran tapi kewalahan akibat jumlah pengunjung. Oleh karena itulah ia meminta jika nanti Alun-Alun Kota Bogor sudah kembali dibuka, masyarakat harus bisa ikut menggunakan fasilitasnya dengan sebaiknya dan mematuhi aturan yang diterapkan di sini.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.