Belum Terapkan PSBB, Pemkot Medan Adakan Cluster Isolation

Berita Kawasan

Belum Terapkan PSBB, Pemkot Medan Adakan Cluster Isolation

Pada awal pekan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melalui Gugus Tugas Percepatanan Penanganan COVID-19 mengadakan rapat dengan tim ahli. Di mana pada rapat yang dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution itu diputuskan untuk Kota Melayu Deli agar menerapkan kebijakan cluster isolation dalam rangka untuk menekan penyebaran Virus Corona yang memicu penyakit COVID-19.

Metode cluster isolation dipandang Pemkot Medan dapat membuat mereka lebih fokus dalam menangani COVID-19 dengan pengelompokan masyarakat yang sakit untuk diisolasi. “Melihat perkembangan COVID-19 di Kota Medan, kita akan menerapkan cluster isolation agar penanganannya lebih fokus. Kita sudah memiliki datanya berdasarkan by name, by address,” ungkap Akhyar pada rapat yang digelar di Posko Gugus Tugas Percepatanan Penanganan COVID-19 Kota Medan, Jalan Rotan Medan Petisah, Kecamatan Petisah, sebagaimana dikutip dari pemkomedan.go.id (20/4/2020).

Belum Terapkan PSBB, Pemkot Medan Adakan Cluster Isolation

Penerapan cluster isolation ini sebenarnya sesuai dengan pandangan Pemkot Medan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Di mana Akhyar memandang PSBB merupakan jalan terakhir jika memang penyebaran pandemi COVID-19 sudah mulai tak terkendali Pemkot Medan. Hal ini pun ditegaskan dirinya ketiga membagikan bantuan sembako di Kelurahan Mulia Hilir pada Rabu lalu.

“Kota Medan tidak akan melaksanakan PSBB tetapi akan menerapkan cluster isolation. Sebab warga yang positif COVID-19 dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) sudah terisolasi di rumah sakit. Sedangkan warga yang ODP (Orang Dalam Pemantauan), OTG (Orang Tanpa Gejala), dan PP (Pelaku Perjalanan) masih berkeliaran. Melalui cluster isolation ini, merekalah nanti yang akan kita isolasi agar tidak berkeliaran dan rentan menularkan virus Corona di tengah-tengah masyarakat,” ucap Akhyar (22/4/2020).

[Baca Juga: Tekan COVID-19, Jalan di Kota Medan Terus Disemprot Disinfektan]

Saat ini cluster isolation itu belum diterapkan secara resmi. Mengingat menurut Plt Wali Kota Medan tersebut, kebijakan ini sedang dalam proses pembuatan drafnya tetapi ia sudah membicarakannya dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Tampaknya Edy pun memberikan lampu hijau mengenai diterbitkannya Peraturan Wali Kota atau perwal terkat cluster isolation isolation dalam usaha memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Melayu Deli.

Insya Allah begitu draf perwalnya selesai, maka kita akan menerapkan cluster isolation. Insya Allah dengan cluster isolation ini, semoga kita dapat mengatasi COVID-19,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.